021 - 2963 6731 support@presenta.co.id

 

Istilah manajemen berhubungan dengan proses mengelola sumber daya dan faktor-faktor produksi. Termasuk di dalamnya aspek pemasaran dan inovasi dari sebuah produk maupun jasa.

Manajemen terdiri dari suatu fungsi untuk bisa menciptakan kebijakan di dalam suatu perusahaan yang terdiri dari: pengorganisasian, pengendalian, perencanaan dan juga mengarahkan sumber daya di dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan.

Manajemen merupakan proses untuk bisa mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja sama melalui orang-orang serta sumber daya yang ada di dalam organisasi tersebut.

Karyawan tidak serta merta mampu memiliki keterampilan tersebut. Oleh karena itulah mereka membutuhkan pelatihan manajemen yang tepat agar dapat menguasai keterampilan yang relevan.

 

Alasan Mengikuti Pelatihan Manajemen

 

Training MTP Indomaret 2 - 15-16 Maret 2016 06

 

Ada beberapa alasan mengapa karyawan Anda perlu mengikuti pelatihan manajemen. Anda mungkin punya karyawan potensial yang dapat menjadi manajer di kemudian hari. Saat ini keterampilan yang mereka miliki masih terbatas dan perlu dipoles secara khusus. Dengan mendapatkan pelatihan manajemen yang tepat, mereka akan belajar dan mulai menguasai keterampilan untuk menangani tanggung jawab baru di level berikutnya nanti.

Banyak sekali perusahaan menemukan pelatihan manajemen yang sangat penting untuk keberhasilan mereka. Manajer sendiri pada saat ini menghadapi suatu situasi yang sangat beragam dan dituntut untuk cepat dan tepat dalam menghadapinya. Oleh karena itulah setiap manajer sebaiknya mengikuti program pelatihan manajemen agar nantinya tahu dan memahami bagaimana tugas dan tanggung jawab seorang manajer.

Pelatihan tersebut juga berfungsi agar nantinya SDM mendapatkan wawasan tentang bagaimana mengelola karyawan dengan baik, berkomunikasi dengan tim, mengambil keputusan secara tepat, dan mampu menyampaikan pandangannya lewat presentasi yang menarik pimpinan.

 

Tujuan Pelatihan Manajemen

Pelatihan manajemen sendiri juga memiliki tujuan. Berikut ini adalah beberapa tujuan yang bisa Anda ketahui:

1. Pertama adalah meningkatkan kualitas dari SDM. SDM yang sudah terlatih nantinya akan mampu untuk menetapkan tujuan organisasi yang lebih realistis. Mereka juga mampu untuk mengembangkan rencana kerja secara tepat dan juga mampu membuat suatu keputusan dengan cepat dan efektif.

2. Kedua adalah mencegah dan mengurangi konflik di dalam suatu perusahaan. Sebuah konflik di dalam suatu perusahaan memang bisa saja muncul pada saat orang tidak jelas dengan peran mereka ataupun tugas-tugas yang terdapat kekurangan yang mana tidak ada pemecahan masalahnya. Dengan melakukan pelatihan tersebut tentu saja nantinya akan dapat menjalin suatu hubungan yang baik dalam lingkungan kerja dan menemukan solusi bersama tentang permasalahan yang dihadapi.

3. Ketiga adalah membantu untuk meningkatkan omset perusahaan. Pelatihan yang efektif nantinya akan lebih produktif dalam menjalankan bisnis itu sendiri. Dan pengelolaan yang tepat tentu saja nantinya akan membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman dan melancarkan semua kegiatan di dalam perusahaan tersebut.

 

Langkah Pelatihan Manajemen

Biasanya pelatihan manajemen sendiri memiliki beberapa langkah yang bisa dilakukan, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Pertama adalah memberikan penjelasan pada setiap karyawan mengenai pekerjaannya, seorang manajer sendiri memang harus memberitahukan apa yang harus dilakukan secara spesifik kepada karyawan.

2. Kedua adalah memberikan pendalaman di dalam industri dan juga keterampilan kerja secara spesifik oleh SDM di dalam suatu perusahaan karena keterampilan nantinya akan membantu untuk memperluas pengetahuan dan juga keterampilan di dalam berbagai macam aspek operasional bisnis.

 

Metode Pelatihan Manajemen

Training MTP Indomaret 6 - 24-25 Mei 2016 44

 

Metode pelatihan manajemen juga terdiri dari berbagai macam, dan berikut ini adalah beberapa macam metode pelatihan yang bisa diikuti:

1. Pertama adalah metode on the job training di mana peserta pelatihan mempelajari pekerjaan dengan cara mengamati pekerja lain yang sedang bekerja sambil melakukan observasi. Setelah itu barulah dicoba dan dilakukan sendiri.

2. Kedua adalah metode simulasi yang merupakan metode cukup populer dan untuk mendekati suatu kondisi nyata di dalam suatu pekerjaan.

3. Ketiga adalah metode ruang kelas yang mana merupakan metode training yang dilakukan di dalam suatu kelas pelatihan. Peserta akan mendapat penjelasan dari trainer yang kompeten, studi kasus, bermain peran, dan menyampaikan pandangannya.

Pelatihan manajemen yang tepat buat karyawan Anda sangat diperlukan. Pelatihan merupakan investasi jangka panjang buat perusahaan untuk menghasilkan karyawan-karyawan yang kompeten secara pengetahuan, sikap, dan keterampilan manajerial.