Peran, Tugas, dan Tanggung Jawab Supervisor dalam Perusahaan

Peran, Tugas, dan Tanggung Jawab Supervisor dalam Perusahaan 2

Penyelia atau supervisor perusahaan adalah sebuah jabatan penting dalam sebuah perusahaan. Peran supervisor dalam perusahaan adalah sebagai pengawas atau pemantau, serta mengatur rekan kerja bawahannya dalam hal kinerja untuk mengerjakan pekerjaan yang ditugaskan atau didelegasikan kepada mereka. Pengertian supervisor dalam perusahaan ini bisa bermakna, bahwa mereka juga berwenang untuk merekomendasikan dan/atau efek mempekerjakan, mendisiplinkan, mempromosikan, menghukum, memberi penghargaan, dan kegiatan lainnya terhadap karyawan di dalam timnya.

Saksikan video mengenai salah satu skill manajerial

 

Arti supervisor dalam perusahaan sangat penting melihat tugas dan tanggung jawabnya. Tugas dan tanggung jawab supervisor pada suatu perusahaan adalah sangat beragam, tergantung jenis perusahaan tempatnya bekerja. Namun secara garis besarnya, tugas supervisor antara lain:

  1. Mengatur rekan kerja yang menjadi bawahannya
  2. Menjelaskan deskripsi pekerjaan dengan baik
  3. Memberikan pengarahan kepada rekan kerja bawahannya
  4. Melakukan kontrol dan evaluasi
  5. Memotivasi rekan-rekan kerja bawahannya atau timnya

Sedangkan yang menjadi tanggung jawab supervisor pada suatu perusahaan adalah memimpin dan mengorganisasikan tim kerjanya dengan baik agar pekerjaan berjalan lancar dan mencapai hasil yang maksimal, serta aman dan tidak mengganggu keselamatan rekan-rekan kerja bawahannya.

Ada beberapa syarat menjadi supervisor perusahaan, namun yang terutama, supervisor haruslah mampu menjadi jembatan antara level di atasnya dengan rekan-rekan kerja di bawahnya. Dia harus mampu bersinergi dengan itu semua, sekaligus menjaga kepercayaan yang telah diamanahkan kepadanya.

Selain itu, dia juga harus dapat menjalankan fungsi supervisor dalam perusahaan, yakni sebagai kepanjangan tangan manajer, penghubung antara manajer dan staf pelaksana, turut membantu pekerjaan rekan-rekan kerja bawahannya, penyampai kebijakan perusahaan, sampai mengatur dan memberikan training kepada timnya.

Kadang-kadang fungsi supervisor dalam perusahaan adalah sebagai penyambut pegawai baru. Dia akan  membuat checklist karyawan baru, mengadakan orientasi kepada mereka, serta menjelaskan mengenai aturan dan skedul kerja program orientasi.

Menjadi supervisor baru mungkin tidak mudah. Orientasi supervisor terhadap perusahaan dan terhadap sumber daya manusia atau tim kerjanya haruslah seimbang. Menyeimbangkan kedua hal ini pastinya perlu waktu dan pengalaman.

Berapa gaji supervisor di perusahaan? Tergantung dan bisa sangat bervariasi. Namun semua akan kembali pada kemampuan supervisor masing-masing. Jika memiliki keahlian lebih mumpuni, bukan tidak mungkin perusahaan mengganjarnya dengan gaji di atas rata-rata. (*)

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi penting seputar training dan pengembangan diri dari Presenta





Scroll to Top