Pelatihan Team Building Itu Penting

Bekerja bersama-sama pada suatu perusahaan atau divisi tidak serta-merta menjadikan sekelompok orang sebuah tim. Membangun tim jarang sekali terjadi dengan sendirinya. Untuk itu, diperlukanlah team building. Team building adalah sebuah teknik manajemen yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja kelompok-kelompok kerja lewat berbagai kegiatan.

Ada perbedaan mendasar dalam pengertian team building dan teamwork. Pengertian team building menurut para ahli lebih menekankan pada formasi kelompok, sementara teamwork lebih terkonsentrasi pada fungsi kelompok.

Pengertian team building dalam pengembangan organisasi adalah sebagai dasar atau aspek yang dapat menjadikan tim dalam organisasi bekerja lebih efektif dan lebih produktif, serta mampu mencapai tujuan bersama.

Keberhasilan team building bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya lewat permainan atau team building games. Pengertian team building games adalah kegiatan membangun kelompok melalui berbagai permainan yang tidak hanya mendidik, namun juga menyenangkan dan dapat dinikmati semua anggota kelompok.

Kesuksesan sebuah kegiatan team building terletak pada pemenuhan prinsip-prinsipnya. Prinsip team building itu antara lain terbangunnya komunikasi yang baik antarindividu, meningkatnya produktivitas dan kreativitas tim, munculnya motivasi dari masing-masing individu karena adanya dukungan satu sama lain, terbangunnya suasana kolaboratif dan bekerja sama, dan sebagainya.

Ada beberapa tahapan team building, yakni penyamaan visi atau tujuan, mendesain program, membagikan tugas sesusai dengan keahlian masing-masing anggota kelompok, dan menjaga komunikasi tetap terjalin. Ada juga tahapan team building yang lebih populer yang dikembangkan oleh pakar dinamika kelompok, Bruce Tuckman, yakni forming (pembentukan kelompok kerja), timbulnya konflik (storming), berkinerja (performing), dan adjourning (pembubaran). Tahapan pembubaran biasanya diterapkan pada kelompok-kelompok kerja yang bersifat sementara (ad hoc), misalnya kepanitiaan.

Kini, cukup banyak tempat yang menawarkan training team building di Indonesia. Namun, berhasil atau tidaknya sebuah training team building, sangat tergantung pada kepiawaian trainer team building. Pilihlah tempat training dengan trainer team building yang memiliki kompetensi dan sertifikasi dalam memberikan materi dan pelatihan team building.

Informasi mengenai penyedia training team building di Jakarta yang terpercaya dapat Anda pelajari selengkapnya website ini. (*)





Scroll to Top