Team Building Program - Gunung Sewu 1Saat ini banyak anggapan yang beredar di kalangan profesional dan korporasi bahwa kegiatan team building atau outbound training tidak lagi relevan dengan dampak nyata yang dihasilkan dari kegiatan outbound tersebut.

Masih riuh terdengar bahwa kegiatan outbound hanya sekadar ajang perusahaan menghamburkan uang tetapi minim impact yang didapatkan baik bagi tataran individu maupun organisasi.

Mencoba menjawab stigma yang sudah terlanjur beredar di kalangan banyak korporasi, kami, Presenta Edukreasi Nusantara justru dipercaya menangani kegiatan Team Building bagi karyawan baru (Management Trainee) dari PT Gunung Sewu Kencana. Kami ditantang oleh pihak PT Gunung Sewu Kencana untuk memberikan pembekalan bagi 8 (delapan) orang peserta BootCamp ini yang kebanyakan fresh graduate dan sebagian besar peserta belum pernah merasakan dunia kerja sebelumnya.

Program ini adalah program awal bagi para management trainee di PT Gunung Sewu Kencana sebelum mereka mengikuti BootCamp selama 2 tahun kedepan. Pembekalan yang diharapkan memberikan perubahan dalam diri peserta berupa bertambahnya aspek pengetahuan dan terjadinya perubahan sikap melalui beragam simulasi permainan yang menekankan aktivitas experiential learning (pembelajaran berbasis pengalaman).

Kegiatan Team Building yang berlangsung selama 2 (dua) hari di tanggal 7 – 8 Januari 2019 bertempat di sebuah hotel yang asri di wilayah Sentul Selatan berjalan dengan lancar dan penuh antusias, hal ini tampak tergambar di wajah setiap peserta. Team Building Program - Gunung Sewu 2 Acara dibuka dengan komitmen untuk selalu berfikir positif, senantiasa memunculkan sikap spontanitas serta menganggap semua peserta dan fasiltator adalah sama terus digaungkan, sehingga tidak ada lagi ‘topeng’ yang dipakai oleh peserta dan fasilitator selama dua hari kedepan. Setelah pembukaan, selanjutnya para peserta mulai kami tantang dengan beragam simulasi yang mana dari tiap simulasi ini harapan kami peserta akan mendapatkan pengalaman baru dari aktivitas permainan yang dilakukan.

Adapun dari setiap simulasi yang dilakukan tiap peserta akan merasakan dan mendapatkan pengalaman berupa:

  • Mengetahui harapan dan kekhawatiran peserta
  • Saling mengenal antar rekan dan fasilitator serta menumbuhkan keakraban
  • Menghilangkan personal block dan interpersonal block diantara peserta
  • Menciptakan in group feeling dan suasana kekeluargaan yg harmonis serta menumbuhkan perasaan kedekatan
  • Menumbuhkan kesadaran akan peningkatan kualitas dan produktifitas
  • Menumbuhkan kemampuan mengambil keputusan
  • Meningkatkan rasa saling percaya antar rekan dalam anggota tim
  • Menumbuhkan sikap tanggung jawab dalam mengemban suatu amanah
  • Mengetahui proses-proses yg menunjang dan menghambat rasa saling percaya
  • Menumbuhkan sikap saling mendukung antar anggota tim
  • Menumbuhkan semangat belajar dari pengalaman
  • Meningkatkan kesadaran tentang kualitas diri dan tim secara keseluruhan
  • Prinsip kerjasama kreatif dengan memadukan kekuatan dan solusi alternatif ke tiga-bukan cara saya, cara anda tetapi cara “kita”
  • Meningkatkan mentalitas berkelimpahan dengan melihat banyaknya peluang, tidak berpikir mentalitas berkekurangan dan persaingan yang mematikan
  • Membuat komitmen bersama untuk meningkatkan teamwork dan loyalitas pada perusahaan
  • Memberikan yang terbaik bagi tim dan perusahaan

Team Building Program - Gunung Sewu 3Hal tersebut di atas yang kami stimulus kepada peserta untuk mereka alami dan rasakan dari setiap simulasi yang ada. Dan realitanya, semua peserta merasakan dan mendapatkan manfaat diatas dalam diri mereka. Kegiatan terakhir yang kami berikan kepada peserta adalah simulasi memanah (archery) yang beberapa tahun belakangan cukup populer di masyarakat Indonesia. Dalam simulasi memanah ini, peserta merasakan langsung bagaimana busur dan anak panah asli yang sering dilombakan dalam ajang olahraga memanah profesional dan peserta cukup terhibur serta mendapatkan pengalaman berharga dalam diri peserta, ini terbukti dari kegiatan debrief (kristalisasi) pengalaman yang digali oleh fasilitator kepada tiap peserta.

Kegiatan Team Building selama dua hari ini ditutup dengan pembuatan komitmen di atas kanvas dari tiap peserta. Komitmen ini adalah bentuk janji yang ditulis oleh tiap peserta untuk dijadikan pengingat alam bawah sadar bahwa mereka akan sungguh-sungguh merealisasikan apa yang telah peserta ikrarkan bersama-sama dan tentunya ini dilakukan adalah agar sejalan dengan tujuan yaitu kemajuan institusi bisnis dimana saat ini mereka berada yaitu PT Gunung Sewu Kencana.

Team Building Program - Gunung Sewu 4

Jika perusahaan Anda ingin mengadakan Outbound atau Team Building Program ini, silakan hubungi tim Presenta di HP/ WA: 0811 900 2083 atau kirim email ke tedyan@presenta.co.id.