Supervisor Adalah…. Peran, Tugas, dan Tanggung Jawab Terbesar Supervisor dalam Perusahaan

Supervisor Adalah.... Peran, Tugas, dan Tanggung Jawab Terbesar Supervisor dalam Perusahaan 2

Pengertian Supervisor

Supervisor adalah individu yang memiliki tanggung jawab langsung dalam mengawasi dan mengarahkan aktivitas sehari-hari dari tim kerja. Supervisor dalam perusahaan bertindak sebagai penghubung antara manajemen dan staf pelaksana. Istilah supervisor sering disingkat dengan spv dan memiliki sinonim dengan istilah penyelia.

Dalam struktur sebuah perusahaan, biasanya jabatan supervisor berada di bawah manajer. Arti supervisor adalah jabatan tertinggi sebelum seseorang dipromosikan lebih lanjut ke level manajerial. Oleh karena itu, pekerjaan seorang supervisor sudah mulai menangani aspek manajerial meskipun dituntut untuk tetap menguasai aspek teknis dari sebuah pekerjaan.

Apa saja peran, tugas dan tanggung jawab seorang supervisor atau penyelia dalam sebuah perusahaan?

Mari kita lihat satu per satu.

supervisor-adalah

Peran Supervisor Adalah:

Seorang supervisor memiliki beberapa peran utama terkait pengawasan dan pengelolaan pekerjaan, pembimbingan, koordinasi serta penyelesaian masalah. Pengertian supervisor atau penyelia yang baik adalah orang yang mampu menjalankan peran-peran yang saling berhubungan ini dengan seimbang. Artinya, dia dapat menjalankan peran tadi secara harmonis meskipun dalam situasi yang sulit atau dalam tekanan tertentu ketika bekerja.

  • Pengawasan dan Pengelolaan: Seorang supervisor memiliki peran untuk mengawasi dan mengelola pelaksanaan pekerjaan, produksi suatu barang atau pemberian pelayanan kepada konsumen. Mereka bertanggung jawab membimbing dan mengatur rekan kerja bawahannya guna mencapai tujuan perusahaan. Sebagai perpanjangan tangan manajer, supervisor memastikan bahwa proses kerja berjalan lancar dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Pembimbing: Seorang supervisor juga bertindak sebagai pembimbing bagi karyawan bawahannya. Mereka memberikan arahan, nasihat, dan bimbingan kepada staf dalam menjalankan tugas-tugasnya. Pembimbingan ini dapat berupa memberikan instruksi pekerjaan, memberikan umpan balik (feedback) terhadap kinerja, serta memberikan motivasi dan dukungan kepada karyawan.
  • Koordinasi: Salah satu peran penting seorang supervisor adalah sebagai penghubung antara staf dan manajer. Mereka berperan dalam menyampaikan informasi, kebijakan, serta arahan dari manajer kepada karyawan bawahannya. Sebaliknya, supervisor juga mengkomunikasikan masalah, kebutuhan, dan perkembangan kepada manajer.
  • Penyelesaian Masalah: Supervisor bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang timbul di tingkat operasional. Mereka harus dapat mengatasi berbagai tantangan dan hambatan yang mungkin muncul dalam proses kerja sehari-hari. Kemampuan dalam penyelesaian masalah menjadi kunci keberhasilan seorang supervisor dalam memastikan kelancaran operasional perusahaan.

Tugas Supervisor

Dalam kesehariannya, seorang supervisor akan menjalani berbagai tugas sebagaimana karyawan pada umumnya. Ada beberapa tugas utama yang rutin dilakukan oleh seorang supervisor meliputi hal-hal berikut ini:

  • Mengatur Karyawan: Salah satu tugas supervisor yang utama adalah mengatur karyawan. Ini mencakup pengaturan pekerjaan yang akan diselesaikan oleh staf pelaksana, memberikan perintah untuk menjaga setiap rencana berada dalam satu garis dan tujuan yang jelas. Supervisor juga bertanggung jawab untuk menciptakan suasana kerja yang disiplin dan tertib.
  • Memberikan Motivasi Karyawan: Supervisor memiliki tanggung jawab untuk memberikan motivasi kepada karyawan. Mereka harus mampu menjaga fokus dan kualitas kerja karyawan agar tidak merasa bosan dengan pekerjaan yang diberikan. Dengan memberikan mood yang baik pada karyawan, supervisor membantu memastikan bahwa pekerjaan dilakukan dengan semangat dan hasil yang maksimal.
  • Menjelaskan Deskripsi Pekerjaan: Sebagai penghubung antara manajer dan staf pelaksana, supervisor dituntut untuk mampu menjelaskan dan mengkomunikasikan rencana kerja pada staf bawahannya. Hal ini termasuk dalam memberikan arahan pekerjaan yang baik, sehingga karyawan dapat memahami dengan detail tentang tugas yang harus mereka laksanakan.
  • Memberikan Arahan pada Karyawan: Supervisor bertanggung jawab untuk memberikan arahan pada karyawan secara terperinci dan rutin. Dengan adanya arahan yang diberikan secara jelas, pekerjaan karyawan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Arahan ini diberikan kepada setiap karyawan dan khususnya kepada karyawan atau staf yang masih baru sehingga perlu perhatian lebih.

Tanggung Jawab Supervisor

Sebagai perwakilan dari manajemen, seorang supervisor memiliki tanggung jawab yang besar dalam hal kepemimpinan, dukungan, dan melayani keluhan dari pelanggan. Apakah itu tanggung jawab seorang supervisor? Mari kita simak:

  • Kepemimpinan: Sebagai pemimpin di tempat kerja, supervisor harus dapat membangkitkan semangat dari para anggotanya. Mereka perlu mengkomunikasikan tujuan bersama kepada para anggotanya baik secara kelompok maupun perorangan. Kepemimpinan yang efektif seorang supervisor akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif.
  • Empati dan Dukungan: Seorang supervisor yang baik biasanya memiliki rasa empati tinggi dan senantiasa mendampingi bawahannya. Mereka harus mampu merangkul setiap karyawan di bawahnya, menyampaikan informasi dari manajer dengan baik, serta memberikan dukungan dan bantuan kepada staf dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.
  • Penampung Keluhan Pelanggan: Supervisor juga bertanggung jawab untuk menampung segala keluhan dari pelanggan dan menyampaikannya ke manajer. Dengan demikian, supervisor membantu memastikan bahwa masalah-masalah yang timbul di lapangan dapat segera diatasi dan kepuasan pelanggan dapat terjaga.

Dengan memahami peran, tugas, dan tanggung jawab supervisor secara jelas, sebuah perusahaan dapat memastikan bahwa fungsi manajemen operasionalnya berjalan dengan efisien dan efektif.

Jika Anda seorang supervisor, pahami dan kuasai peran, tugas dan tanggung jawab sebagai supervisor yang sudah dijelaskan di atas. Buat Anda, yang ingin menjadi seorang supervisor, kuasai hal-hal yang sudah dibahas dalam artikel ini sehingga Anda layak dipilih dan dipromosikan menjadi seorang supervisor.

Jika Anda seorang pimpinan perusahaan atau praktisi HR yang ingin meningkatkan kemampuan supervisor atau manajer awal di perusahaan/organisasi Anda, silakan pelajari program training buat supervisor yang kami miliki atau berdiskusi langsung dengan tim Presenta untuk membahas kebutuhan spesifik perusahaan Anda.

Simak juga video berikut yang membahas peran seorang supervisor sebagai manajer sekaligus leader buat tim-nya.

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi penting seputar training dan pengembangan diri dari Presenta





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top