Selamat, Anda baru saja mendapat amanah memimpin sebuah tim.
Mungkin sebelumnya Anda seorang supervisor yang mendapat promosi naik ke jenjang manajerial. Atau Anda sebelumnya seorang Asisten Manajer yang baru diangkat menjadi seorang Manajer.
Lantas, Anda mungkin bertanya, apa yang harus saya lakukan sekarang? Pertanyaan ini sangat wajar muncul sebab Anda belum pernah ke jenjang ini sebelumnya.
Menjadi seorang manajer baru tentu sebuah tantangan yang tidak mudah. Anda tidak hanya dituntut untuk bisa memberikan kinerja terbaik sebagai individu, melainkan juga dituntut agar dapat membawa tim Anda menciptakan kinerja yang terbaik.
Inilah yang akan Anda pelajari dalam training ini:
- Bagaimana menjadi manajer sekaligus leader yang baik
- Mengenali 4 keahlian utama seorang manajer dan leader
- Bagaimana berkomunikasi dengan runtut kepada atasan
- Bagaimana mengenali faktor-faktor untuk memotivasi tim Anda
- Bagaimana cara melakukan delegasi yang baik dan efektif
- Bagaimana menjadi manajer yang memberdayakan dan mengembangkan tim-nya
- Bagaimana menjadi supervisor yang baik di tempat kerja
Untuk membantu Anda menjadi seorang Manajer dan Leader yang baik, maka ada empat keterampilan yang perlu Anda kuasai:
- Komunikasi – Bagaimana berkomunikasi yang tepat kepada bawahan, atasan dan rekan kerja
- Motivasi – Bagaimana memotivasi anggota tim agar dapat bekerja secara maksimal
- Delegasi – Bagaimana melakukan delegasi tugas secara efektif
- Membangun – Bagaimana membangun anggota tim agar mereka terus maju, berkembang, dan meningkat kompetensinya.
Simak video berikut untuk mendapat gambaran apa saja yang akan dibahas dalam kursus online ini:
Kursus ini dirancang dengan pendekatan buat seorang manajer baru. Membahas apa yang harus Anda lakukan dan keterampilan apa yang perlu Anda miliki sebagai seorang manajer. Anda akan diajak untuk berpikir positif dan mempersiapkan diri dengan baik agar mampu menjadi manajer yang efektif sekaligus produktif.
Kursus ini sekaligus merupakan refleksi karir instruktur secara pribadi ketika diangkat menjadi manajer. Saya yang saat itu baru berkarir sebagai Management Trainee dan Asisten Manajer di sebuah perusahaan multinasional diangkat menjadi seorang manajer setelah 2,5 tahun bekerja.
Awalnya saya tidak percaya baru saja berubah status dari seorang Asisten Manajer dan sekarang harus mulai belajar memimpin tim dengan baik sebagai seorang Manajer. Saya juga masih canggung bagaimana harus memimpin orang-orang yang jauh lebih tua sekaligus punya pengalaman lebih panjang.
Untuk itu saya ingin berbagi pengalaman dan pembelajaran (lesson learnt) yang saya pelajari sebagai seorang Manajer Baru. Oleh karenanya, kursus ini ditujukan buat Anda yang baru saja memegang amanah manajerial. Bisa sebagai seorang manajer baru, manajer menengah, atau seorang supervisor yang bersiap-siap naik ke level manajerial.
Secara khusus kursus ini ditujukan untuk:
- Anda yang baru saja diangkat menjadi seorang manajer dari sebelumnya sebagai asisten manajer.
- Anda yang baru saja naik ke level manajerial dari sebelumnya memegang posisi supervisor atau team leader.
Lantas bagaimana jika Anda seorang manajer menengah atau bahkan seorang manajer yang sudah senior?
Buat Anda yang sudah lebih berpengalaman dalam memimpin tim, kursus ini akan membantu Anda untuk melihat keterampilan apa yang sudah Anda kuasai dan mencari tahu apakah ada keterampilan penting sebagai manajer yang belum benar-benar Anda miliki.
Lalu, bagaimana jika Anda baru saja masuk ke tempat kerja? Sebagai seorang Management Trainee, Asisten Manajer atau posisi di bawahnya?
Buat Anda yang berada pada posisi tersebut, maka buku ini dapat membantu Anda melihat keterampilan apa yang nantinya perlu Anda persiapkan jika Anda punya cita-cita untuk naik ke level berikutnya menjadi seorang Manajer yang memimpin Departemen tertentu.
Tidak hanya itu, saya juga akan memaparkan pengalaman yang relevan ketika saya berkarir selama kurang lebih 11 tahun di sebuah perusahaan Multinasional mulai dari Management Trainee sampai menjadi Manajer Senior yang mengelola tim lintas negara.
Terakhir, saya juga akan berbagi peran manajerial yang saya hadapi ketika sekarang memimpin sebuah Perusahaan Training dan Konsultan selama beberapa tahun terakhir.
TESTIMONI PESERTA
Saya merasa sangat teredukasi dan terbantu sekali dalam mencapai tujuan saya menjadi Future Leaders. Materinya sangat relate dengan kondisi saat ini dan sangat worth it bagi kita kaum Generasi Z sebagai Future leaders.
Michael Adrian Subagio
PT. Unilever Oleochemical Indonesia
Sangat berguna untuk pengetahuan di bidang kepemimpinan terutama bagi pemula.
M.Suherman
PT Betts Indonesia
Sangat bermanfaat sekali untuk bekal ilmu leadership kedepannya dan menambah pengetahuan ilmu mengenai leadership.
Mochamad Rivalda Pasa
PT Mandiri Tunas Finance
Silakan lihat detil di bawah untuk kurikulum lengkap training ini. Keseluruhan training terdiri dari 24 video lengkap.
Anda bisa melihat contoh video untuk pelajaran yang diberi tanda icon berikut: . Selamat mengikuti kursus ini.
Kurikulum
- 5 Bagian
- 25 Pelajaran
- Akses Seumur Hidup
- PendahuluanPada bagian ini Anda akan belajar memahami peran seorang Manajer sekaligus Leader serta skill penting apa yang harus dikuasai agar dapat memimpin tim secara efektif.3
- KomunikasiPada bagian ini Anda akan memahami perbedaan gaya komunikasi, pendekatan komunikasi terbaik dan bagaimana berkomunikasi secara runtut terutama kepada atasan dengan waktu yang sangat terbatas.6
- 3.1Mengenal Tiga Tipe Komunikator (Agresif, Pasif, Asertif)7 Menit
- 3.2Bagaimana Menjadi Komunikator Asertif8 Menit
- 3.3Menjadi Pendengar Aktif12 Menit
- 3.45 Prinsip Komunikasi yang Baik8 Menit
- 3.5Cara Melakukan Komunikasi Runtut yang Singkat, Padat, sekaligus Tepat6 Menit
- 3.6Kuis 2: Bagaimana Berkomunikasi yang Baik dan Efektif4 Pertanyaan
- MotivasiPada bagian ini Anda akan belajar mengapa motivasi sangat penting untuk kinerja tim yang maksimal. Untuk itu Anda perlu mengetahui apa saja faktor-faktor yang meningkatkan motivasi kerja.6
- DelegasiSeorang Manajer dan Leader tidak bisa bekerja sendirian. Dia perlu mendelegasi tugas secara efektif sekaligus memberdayakan tim-nya. Pada bagian ini Anda akan belajar bagaimana delegasi yang efektif.6
- Membangun (Develop)Peran seorang Leader adalah mengembangkan tim-nya untuk menjadi Leader di kemudian hari yang bahkan lebih baik lagi. Pada bagian ini Anda akan belajar aspek-aspek untuk membangun anggota tim.9
- 6.0Apa Perbedaan Skill dan Kompetensi4 Menit
- 6.1Menyusun Rencana Pengembangan Buat Karyawan8 Menit
- 6.2Bagaimana Cara Memberi Umpan Balik (Feedback) yang Baik buat Tim Anda5 Menit
- 6.3Contoh Memberi Umpan Balik (Feedback) yang Baik14 Menit
- 6.4Cara Menetapkan Target yang Baik dengan Pendekatan SMART5 Menit
- 6.5Contoh Target yang SMART9 Menit
- 6.6Kuis 5: Membangun (Develop)4 Pertanyaan
- 6.7Penutup7 Menit
- 6.8Sesi Tanya Jawab
Sampaikan Komentar
Anda harus masuk untuk berkomentar.
2 Komentar
Baru pembukaannya saja sudah menarik ……… makin semangat untuk belajar walau secara online ……… semoga dengan mendapatkan ilmu di kursus ini, kedepannya sebagai bagian dari manajer mendapatkan ilmu dan pengalaman yang membuat makin baik ……. terima kasih
Selamat belajar Pak Indra. Mudah-mudahan nanti mendapatkan manfaat terbaik dari kursus ini ya. Materi yang diberikan disarikan dari pengalaman kami menangani para manajer baru di berbagai perusahaan dan organisasi. Jangan lupa untuk memperkenalkan diri ya Pak di sini: https://presenta.co.id/academy/perkenalan-member/