Tidak Asal Bekerja,

Pengembangan Karir Itu Perlu

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 1

Pengembangan karir adalah sebuah proses yang membentuk identitas seseorang, khususnya dalam hal pekerjaan atau profesi. Di dalamnya ada pembelajaran, pengalaman mengeksplorasi pekerjaan, dan perpindahan dari satu level ke level berikutnya. Semuanya berawal sejak seseorang menyadari apa yang hendak dipilihnya sebagai mata pencaharian dan terus berkembang sampai tiba pada tujuannya, yakni masa depan impiannya.

Pengembangan karir bagi karyawan tidak hanya akan menguntungkan individu karyawan, melainkan pula perusahaan tempatnya bekerja. Mengapa? Karena begitu seorang karyawan merencanakan pengembangan karirnya, dia akan memusatkan perhatiannya pada kebutuhannya untuk tumbuh dan berkembang. Dia juga akan terpacu untuk mengembangkan diri, baik secara pribadi, maupun professional.

Oleh karena pengembangan karir SDM sama-sama menguntungkan, alangkah baiknya jika perusahaan juga dapat memberikan dukungan bagi pengembangan karir karyawan. Pengembangan karir sangat signifikan dampaknya pada kinerja karyawan. Mereka akan menjadi lebih produktif, tingkat retensi turun, kesempatan mereka untuk dipromosikan akan menjadi lebih besar.

Perkembangan SDM di Indonesia saat ini masih lambat. Meski peringkat daya saingnya naik, jika dibandingkan dengan negara-negata tetangga, seperti Singapura dan Malaysia, SDM Indonesia masih kalah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Institute for Management Development, Lausanne, Switzerland, pada 2018, Indonesia berada pada posisi 45 dari 63 negara yang diteliti. Posisi ini naik dua peringkat dibanding dua tahun sebelumnya.  Singapura sendiri berada pada peringkat ke-13, sedangkan Malaysia bertengger di posisi ke-22.

Pengembangan SDM di Indonesia masih perlu terus didorong, baik oleh pemerintah, perusahaan, maupun individu SDM yang ingin berkembang dan maju. SDM adalah modal terbesar dan terkuat yang harus dimiliki Indonesia. Karena itulah, mengembangkan SDM berarti juga menanam investasi jangka panjang.

Ada dua langkah dalam pengembangan karir SDM, yakni melalui program pendidikan dan latihan atau diklat, serta program nondiklat. Contoh pengembangan karir di perusahaan melalui program diklat adalah dengan mengikutsertakan karyawan dalam pelatihan, baik pelatihan publik, maupun pelatihan in-house. Sedangkan untuk program nondiklat, perusahaan dapat memberikan penghargaan bagi karyawan yang berprestasi atau rekomendasi dari atasan, memberikan karyawan kenaikan jabatan, atau mutasi.

Meski menguntungkan bagi perusahaan, maupun individu karyawan, selalu saja ada kendala dalam pengembangan karir karyawan. Kendala ini bisa datang dari kedua belah pihak. Apa sajakah itu?

  1. Kepercayaan diri minus dan tidak memiliki ambisi berkompetisi.

Hambatan jenis ini sudah jelas datang dari dalam diri karyawan, namun kadang-kadang malah tidak mereka sadari. Mereka justru berbalik menyalahkan lingkungan tempat kerja mereka atas kondisi yang mereka alami di kantor, entah menuduh perusahaan pilih kasih atau alasan menyalahkan lainnya. Padahal, perusahaan itu ibarat piramida, di mana semakin ke atas bentuknya semakin mengerucut. Artinya, semakin tinggi posisi jabatan di perusahaan, jumlah jabatan yang tersedia pun semakin sedikit. Jika tidak kompetitif, perusahaan bisa jadi tidak pernah tahu kelebihan kita dibandingkan calon lainnya.

  1. Punya kebiasaan buruk

Ada karyawan-karyawan yang amat kompeten di bidangnya, namun sayang, hal ini tidak diimbangi oleh sikap kerja yang baik. Pernahkah Anda melihat teman-teman kerja Anda sendiri, di mana mereka amat piawai dalam menuntaskan pekerjaannya, namun kasar terhadap rekan-rekan kerja, kurang bertanggung jawab, sering absen, atau sering terlambat datang ke kantor, Kebiasaan-kebiasanaan buruk ini sama sekali tak membantu dalam pengembangan karir karyawan, meski prestasi kerjanya setinggi langit.

  1. Tak punya informasi cukup untuk mengembangkan karir

Kemauan untuk mengembangkan diri saja tidak cukup. Seseorang haruslah mengerti bagaimana sebuah karir mesti dibangun. Dia harus tahu kapasitas apa saja yang harus dimiliki, apa saja pelatihan yang harus dia ambil, jika ingin dipromosikan ke jenjang karir yang lebih tinggi. Dia juga harus pandai memperhitungkan waktu kapan dia sudah harus mencapai jenjang karir yang dimaksud. Dia juga harus mampu mengenali kelebihan-kelebihan diri agar bisa memanfaatkannya untuk kenaikan jenjang karir.

  1. Belum efektif berkomunikasi.

Ini pernah dibahas dalam artikel sebelumnya. Kemampuan berkomunikasi secara efektif akan memuluskan jalan seseorang untuk naik jabatan. Dia akan tahu bagaimana berkomunikasi dengan atasan, dengan tim kerjanya, maupun dengan orang-orang lain di kantor agar pesan, keinginan, atau tujuannya jelas bagi setiap orang.

  1. Tak mampu berjejaring.

Jangan lupakan orang-orang di sekitar kita, entah mereka yang berada dalam satu perusahaan dengan kita, maupun yang berada di luar lingkaran perusahaan. Menjalin hubungan professional dengan mereka sama dengan mempercepat pengembangan karir kita.  Tak jarang rekomendasi dari orang-orang dalam jejaring kita memuluskan langkah untuk menyelesaikan proyek, promosi, dan lain-lain.

Setelah menyimak ini semua, mungkin akan timbul dalam benak Anda pertanyaan bagaimana mengembangkan karir dengan benar. Ikuti terus artikel-artikel menarik di Presenta untuk mendapatkan manfaat bagi pengembangan karir Anda. (*)

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 2

Silakan klik untuk download proposal training kami

Simak kumpulan artikel lengkap berkualitas kami di sini

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 3

PRESENTA EDU

Presenta Edu (PT Presenta Edukreasi Nusantara) adalah provider training, lembaga pelatihan dan konsultan manajemen yang menyediakan berbagai layanan pelatihan dan pengembangan SDM berkelas dunia dengan pendekatan yang praktis dan aplikatif.

Berkantor di Jakarta, Presenta Edu siap memberikan pelatihan, training, workshop dan seminar berkualitas di berbagai kota besar di Indonesia dan dapat menjadi andalan bagi segenap perusahaan, lembaga dan organisasi di Indonesia untuk bersama membangun bangsa.

PRESENTA EDU

PT Presenta Edukreasi Nusantara
Commercial Ciganjur Express Jl. Moh. Kahfi I No. 90-E Jagakarsa-Jakarta Selatan 12630

HUBUNGI KAMI

Tel: (021) 4016 1717 | HP: 0811 900 2083
Fax: (021) 2963 8088
support@presenta.co.id

Training Kami

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 4

Powerful Business Presentation

Pelatihan presentasi bisnis terbaik Indonesia. Membuat slide bisnis efektif dengan cepat dan mudah serta membawakan presentasi dengan meyakinkan.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 5

Infographic & Advance Powerpoint

Pelatihan infografis berbasis Powerpoint. Mendesain infografis keren dengan cepat dan mudah menggunakan software Powerpoint standar bawaan kantor.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 6

Impactful Communication in The Workplace

Pelatihan komunikasi paling praktis di Indonesia. Berkomunikasi dengan efektif, nyaman dan percaya diri kepada tim, kolega dan atasan Anda di kantor.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 7

Public Speaking for Business Leaders

Pelatihan public speaking terbaik Indonesia. Berbicara di depan umum dengan otentik, natural, percaya diri sekaligus menarik di depan audiens manapun.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 8

Leadership Development Program

Pelatihan leadership terbaik Indonesia. Training leadership praktis & aplikatif untuk manajer dan supervisor. Buat tim Anda solid & berkinerja tinggi.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 9

Training of Trainers (TOT)

Pelatihan TOT terdepan Indonesia. Menjadi trainer yang mampu menstrukturkan materi, memilih metode pengajaran dan membawakan training yang berkesan.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 10

Effective Supervisory Skills

Pelatihan supervisory skills. Kuasai skill utama supervisor dalam mengelola tim dengan efektif. Menjadi pemimpin yang tangguh, kuat dan inspiratif.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 11

Effective Coaching & Mentoring Skills

Pelatihan coaching & mentoring praktis. Menjadi coach & mentor yang efektif dan sukses yang mendorong perubahan dan membangun orang di sekitar Anda.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 12

Influencing & Negotiation Skills

Pelatihan negosiasi yang mudah diikuti dan diterapkan. Kembangkan keterampilan praktis untuk menjadi negosiator ulung  dan memenangkan hati pihak lain.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 13

Problem Solving & Decision Making

Pelatihan problem solving & decision making paling sistematis. Menjadi problem solver handal yang utuh melihat masalah dan cermat membuat keputusan.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 14

Change Management in VUCA World

Pelatihan change management terkini. Nahkodai tim Anda mengarungi ganasnya perubahan dalam era yang volatil, tidak pasti, kompleks dan penuh ambigu.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 15

Creative Thinking & Innovation Strategy

Pelatihan creative thinking & inovasi terbaru. Gunakan model & software simpel untuk menjadikan Anda seorang master kreatif penuh inovasi cemerlang.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 16

Human Resources Management

Pelatihan SDM & HRD Indonesia. Kuasai manajemen SDM dan fungsi HRD untuk manajer lini Non HR dalam iklim perubahan organisasi bisnis yang cepat

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 17

Employee Engagement & Motivation

Pelatihan motivasi terbaik. Bakar motivasi, dongkrak semangat dan lejitkan antusiasme karyawan menjadi winning team & winning company dengan permanen.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 18

HEALTH, SAFETY & ENVIRONMENT (HSE) TRAINING

Pelatihan K3. Pelatihan untuk menjadi tenaga teknis berkeahlian khusus dibimbing praktisi K3 berpengalaman panjang di perusahaan multinasional.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 19

COMPANY GATHERING & OUTBOUND ACTIVITY

Program outbound dan family gathering di Bandung. Program team building modern dengan fasilitas kelas satu. Fun dan enjoyable, cocok untuk semua.

galeri pelatihan

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 20

General Management Course

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 21

Problem Solving & Decision Making

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 22

Creative Thinking

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 23

Supervisory Skills

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 24

Leadership Development Program

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 25

Engagement & Motivation

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 26

Communication & Public Speaking

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 27

Coaching & Mentoring

Trainer Kami

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 28

MUHAMMAD NOER

Pendiri Presenta Edu sekaligus master trainer untuk training utama di Presenta. Memiliki latar belakang Marketing dan Human Resources dengan sertifikasi internasional dari CIPD, UK. Berpengalaman luas di bidang bisnis dan organisasi lintas negara.

PRAYOGA WIRADISURIA

Pimpinan sebuah perusahaan holding di Jakarta. Memiliki pengalaman sebagai HR di Unilever dan Management Consultant di McKinsey & Company. Ia biasa menangani klien lintas industri dan berbagai fungsi manajemen organisasi.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 29
Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 30

DJOHAN YOGA

International Certified Trainer untuk 9 negara di wilayah Asia.Seorang Insinyur Kimia ITB serta Ph.D dalam bidang Applied Creativity & Innovation. Sejak tahun 2007 menjadi International Trainer dalam bidang: Mind Map, Creativity & Innovation.

DAVID PRANATA

Speaker, trainer & writer di bidang komunikasi dan presentasi. 2nd runner up International Speech Contest Toastmaster 3 negara. Pada Juli 2015 buku pertamanya “Speak with Power” telah diterbitkan oleh Elex Media.

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 31
Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 32

LAKSMI TOBING

Memiliki pengalaman 30 tahun di Unilever mulai dari Management Trainee sampai menjadi HR Director. Fasilitator dan Certified Coach. Ia juga mengajar 7 Habits of Highly Effective People buat banyak perusahaan.

KLIEN KAMI

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 33

Testimoni peserta

“Pak Muhammad Noer dengan tim Presenta nya adalah salah satu Learning Partner yang kompeten dan berpengalaman luas, membekali CD Trainer Community kami dengan presentation skills dan facilitating skills yang sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.”

Nurul Huda

CD Academy Manager, PT Unilever Indonesia Tbk

“Trainer bagus, penyampaian materi baik sehingga mudah dipahami. Materi training sangat cocok dengan pekerjaan sehari-hari. Modul training juga singkat, padat dan jelas, tidak tebal dan terlalu bertele-tele dan mudah diingat. Training menarik seperti ini harus lebih sering dilaksanakan.”

Vania Isabella

MD - E.COMM, HEAD OFFICE, INDOMARET GROUP

“Satu kebanggaan dan kebahagiaan di mana saya dilatih langsung oleh bapak Djohan Yoga, International Certified Trainer dari Tony Buzan dipadu dengan praktisi mind map yang luar biasa yakni bapak Muhammmad Noer.

Hari ini saya dapatkan banyak sekali pengetahuan yang pastinya akan saya pakai di mana tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.”

Stevie Lengkong

Master Trainer, Master Core Brain (MCB) Indonesia

Dapatkan Ebook Gratis

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 34

Hubungi kami

Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 35
Tidak Asal Bekerja, Pengembangan Karir Itu Perlu 36
Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG