Training of Trainer BNSP dan Cara Mendapatkan Sertifikasinya

Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP adalah badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden, berwenang sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Training of trainer BNSP sendiri merupakan program pembekalan kompetensi bagi trainer oleh BNSP, berstandar nasional, dan bersertifikasi negara.

Cara mendapatkan sertifikasi BNSP bagi para calon trainer ini adalah dengan mengikuti pelatihan sertifikasi berbasis kompetensi yang diselenggarakan lembaga-lembaga sertifikasi profesi yang sudah memiliki lisensi BNSP. Mereka selanjutnya wajib mengikuti uji kompetensi.

Uji kompetensi BNSP adalah proses penilaian, baik teknis, maupun nonteknis, melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu. Barulah setelah lulus uji kompetensi, peserta berhak mendapatkan sertifikat BNSP.

Penilaian dalam uji kompetensi ini dilakukan asesor. Seorang asesor uji kompetensi BNSP haruslah memenuhi kualifikasi dan bersertifikasiPara calon asesor diwajibkan mengikuti pelatihan asesor kompetensi. Jadwal pelatihan asesor kompetensi 2019 sendiri dapat ditanyakan langsung ke BNSP.

Setelah lulus uji komptensi, peserta akan mendapatkan sertifikat. Contoh sertifikat ToT BNSP dapat Anda lihat melalui tautan berikut.

Sertifikat ToT BNSP dapat berbentuk piagam, maupun kartu. Tiap sertifikat punya nomor unik dari BNSP, sesuai nama peserta dan bidang kompetensi terkait, menggunakan kode batang (bar code). Persyaratan lainnya tentang keabsahan sertifikat yang diterbitkan BNSP ini dapat dicek melalui Pedoman Penerbitan Sertifikat Kompetensi BNSP.

Kegiatan ToT terdiri atas pengajaran teknik-teknik untuk menyampaikan materi program pelatihan dengan menarik dan efektif. Misalnya, calon trainer nantinya akan lebih terampil menyampaikan materi pelatihan dengan suasana yang interaktif, menyenangkan, namun tetap sejalan dengan kebutuhan pelatihan.

Modul pelatihan ToT tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta. Sebagai contoh, modul pelatihan berbasis kompetensi untuk profesi trainer, instruktur, atau tenaga pelatihan terdiri atas materi mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi, melakukan presentasi, merencanakan penyajian materi pelatihan, melaksanakan pelatihan tatap muka, dan sebagainya.

Beberapa lembaga training telah menginformasikan jadwal penyelenggaraan ToT BNSP 2019, sehingga memudahkan para profesional atau calon trainer untuk menyesuaikan waktunya dengan aktivitas kerja masing-masing.

Biaya sertifikasi BNSP bisa sangat beragam, sesuai dengan lembaga-lembaga sertifikasi profesi, tempat peserta mengambil training dan mendapatkan sertifikat. (*)





Scroll to Top