Strategi, Teknik dan Langkah Problem Solving

Problem solving atau penyelesaian masalah merupakan bagian dari proses berpikir. Pengertian pendekatan problem solving dapat dijelaskan sebagai sebuah metode perencanaan kerja yang meliputi penilaian, identifikasi masalah, perencanaan, implementasi, dan evaluasi.

Pengertian problem solving menurut para ahli, di antaranya Purwanto (1999:17), yakni suatu proses menghadapi situasi baru dengan menggunakan strategi, cara, atau teknik tertentu. Tujuannya agar agar keadaan tersebut dapat dilalui sesuai dengan keinginan yang ditetapkan. Sedangkan menurut Gulo (2002:111), problem solving adalah metode yang mengajarkan penyelesaian masalah dengan memberikan penekanan pada terselesaikannya suatu masalah secara menalar.

Pernah mendengar istilah complex problem solving? Nah, complex problem solving adalah metode ntuk memperjelas suatu masalah yang sangat kompleks dalam kehidupan nyata.

Problem solving membutuhkan strategi untuk mengidentifikasi masalah yang menghambat pencapaian tujuan. Strategi problem solving seringkali disebut juga sebagai siklus problem solving sebab bentuknya memang menyerupai daur. Ini dikarenakan ketika suatu masalah terselesaikan, seringkali akan timbul masalah baru, sehingga langkah-langkahnya berulang kembali.

Langkah-langkah problem solving setidaknya ada lima, yakni mendefinisikan masalah, mengumpulkan data, mengidentifikasikan penyebab masalah yang paling mungkin, lalu mengidentifikasikan yang menjadi akar permasalahan tersebut, terakhir adalah mengajukan dan mengimplementasikan solusinya.

Ada sejumlah teknik problem solving yang banyak digunakan orang untuk menyelesaikan masalah. Beberapa di antaranya adalah abstraksi, yakni teknik menyelesaikan masalah pada model sistem terlebih dulu, sebelum menyelesaikan masalah pada sistem yang sebenarnya. Kemudian ada juga yang disebut teknik analogi, di mana kita menggunakan solusi yang dapat memecahkan masalah yang memakai analogi. Teknik lainnya, misalnya, brainstorming, yang biasa digunakan secara berkelompok atau bersama-sama dengan menyediakan, mengombinasi, dan mengembangkan sejumlah solusi dan ide, sampai menemukan solusi yang optimal.

Creative problem solving and decision making training atau pelatihan creative problem solving dan pengambilan keputusan akan mengajarkan Anda keterampilan dan cara berpikir kreatif untuk memecahkan masalah. Ada baiknya Anda memasukkan pelatihan creative problem solving ke dalam agenda rutin perusahaan Anda. Dalam pelatihan atau training creative problem solving, Anda bersama tim akan mendapatkan berbagai materi creative problem solving untuk belajar menganalisis masalah, menghasilkan solusi kreatif, dan memutuskan solusi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian, kinerja tim dan perusahaan akan menjadi lebih baik. (*)





Scroll to Top