Presentasi Memukau for Business Professional – Lazada Indonesia

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh profesional untuk dapat berkembang dengan baik adalah keterampilan presentasi. Kemampuan presentasi yang baik membantu seseorang mengemukakan idenya dan menyakinkan orang lain, sehingga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan karir. Akan tetapi, keterampilan ini tidak dimiliki semua orang.

Banyak orang kesulitan untuk menyusun materi presentasinya dengan baik, sehingga mudah dipahami oleh audiens, sekaligus menyampaikannya dengan argumentatif lewat media yang menarik. Ketiga hal ini diajarkan dalam training presentasi memukau yang diberikan di Lazada oleh Master Trainer Presenta, Muhammad Noer.

Lazada Indonesia - Presentasi Memukau 1Training Presentasi Memukau kali ini diikuti oleh karyawan PT Lazada Indonesia, yang sebagian besar adalah milineal. Dalam training ini mereka diajarkan mulai dari konsep presentasi yang baik, bagaimana menyusun materi presentasi dengan sistematis, serta bagaimana menyampaikan presentasi dengan menyakinkan.

Dalam penyusunan materi presentasi, beberapa sistematika yang digunakan adalah :

  1. Problem-solution, dimana materi disusun berdasarkan masalah yang ada dan solusi yang ditawarkan.
  2. Before-after, menggambarkan bagaimana dampak suatu program/rencana sebelum dan sesudah dijalankan.
  3. Then-now-how, menjelaskan bagaimana sebuah perubahan terjadi sebagai dampak hasil dari rencana/program yang sudah dibuat.
  4. Poin-poin, digunakan saat ingin menggambarkan sebuah rencana atau deskripsi kegiatan yang dilakukan.

Dalam perencanaan materi ini peserta diminta menyusun kembali materi presentasi yang mereka miliki berdasarkan sistematika di atas. Peserta juga dilatih untuk menetapkan tujuan dari presentasi, sebagai arah dalam penyusunan materi presentasi.

Training ini juga mengajarkan peserta bagaimana mendesain materi yang mereka susun dengan baik. Sebagian besar peserta terbiasa menggunakan powerpoint atau mendesain lewat template yang sudah jadi. Akan tetapi bagaimana prinsip slide presentasi yang baik dan cara membuat slide yang baik dengan mudah dan cepat, merupakan hal yang baru bagi peserta.

Dengan menggunakan prinsip slide Sederhana, Visual, Kontras, peserta berlatih untuk membuat slide presentasi yang menarik. Melalui teknik align, picture layout, smart art, shape dll, peserta membuat slide yang rapi dan profesional. Mereka juga belajar memvisualisasikan data lewat tabel, grafik, diagram, gambar dan kata kunci.

Lazada Indonesia - Presentasi Memukau 2Dengan pemilihan visualisasi data yang benar, data dapat disampaikan dengan baik  dan cepat. Peserta dalam penyusunan slide ini langsung mempraktekkan dengan menggunakan latihan yang diberikan secara individual maupun berkelompok.

Praktek juga dilakukan saat belajar bagaimana menyampaikan presentasi dengan menyakinkan, atau dikenal dengan delivery presentasi. Ada empat hal yang harus diperhatikan pembukaan, penutupan, Bahasa verbal dan non-verbal. Pembukaan yang menarik merupakan hal yang penting karena akan memotivasi peserta untuk mendengarkan apa yang disampaikan.

Pembukaan ini bisa dilakukan dengan menyampaikan tujuan dari presentasi, memaparkan data dan fakta yang menarik, atau dengan menggunakan teknik storytelling. Beberapa peserta diminta untuk membuka presentasi dengan menggunakan ketiga Teknik ini, sesuai dengan topik yang akan mereka bawakan.

Selain pembukaan, hal penting lainnya dalam delivery yang diajarkan dalam training ini adalah menutup presentasi dengan kesan mendalam. Hal ini penting agar audiens mengingat pesan utama yang ingin disampaikan oleh presenter, sehingga tujuan presentasi tercapai.

Tiga langkah yang dapat dilakukan agar penutupan ini berkesan adalah dengan merangkum apa yang disampaikan, mengajak untuk melakukan apa yang diinginkan (call to action) dan menyampaikan kalimat penutup yang dapat berupa kutipan kalimat yang menarik dan sesuai dengan tujuan presentasi kita. Untuk memahami hal ini peserta mempraktekkan teknik menutup presentasi ini sesuai dengan materi yang mereka bawakan.

Bahasa verbal dan non-verbal pun juga dilatih dalam training ini. Kejelasan suara, artikulasi, intonasi dan juga tidak ada gumaman menjadi hal yang penting dalam presentasi. Selain itu bahasa tubuh presenter, postur, bagaimana melakukan kontak mata, juga mempengaruhi kemampuannya dalam menyakinkan audiens.

Seringkali dua hal ini luput dari perhatian seorang presenter, sehingga presentasi menjadi kurang menyakinkan karena bahasa verbal dan non verbal yang kurang baik. Untuk itu, peserta diminta untuk melakukan praktek langsung, membawakan materi presentasi mereka selama 7 menit dalam kelompok. Peserta kemudian mendapatkan feedback dari penampilan mereka ini.

Selain banyak praktek langsung yang dilakukan, training ini juga menggunakan metode yang beragam seperti diskusi, presentasi dan games. Beragam games yang memberikan insight pada pembelajaran diberikan dalam training ini sehingga suasana training terasa menyenangkan.

Lazada Indonesia - Presentasi Memukau 3Salah satu games yang mengundang kehebohan adalah games Be Outstanding, dimana peserta diminta untuk tampil berdasarkan skenario yang diberikan secara kreatif dan se-outstanding mungkin. Games ini berhasil membuat peserta keluar dari zona nyaman, sekaligus memberikan pemahaman bahwa untuk tampil maksimal dalam sebuah presentasi, dibutuhkan tidak hanya kreativitas, namun juga keberanian untuk tampil beda.

Training ini berhasil membuat peserta memahami bagaimana sebuah presentasi yang baik dirancang sekaligus mencoba mempraktekannya. Peserta merasa mendapatkan banyak masukan dan pengetahuan baru karena materi dan pengalaman yang diberikan.

Tertarik untuk menyelenggarakan training ini? Silakan hubungi kami di telp: (021) 4016 1717 atau WA: 0811 1880 84. Kami siap untuk berdiskusi agar training ini berdampak pada kompetensi karyawan Anda.