Banyak orang yang masih bingung memilah antara coaching, consulting, dan mentoring. Kebingungan ini pun akhirnya membuat mereka tak tahu mana yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan keahlian mereka.

Coaching dapat membantu seorang karyawan menjadi seorang pemimpin hebat, meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta mendapatkan keterampilan dan wawasan baru seputar dunia kerja. Coaching juga berfungsi menjadi sarana pendampingan untuk mencapai target, serta membantu karyawan mengatasi masalah-masalah perilaku yang mereka hadapi.

Consulting memberikan jasa keahlian untuk membantu perusahaan memecahkan masalah atau mencapai target tertentu. Biasanya ada orang yang ahli di bidangnya yang dipanggil untuk memberikan solusi atau pendapat professional atau hal teknis. Sangat berbeda dengan coaching di mana solusi diharapkan muncul dari karyawan sendiri, dengan bantuan seorang coach.

Bagaimana dengan mentoring? Kegiatan ini lebih merujuk pada proses di mana seseorang mengambil pelajaran, pengetahuan, atau pengalaman dari kolega yang biasanya lebih tua, lebih senior, lebih bijak, dan tentunya lebih berpengalaman. Tujuannya agar karyawan dapat membuka pintu bagi peluang-peluang yang lebih baik untuk karirnya.

Mari kita kupas lebih dalam satu per satu.

Coaching

perbedaan coaching conselling mentoring

Coaching pada dasarnya bisa dilakukan siapa saja dalam perusahaan selama memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya. Biasanya diambil dari karyawan di jajaran manajer karena dianggap punya kemampuan di atas rata-rata dan wawasan lebih, sehingga mereka mampu mencapai posisi yang saat itu. Jadi dalam coaching, expert-nya adalah eksekutif perusahaan.

Kapan karyawan atau perusahaan membutuhkan coaching? Ada sejumlah kondisi yang memungkinkan perusahaan melakukan coaching untuk para karyawannya.

1. Kinerja karyawan menurun, misalnya sering melakukan kesalahan, bekerja tidak berdasarkan skala prioritas, tidak mampu mencapai target, dan sebagainya.

2. Ada karyawan pindah atau dipromosikan dan terjadi penempatan orang baru di posisi yang ditinggalkan. Coaching perlu dilakukan agar orang baru memahami tugas-tugas dan tanggung jawab yang akan diembannya.

3. Menggali dan mengembangkan potensi karyawan agar masa depan mereka menjadi lebih baik.

4. Anak buah memerlukan bantuan teknis. Setiap kali perusahaan menggunakan teknologi baru, coaching sebaiknya dilakukan agar karyawan menguasainya demi meningkatkan kinerja.

5. Ada tugas atau proyek penting di luar kebiasaan. Coaching penting untuk memastikan setiap anggota tim mampu mengerjakan tugas dan proyek selesai tepat waktu dengan hasil memuaskan.

 

Consulting

pengertian coaching menurut para ahli

Dalam consulting, expert-nya adalah konsultan yang disewa jasanya untuk mendampingi perusahaan. Konsultan ini memiliki pengetahuan mumpuni dalam bidang atau topik yang spesifik, misalnya teknologi informasi, keuangan, manajemen, dan sebagainya. Dia akan memberikan pendapatnya tentang apa yang harus perusahaan lakukan dengan situasi yang mereka alami. Dalam mengerjakan tugasnya, konsultan kadang-kadang ikut bekerja bersama tim internal perusahaan untuk memetakan masalah dan menemukan solusinya.

Mengapa perusahaan perlu menyewa jasa konsultan?

1. Perusahaan perlu pandangan orang luar. Ketika hendak mengambil keputusan penting, kadang-kadang perusahaan butuh pendapat konsultan. Perusahaan biasanya sudah memiliki perspektif sendiri untuk memecahkan masalah yang dihadapi, namun membutuhkan pendapat eksternal sebelum mengambil keputusan. Seringkali hanya untuk memastikan kalau langkah yang akan mereka ambil sudah benar. Mengapa? Karena konsultan dianggap sebagai orang yang sudah sering bekerja dengan berbagai perusahaan berbeda. Konsultan bisa jadi pernah menjumpai masalah yang sama ketika bekerja dengan perusahaan lain. Dengan pengalaman seperti ini, konsultan dapat memberikan gagasan baru dan inovatif yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya oleh perusahaan.

2. Perusahaan perlu tenaga ekstra. Kadang-kadang perusahaan punya proyek penting, tapi tidak memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan fokus pada permasalahan di proyek. Namun mempekerjakan karyawan baru untuk proyek yang hanya sesekali dalam kurun waktu tertentu dapat memberatkan anggaran perusahaan. Dalam kasus seperti ini, konsultan pada dasarnya akan berfungsi sebagai karyawan sementara yang sangat terampil.

3. Perusahaan perlu keahlian khusus. Dengan menyewa jasa perusahaan konsultansi, perusahaan mendapatkan akses ke keahlian khusus, sekelompok profesional yang memiliki keterampilan dan sangat terspesialisasi, yang mungkin tidak tersedia di perusahaan itu sendiri. Biaya sewanya bisa jadi mahal, namun perusahaan mungkin tidak punya cukup pekerjaan untuk membuat karyawan sibuk sepanjang tahun. Berkat konsultan, perusahaan dapat membawa keterampilan konsultan sesuai permintaan saat mereka membutuhkannya.

4. Perusahaan ingin berada di zona aman. Ingat karakter yang diperankan George Clooney dalam film Up in the Air? Clooney memerankan konsultan yang berkeliling Amerika untuk memutuskan hubungan kerja karyawan dengan perusahaan yang menjadi kliennya. Hal-hal seperti PHK sensitif, sehingga perusahaan perlu mengambil keputusan tanpa belitan emosi. Begitu pula ketika mengerjakan proyek-proyek yang kontroversial, jasa konsultan seringkali diperlukan untuk menghindari tekanan politis, misalnya.

 

Mentoring

pengertian mentoring pdf

Mentoring bisa dilakukan atas inistiatif perusahaan, maupun individu (karyawan). Ada manajemen perusahaan yang rutin memasangkan karyawan senior tertentu di perusahaan dengan karyawan yang lebih junior untuk memberikan bimbingan karir. Ada juga karyawan yang dengan kesadaran sendiri meminta ijin dan kesediaan seniornya untuk mengajarkan pengetahuan dan pengalamannya di bidang tertentu.

Mengapa karyawan perlu mentor?

1. Mentor yang baik akan membantu karyawan mencapai target yang terukur. Tanpa itu, karyawan akan cenderung stagnan atau bahkan mengalami kemunduran.

2. Mentor yang baik tidak akan membuat karyawan puas dan berpuas diri. Mentor hebat selalu memberikan tantangan bagi karyawan bimbingannya. Ini perlu agar karyawan terus bergerak maju dan mencapai kesuksesan baru.

3. Mentor yang baik akan membagi pengalaman pribadinya yang menginspirasi dan memotivasi karyawan bimbingannya. Karyawan juga dapat menggunakan pengalaman sang mentor agar terhindar dari kesalahan yang pernah dibuat di masa lalu.

Yang mana yang paling dibutuhkan karyawan? Tentu saja ketiganya diperlukan oleh karyawan, untuk membantu meningkatkan kinerja serta karier mereka. Sebuah perusahaan yang baik tentu akan mengusahakan yang terbaik demi kebaikan seluruh karyawannya.

Tentu saja, yang mana yang harus menjadi prioritas, semuanya tergantung kebutuhan perusahaan. Yang perlu diperhatikan adalah memilih provider coaching, consulting, dan mentoring yang bonafid dan dapat dipercaya.

Salah satu provider coaching, consulting, dan mentoring yang dapat diandalkan oleh perusahaan Anda adalah Presenta Edu. Dengan materi pelatihan yang mudah dipahami dan applicable, karyawan Anda akan mendapatkan ilmu yang diperlukan untuk meningkatkan karier mereka, juga memberikan keuntungan untuk perusahaan.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG
  •  
    3
    Shares
  • 3
  •  
  •  
  •