Kurikulum Pelatihan Karyawan, Definisi dan Contohnya

Kurikulum pelatihan adalah sekumpulan materi yang dipakai sebagai acuan pembelajaran, juga metode yang digunakan, serta didesain untuk mencapai tujuan program pelatihan.  Berdasarkan definisi kurikulum pelatihan tersebut, berarti suatu pelatihan harus dapat mencapai tujuannya, yaitu menghasilkan karyawan yang lebih kompeten.

Contoh metode dalam kurikulum atau silabus pelatihan yang biasa digunakan antara lain:

  • On the job training atau program pelatihan untuk karyawan baru dengan memberikan langsung pekerjaan yang menjadi tugasnya dan diarahkan oleh penyelia perusahaan.
  • Demonstrasi, di mana manajer atau leader tim kerja mencontohkan langsung bagaimana mengerjakan suatu tugas dengan benar.
  • Ruang kelas, di mana pelatihan dilakukan dalam suatu kelas atau ruangan tertentu dan transfer ilmu dari trainer ke peserta menjadi lebih fokus.

Adapun kurikulum pelatihan berbasis kompetensi adalah kurikulum dengan tujuan spesifik agar peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan dan keahlian-keahlian khusus yang mereka butuhkan dalam pekerjaan. Contoh kurikulum pelatihan berbasis kompetensi antara lain kurikulum pelatihan manajer. Materi-materinya bisa berupa teknik mendelegasikan pekerjaan, memotivasi tim kerja, atau berkomunikasi dengan efektif.

Jenis kurikulum pelatihan bagi karyawan yang bisa dipilih oleh perusahaan tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Banyak sekali contoh materi untuk kurikulum pelatihan karyawan ini. Untuk kurikulum pelatihan karyawan baru, misalnya ada:

Pelatihan mengenai wawasan perusahaan

Oleh karena tujuan pelatihan ini adalah untuk membantu karyawan baru lekas beradaptasi dengan lingkungan kerjanya, materi dalam kurikulum pelatihan lebih mengupas soal kondisi lingkungan kerja, jam kerja, peraturan perusahaan, dan juga budaya perusahaan.

Pelatihan mengenai 5R dan K3

Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin (5R), serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah pedoman karyawan dalam bekerja. Materi-materi yang diberikan seputar pemahaman mengenai prosedur 5R dan K3, sehingga dapat bekerja dengan baik, lancar, serta terhindarkan dari kecelakaan kerja.

Pelatihan mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP)

Materi dalam kurikulum pelatihan ini terkait dengan instruksi kerja, langkah demi langkah berurutan, sesuai dengan area dan batasan tanggung jawabnya.

Pelatihan mengenai continous improvement

Sesuai dengan namanya, pelatihan ini menekankan pada perbaikan atau peningkatan kualitas. Contoh materi dalam silabus pelatihannya dapat berupa program pengumpulan gagasan-gagasan perbaikan dari karyawan dan bagaimana mewujudkannya, dan bagaimana karyawan mendapatkan penghargaan dari situ.

Anda dapat mengunduh contoh-contoh materi silabus pelatihan karyawan yang ada di website Presenta Edu. (*)





Scroll to Top