Pelatihan Coaching Skills untuk Menjadi Leader Efektif

Banyak cara dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, di antaranya lewat pelatihan coaching skills. Training coaching skills membantu karyawan mengembangkan sumber dayanya dengan optimal, sehingga mampu menyelesaikan tugas dengan lebih baik.

Coaching adalah metode pengembangan karyawan dengan cara transfer ilmu, memberikan bimbingan, dan memberikan petunjuk atau pengarahan kepada individu atau kelompok agar mereka mendapatkan keahlian baru.

Dalam pelatihan menjadi coach, dikenal istilah leader as coach. Istilah ini muncul bersama dengan bergesernya fungsi leader atau pemimpin, yang bukan lagi sekedar pemberi perintah, namun juga mampu menjadi contoh, pembimbing, bahkan teman bagi calon-calon leader di bawahnya.

Pelatihan-pelatihan coaching Indonesia sudah banyak yang menerapkan leader as coach sebagai salah satu programnya. Ini dikarenakan makin banyak pemimpin atau leader di perusahaan yang semakin menyadari pentingnya menguasai coaching skills untuk mencapai kinerja individu dan perusahaan yang lebih baik. Skill ini bahkan tergolong wajib dimiliki leader masa kini.

Jadi jelas dari penjelasan-penjelasan di atas, bahwa tujuan coaching adalah untuk mendukung pembelajaran karyawan dalam mencapai tujuan personal, maupun perusahaan.

Ketika mengikuti program leadership development, seorang leader akan diberikan teknik-teknik dan prinsip coaching agar mampu mengelola timnya dengan lebih efektif. Melalui beberapa contoh kasus coaching karyawan, leader dihadapkan pada gambaran nyata. Dari situ, mereka dapat menganalisa kekuatan dan kelemahan dari tim yang dipimpinnya untuk membangun tim yang lebih kokoh.

Pelatihan coaching skills juga mulai banyak melibatkan NLP practitioner atau praktisi NLP. NLP sendiri adalah singkatan dari Neuro-Linguistic Programming, yakni sebuah pendekatan komunikasi, pengembangan pribadi, dan psikoterapi. NLP practitioner memanfaatkan hubungan antara proses neurologis (saraf), linguistik (bahasa), dan pola perilaku yang dipelajari melalui pengalaman.

Dalam pelatihan coaching skills, NLP practitioner mengubah hubungan ini untuk mencapai tujuan tertentu, baik tujuan pribadi, maupun tujuan perusahaan atau organisasi.

Untuk dapat melakukan coaching yang efektif, ada baiknya Anda sebagai leader belajar ilmu coaching. Ambillah pelatihan coaching skills dari lembaga penyedia training profesional. Menjadi coach yang baik adalah investasi bagus, baik bagi Anda secara pribadi sebagai pemimpin, tim yang Anda pimpin, maupun perusahaan. (*)





Scroll to Top