Jabatan pertama sebagai seorang manajer biasanya adalah menjadi supervisor. Jika Anda diangkat menjadi seorang supervisor, artinya Anda sudah ada di tangga pertama tingkat manajerial. Menjadi supervisor berarti membutuhkan keterampilan seorang manajer.

Oleh karena itu, training supervisory skill atau pelatihan supervisor menjadi salah satu pelatihan yang penting untuk diikuti. Training supervisory skill adalah salah satu jenis pelatihan karyawan yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan. Tujuannya tentu saja adalah mempersiapkan karyawannya untuk bisa menjadi seorang manajer yang andal, demi kemajuan dan perkembangan perusahaan.

Pentingnya Pelatihan Supervisor Bagi Karyawan

manfaat training supervisory untuk karyawan

Saat Anda diangkat menjadi seorang supervisor, tentu Anda merasa senang dan bangga. Artinya, perusahaan tempat Anda bekerja mempercayai kinerja dan kompetensi Anda.

Sayangnya, tidak sedikit dari karyawan yang diangkat menjadi supervisor, yang belum menyadari bahwa dirinya kini adalah seorang manajer. Mereka masih bersikap sebagai seorang ‘karyawan biasa’. Mereka hanya fokus pada pekerjaannya sendiri.

Padahal, karena seorang supervisor adalah seorang manajer, maka Anda juga harus bersikap dan bertindak sebagai seorang manajer. Meskipun ada pekerjaan khusus yang harus Anda kerjakan, Anda juga harus mulai memperhatikan anak buah atau bawahan Anda. Anda harus bisa meng-handle anak buah yang beragam karakteristik, pola pikir, dan kemampuannya. Anda juga harus bisa memotivasi dan menunjukkan keteladanan yang baik untuk mereka.

Salah satu yang sering tidak diperhatikan oleh para manajer baru adalah soal waktu. Sebagai staf, Anda mungkin sudah terbiasa mengerjakan pekerjaan sesuai dengan arahan atasan. Anda juga hanya bertanggung jawab terhadap pekerjaan Anda sendiri. Sebagai supervisor, tentu hal itu tidak bisa lagi Anda lakukan.

Anda harus benar-benar membagi waktu dengan baik. Selain bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri, Anda juga bertanggung jawab terhadap kinerja dan hasil kerja anggota tim Anda.

Hal itulah yang sering membuat para supervisor baru kelabakan. Mereka masih belum bisa membagi waktu dengan baik, antara menyelesaikan pekerjaan atau tanggung jawabnya sendiri dan memperhatikan kinerja anggota timnya. Ada yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sendiri, sehingga tidak sempat memperhatikan kinerja anak buah. Ada juga yang terlalu sibuk dengan kinerja bawahannya, sehingga pekerjaannya sendiri terbengkalai.

Hal itu tentu tidak akan terjadi jika para supervisor baru itu telah mendapatkan pelatihan supervisor atau training supervisory skill sebelumnya. Dengan mengikuti pelatihan supervisor, para manajer baru itu tentu tidak akan ‘kaget’ dengan tugas barunya. Mereka akan memahami tanggung jawab yang harus diembannya sebelum benar-benar menduduki posisi tersebut. Jadi, mereka akan benar-benar mempersiapkan dirinya untuk bisa menjadi seorang manajer yang bisa diandalkan.

Pemahaman yang Diberikan Dalam Training Supervisory Skill

training supervisory jakarta bandung indonesia

Dengan mengikuti pelatihan supervisor atau training supervisory skill, Anda akan mendapatkan bekal berupa keahlian atau keterampilan dasar untuk melakukan supervisi dan tugas-tugas manajerial lainnya, seperti melakukan analisa masalah, mengambil keputusan, melakukan perencanaan, kepemimpinan, serta berkomunikasi dengan anak buah, sesama manajer, dan atasan.

Dengan menjadi supervisor, maka Anda harus benar-benar memanfaatkan kinerja tim untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Dengan menjadi manajer, maka tanggung jawab Anda akan semakin besar.

Selain bertanggung jawab terhadap diri sendiri, Anda juga punya tanggung jawab terhadap anggota tim Anda. Selain harus terus mengembangkan diri sendiri, Anda juga harus bisa mengembangkan anak buah agar mereka juga bisa menjadi lebih baik.

Setidaknya, ada empat hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh seorang supervisor, yaitu:

1. Dapat mengelola semua pekerjaan dengan baik, yaitu mengelola kinerja diri sendiri dan kinerja tim. sesuai dengan kebijakan dan target perusahaan

2. Dapat mengelola diri sendiri, sehingga bisa menjadi seorang supervisor atau manajer yang efektif dan dapat diandalkan, baik oleh anak buah maupun oleh perusahaan

3. Dapat mengelola anggota tim yang beragam karakteristiknya

4. Dapat mengelola prioritas, rencana, sampai dengan evaluasi kerja

Salah satu tempat yang dapat memberikan pelatihan supervisor atau training supervisory skill, khususnya di Jakarta, adalah Presenta Edu. Dengan pengalaman sebagai seorang manajer di perusahaan-perusahaan ternama internasional, para trainer dari Presenta Edu akan memberikan materi pelatihan yang praktis, sistematis, dan aplikatif. Dengan begitu, materi tersebut akan lebih mudah dipahami dan diaplikasikan setelah Anda kembali ke tempat kerja.

Anda akan mendapatkan pengantar berupa pemahaman mengenai landasan utama seorang manajer dan pemimpin dan bagaimana mengelola tim secara efektif, sehingga tim kerja Anda dapat memenuhi target dari perusahaan.

Selain materi, pelatihan supervisor dari Presenta Edu juga dilengkapi dengan praktek yang mirip dengan kejadian yang sering dialami di tempat kerja. Jadi, Anda juga akan diajak untuk berusaha mengatasi masalah yang ada. Dengan begitu, Anda akan lebih siap menjadi seorang supervisor ketika selesai mengikuti pelatihan dan kembali ke tempat kerja.





Download Buku "Essential Skills for New Manager"

Buku yang akan membantu Anda menguasai keterampilan penting
dalam mengelola tim buat seorang manajer. GRATIS!

  •  
    1
    Share
  • 1
  •  
  •  
  •