Manusia adalah makhluk individual, sekaligus sosial. Sebagai makhluk sosial, kita berinteraksi dengan manusia lain. Berkomunikasi.
Komunikasi menjadi bagian habitual dari keseharian kita, termasuk dalam berbisnis. Komunikasi bisnis, seperti layaknya bentuk komunikasi lain, mengandung pertukaran informasi.
Dalam bisnis, proses pertukaran informasi ini tidak hanya terjadi secara internal atau antarindividu di dalam perusahaan atau organisasi, melainkan juga eksternal atau dengan individu, perusahaan, organisasi lain, di luar perusahaan atau organisasi kita.
Komunikasi bisnis menjadi media untuk memperbaiki praktik-praktik organisasional, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi terjadinya kesalahpahaman untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.
Mengapa komunikasi bisnis esensial bagi perusahaan atau organisasi?
Komunikasi bisnis berpengaruh pada sistem, proses, efisiensi, dan setiap lapisan perusahaan atau organisasi. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari komunikasi manajerial sampai dengan komunikasi teknis, misalnya komunikasi dengan vendor. Perusahaan atau organisasi dengan karyawan/anggota organisasi dengan komunikasi yang efektif memiliki tingkat produktivitas bisnis yang tinggi. Mereka saling terhubung, mengetahui apa yang dibutuhkan tim atau anggota tim yang lain untuk sama-sama mencapai tujuan perusahaan organisasi. Lebih jelasnya, inilah alasan-alasan mengapa komunikasi bisnis yang efektif penting bagi perusahaan/organisasi:-
Memungkinkan terjadinya kolaborasi
-
Menarik pelanggan/klien baru dan mempertahankan yang sudah ada
-
Memperkuat kemitraan
-
Membuka ruang inovasi
Pentingnya skill komunikasi bisnis bagi karyawan atau anggota organisasi
Komunikasi merupakan landasan bagi kerja tim dan kepemimpinan yang baik. Agar berhasil dalam bisnis, Anda harus mampu mengomunikasikan ide-ide Anda dengan jelas kepada orang lain. Dunia bisnis saat ini menjadi lebih kompleks dari sebelumnya. Oleh karena itu, skill komunikasi bisnis menjadi semakin penting untuk dikuasai. Perusahaan atau organisasi mencari calon-calon SDM dengan kemampuan komunikasi yang baik, sehingga mereka dapat berfungsi baik pula dalam dunia bisnis yang semakin kompleks ini. Berikut ini adalah sejumlah skill dalam komunikasi bisnis yang sebaiknya dikuasai setiap profesional:-
Mendengarkan secara aktif
-
Kemampuan verbal
-
Melakukan presentasi bisnis dan public speaking
-
Bernegosiasi
-
Kemampuan menjual
Trackbacks/Pingbacks