Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Manfaat Public Speaking – Public speaking adalah kemampuan berbicara di depan umum atau banyak orang. Biasanya, kemampuan public speaking diidentikkan dengan kemampuan untuk orang-orang yang memang harus selalu berbicara di depan umum, seperti MC, juru kampanye, atau pembaca berita. Jadi, mereka yang bidang pekerjaannya tidak masuk ke dalam kategori itu, sering merasa tidak perlu untuk mempelajari public speaking.

Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Bahkan, profesi apapun itu membutuhkan manfaat public speaking.Walaupun tidak memerlukan ilmu public speaking secara mendalam, namun setidaknya menguasai dasar-dasarnya.

Mengapa kemampuan public speaking sangat penting? Karena setiap orang akan selalu berinteraksi dengan orang lain. Dengan mengetahui kemampuan public speaking, kita dapat menjalin interaksi tersebut dengan lebih baik.

Manfaat Public Speaking yang Sering Tidak Kita Sadari

Manfaat Public Speaking yang Sering Tidak Kita Sadari_art

Mungkin di antara kita pernah bertemu atau mengenal orang yang terlihat biasa saja, tapi bisa memiliki karier yang cukup tinggi. Atau seseorang yang bisa memiliki bisnis yang cukup sukses. Percaya atau tidak, hal ini bisa terjadi karena orang tersebut memiliki kemampuan public speaking yang sangat baik.

Kemampuan public speaking tidak hanya berguna bagi orang-orang yang bidang pekerjaannya mengharuskan dia selalu berada di atas panggung dan berbicara di hadapan puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang. Kemampuan public speaking juga sangat berguna bagi orang-orang yang mungkin hanya perlu bertemu satu atau dua orang saja setiap hari, atau setiap minggu.

Begitu pentingnya kemampuan public speaking ini, sampai seorang Mark Zuckerberg pun rela untuk mempelajarinya secara khusus. Sebagaimana kita ketahui bersama, pembuat situs pertemanan Facebook ini kini menjadi salah satu orang tersukses dan terkaya di dunia.

Ada beberapa manfaat public speaking yang selama ini masih kurang disadari oleh banyak orang, seperti:

  • Memupuk rasa percaya diri

Rasa percaya diri yang prima tidak hanya diperlukan untuk berbicara di depan khalayak umum. Rasa percaya diri juga sangat diperlukan ketika kita sedang berbicara dengan satu orang saja.

Misalnya kita harus bertemu dengan salah satu calon investor atau manajer yang dapat membantu usaha atau karier kita. Jika kita tidak memiliki rasa percaya diri yang prima, maka kita tidak akan dapat menghadapi orang tersebut dengan baik. Kita akan gugup dan tidak bisa mengatakan apa yang harus dikatakan dengan baik. Hal ini tentu akan menghambat usaha atau kemajuan karier kita.

Bayangkan jika Mark Zuckerberg tidak mempelajari kemampuan public speaking ini. Dia tentu tidak akan bisa meyakinkan investor untuk mengembangkan aplikasinya. Dia juga tidak akan bisa berbicara dengan wartawan dengan baik. Pada akhirnya, Facebook tidak akan menjadi besar seperti sekarang, jika Mark tidak memiliki rasa percaya diri yang baik.

Rasa percaya diri adalah hal yang paling diperlukan dalam public speaking. Jadi, jika kita mempelajari public speaking, kita juga akan belajar untuk memupuk rasa percaya diri kita.

  • Membuat orang lain senang mendengarkan kita

Setelah percaya diri, hal penting lain yang dibutuhkan dalam public speaking adalah kemampuan berbicara atau berkomunikasi yang baik. Yang termasuk kemampuan berkomunikasi ini adalah cara bicara, pemilihan kata atau kalimat yang tepat, sampai menggunakan body language yang sesuai.

Kalau kita berbicara dengan orang yang seperti itu, tentu kita juga akan senang mendengarkannya, kan? Dengan gaya bicara dan pemilihan kata yang tepat, kita bisa membantu diri sendiri untuk maju. Calon investor akan tertarik, manajer juga akan tertarik untuk mempromosikan kita. Usaha atau karier kita bisa berkembang.

  • Membuat nilai kita semakin bertambah

Seorang Steve Jobs tidak akan menjadi populer dan produknya tidak akan mendunia seperti sekarang, jika mendiang semasa hidupnya tidak memiliki kemampuan public speaking. Dengan kemampuan tersebut, Jobs dapat mempresentasikan produk-produknya dengan sangat ciamik, sehingga orang merasa perlu untuk memilikinya. Produknyapun laris terjual.

Bayangkan jika kita bisa seperti mendiang Steve Jobs. Kita bisa selalu tampil meyakinkan sehingga karier atau usaha kita berjalan dengan baik. Kita tidak akan menjadi ‘kita’ yang dulu lagi, tapi akan menjadi orang yang memiliki peran. Tentu saja harus dalam konteks yang positif.

  • Membantu kita untuk berpikir lebih kritis

Memilih kata atau kalimat yang tepat untuk diucapkan memang tidak mudah. Hal itu akan membuat otak kita bekerja lebih aktif. Secara tidak langsung, hal itu akan merangsang otak kita untuk berpikir lebih kritis.

Jika kita mampu untuk berpikir kritis, kita tentu tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri. Bahkan, kita bisa berpikir untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

  • Membantu meningkatkan kemampuan leadership

Kemampuan public speaking secara tidak langsung dapat membantu kita untuk berkomunikasi sesuai dengan latar belakang kawan bicara kita. Hal ini adalah kemampuan yang sangat diperlukan bagi seorang pemimpin.

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat berkomunikasi dengan cara yang berbeda-beda, sesuai dengan orang yang diajak berbicara. Coba perhatikan manajer Anda di kantor. Caranya berkomunikasi dengan Anda tentu akan berbeda dengan caranya berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini karena dia sudah mempelajari karakteristik masing-masing anggota timnya. Jadi, dia akan berkomunikasi sesuai dengan masing-masing karakter itu, sehingga semua orang akan mengerti pada yang dia katakan.

Itulah beberapa kemampuan public speaking yang sering tidak disadari oleh banyak orang. Oleh karena itu sebelum terlambat, sebaiknya kita mulai mempelajari kemampuan tersebut.

Kita bisa mendapatkan pelatihan public speaking di perusahaan yang menyediakan jasa pelatihan public speaking yang kompeten.

Jangan sampai salah pilih ya!