Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Public speaking atau keahlian berbicara di depan publik tak hanya mampu mempertebal kepercayaan diri seseorang, melainkan juga dapat membuka pintu-pintu kesempatan. Untuk menjadi public speaker yang baik, seseorang akan membutuhkan training public speaking terbaik.

Public speaking adalah proses berbicara kepada sekelompok orang dengan cara yang lebih terstruktur dan bertujuan memberikan informasi, mempengaruhi, atau menghibur sekelompok orang yang menjadi pendengarnya (audiens).

Jadi, public speaking perlu lebih direncanakan dan dikemas dengan baik daripada percakapan biasa. Karena tulah dibutuhkan keterampilan dan provider training public speaking terbaik dapat membantu Anda mengasah keterampilan ini.

Banyak sekali provider training di luaran sana. Agar tak salah pilih, kita harus jeli dan memahami cara memilih provider training public speaking terbaik.

 

Alasan pentingnya training public speaking

Sudah kita singgung sedikit di atas, mengapa public speaking butuh training. Kalau tidak yakin dengan kemampuan Anda sendiri, jangan ragu untuk mengikuti kelas-kelas training public speaking.

Ada orang-orang tertentu yang beranggapan, kemampuan berbicara di depan umum sudah ada dalam diri kita masing-masing dan mengikuti training hanyalah membuang-buang uang.

Namun sesungguhnya kepercayaan diri dan kemampuan seseoranglah yang perlu diasah, bukan cara-cara atau teknik public speaking itu sendiri.

Setidaknya ada lima alasan mengapa training public speaking menjadi penting:

1. Menyediakan sistem dan ruang untuk latihan

training public speaking dengan sistem terbaik_art

Sudah sering kita dengar pepatah ‘latihan membuat sempurna’. Provider training public speaking memungkinkan Anda untuk berlatih dan terus berlatih langsung di hadapan audiens. Hal ini mungkin tidak Anda dapatkan di rumah, ketika Anda hanya bisa berlatih di depan cermin atau di hadapan satu-dua orang anggota keluarga Anda.

Sebagian besar program training di kelas menyediakan kebutuhan ini dan pada akhirnya Anda akan merasa nyaman untuk berbicara di depan audiens yang sebenarnya, ketika waktunya tiba.

2. Mengurangi rasa takut

Semua orang pasti mengalami demam panggung, tak terkecuali mereka yang sudah sangat sering bicara di depan orang banyak. Demam panggung dialami ketika seseorang panik melihat perhatian banyak orang tertuju hanya kepada dirinya. Dia menjadi takut dan tidak nyaman untuk berbicara di hadapan kerumunan banyak orang.

Provider training public speaking terbaik akan memberikan Anda panduan dan trik-trik untuk menghadapi demam panggung ini. Semua langsung dipraktikkan di kelas dan Anda bisa menilai sendiri kemanjurannya. Dengan seringnya praktik bicara langsung di hadapan audiens di kelas pun, perlahan akan mengurangi rasa takut ini.

Provider training public speaking terbaik akan membantu Anda menghilangkan rasa takut bicara di depan orang banyak secara efektif. Malah, hal ini merupakan komponen paling penting dalam training mereka.

Ketika peserta training public speaking sudah mampu menguasai ketakutannya, dia akan dapat berbicara atau berpidato dengan lebih efektif, stabil, dan yakin akan kemampuan mereka.

3. Membantu mengembangkan gaya personal

pelatihan public speaking agar punya ciri khas_art

Trainer yang profesional dan punya jam terbang tinggi akan mampu mengenali gaya khas seseorang yang bisa dikembangkan agar tampil lebih menarik dalam public speaking. Inilah bagian terbaik dengan mengikuti kelas dari provider training public speaking.

Keunikan kualitas pribadi, karakteristik, dan kemampuan kita akan dieksplorasi dan diasah sampai kita bisa memanfaatkan itu semua untuk memiliki sesuatu yang hanya kita sendiri yang punya. Keeksklusifan ini dapat kita gunakan sebagai kelebihan kita.

Provider training public speaking terbaik akan lebih cenderung meminta peserta training mengeluarkan gaya khas masing-masing, alih-alih meniru public speaker ternama, misalnya. Trainer akan membantu kita membangun gaya khas yang sama sekali baru dan menjadi ciri khas kita.

4. Membantu membangun rasa percaya diri

Kepercayaan diri adalah landasan bagi seseorang untuk bisa tampil baik dan efektif selama berbicara di hadapan audiens. Provider training public speaking terbaik dapat meningkatkan keahlian khusus kita untuk membangun rasa percaya diri itu.

Misalnya, kita punya keahlian atau kelebihan dalam menyampaikan seloroh atau gurauan, trainer akan membantu kita bagaimana memasukkan unsur humor dalam public speaking.

Bagaimana menakarnya dengan pas agar tidak mengganggu kualitas atau isi pesan yang hendak kita sampaikan dan justru pesan akan semakin mudah diterima audiens.

5. Membantu Anda mengenali hal-hal kecil lainnya, namun penting

training public speaking dengan trainer berpengalaman_art

Provider training public speaking terbaik memiliki trainer dengan pengalaman menyampaikan public speaking yang panjang. Dari pengalaman itu, dia bisa tahu, bagaimana menciptakan kesan pertama yang langsung menarik perhatian audiens. Dia tahu kapan harus berhenti, menyelipkan humor, atau berinteraksi dengan satu atau dua orang audiens agar suasana tidak monoton. Dia juga mampu mengenali kesalahan-kesalahan kecil yang dapat berakibat buruk pada public speaking.

Dia akan menransfer pengalaman-pengalaman itu, eksklusif kepada peserta di kelasnya.

Nah, setelah kita tahu alasan pentingnya memanfaatkan kelas-kelas dari provider training public speaking, lalu bagaimana caranya memilih yang terbaik di antara mereka?

Kita memang harus berhati-hati dalam memilih provider training public speaking yang mengintegrasikan semua alasan di atas.

Ada beberapa pijakan yang dapat Anda ambil sebagai dasar memilih provider training public speaking terbaik ini:

1. Jenis kelas public speaking

jenis kelas public speaking_art

Sebelum mulai memilih, pahami dulu kebutuhan kita, mana yang hendak kita perdalam. Apakah kita ingin piawai dalam public speaking di kantor atau perusahaan saja ataukah menjadi pembicara professional?

Ada beberapa jenis kelas public speaking, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya:

  • Kelas berbicara profesional

Ini adalah kelas public speaking yang banyak diikuti. Jenis kelas seperti ini memungkinkan Anda menjadi pembicara yang lebih baik dalam situasi profesional.

  • Kelas berbicara motivasi

Kelas seperti ini hanya Anda ikuti kalau memang ingin memulai karir sebagai pembicara motivasi. Bisa juga Anda mengambil kelas, jika posisi Anda di kantor mengharuskan Anda untuk selalu mendorong, memotivasi, atau menginspirasi karyawan dan Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari hal itu.

  • Kelas berbicara korporat/eksekutif

Sering mendapatkan kesempatan untuk bicara di hadapan audiens dari jajaran eksekutif perusahaan? Kalau ya, maka inilah kelas yang sesuai untuk Anda. Menyampaikan presentasi di hadapan para eksekutif tentu membutuhkan keterampilan berbeda dibandingkan bicara di depan mereka yang berasal dari latar belakang lebih umum.

2. Kelas offline atau online

training public speaking online terbaik_art

Kelas offline atau tatap muka, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara secara lansgung di hadapan audiens, yang sama-sama peserta kelas yang Anda ikuti. Ini adalah manfaat terbesar dari kelas offline.

Namun jika situasinya tidak memungkinkan, di mana Anda tidak menemukan kelas offline di kota Anda atau ada, namun kualitasnya tidak sebagus yang Anda harapkan, maka kelas online bisa menjadi pilihan.

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Saat ini, sudah semakin banyak kelas public speaking online dan provider training public speaking terbaik akan merancang kelas online-nya dengan meniru pengalaman kelas offline atau tatap muka, sehingga Anda juga dapat mengambil manfaat yang sama dengan kelas offline.

3. Kualitas trainer

trainer public speaking terbaik_art

Ada beberapa hal yang bisa Anda lihat dalam kulitas seorang trainer, misalnya:

– Apakah trainer punya pengalaman dalam public speaking? Kalau ya, bagaiman arekam jejaknya selama itu? Kalau trainer Anda tidak punya pengalaman bagaimana membuat kesan pertama yang memikat saat melakukan public speaking, apa manfaatnya bagi Anda?

– Apakah trainer menghargai kualitas pribadi peserta trainingnya? Hindari trainer yang memiliki pendekatan “cara saya”. Trainer terbaik justru berusaha menemukan dan menggali kelebihan orang yang dia latih, sehingga muncul keunikan dan gaya masing-masing.

– Apakah trainer senang membagikan trik dan panduan berdasarkan pengalamannya? Hindari trainer yang pelit berbagi.

– Apakah trainer mengajarkan Anda untuk bercerita? Ini penting karena Ketika kita terampil bercerita runut, presentasi yang kita lakukan pun akan terdengar nyaman dan mudah diikuti.

– Apakah trainer juga melatih keterampilan Anda memanfaatkan instrumen, seperti mikrofon dan slide presentasi? Keterampilan ini sama pentingnya dengan melatih suara, bahasa tubuh, dan sebagainya.

Cara memilih provider training public speaking ini memang susah-susah gampang. Anda juga perlu memiliki banyak referensi informasi, sehingga dapat menjatuhkan pilihan kepada provider training yang benar-benar berkualitas. (*)