Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Apa atau siapakah yang menjadi aset penting dalam suatu perusahaan? Tentu saja sumber daya manusianya atau karyawan. Bisa dikatakan kesuksesan perusahaan berbanding lurus dengan kualitas kerja karyawannya. Semakin karyawan cerdas dan selalu termotivasi untuk memberikan upaya terbaiknya, semakin tinggi juga performa perusahaan. Demikian pula dengan kemampuan karyawan menjaga kekompakan untuk bekerja sama dan komunikasi dengan tim kerja mereka.

Di sinilah kita memerlukan pelatihan atau training team building. Team building adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk membuat sekelompok orang bekerja sama dengan lebih efektif sebagai sebuah tim, termotivasi, dan mendorong kerja sama. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan bakat, kemampuan, dan kreativitas anggota kelompok yang difokuskan pada pencapaian tujuan bersama.

Pengertian team building menurut para ahli dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan antara anggota kelompok dan mengatasi hambatan untuk mencapai tujuan bersama. Sementara pengertian team building dalam organisasi atau perusahaan mengandung makna, bahwa sebetulnya team building adalah juga teknik mengelola karyawan, namun dilakukan di luar jam kerja. Biasanya juga melibatkan jasa trainer team building profesional, yang kompeten dan bersertifikat, agar tujuan pelatihan team building tercapai.

Jangan salah, ada perbedaan mendasar dalam pengertian team building dan teamwork. Team building lebih menitikberatkan pada pembentukan atau formasi kelompok dan berfokus pada peningkatan kekompakan, produktivitas, serta efisiensi anggota kelompok pada saat mereka bekerja bersama. Sementara teamwork berkonsentrasi pada fungsi kelompok dan merupakan hasil dari kerja sama kelompok yang baik. Cukup jelas, ya, perbedaannya?

Keberhasilan sebuah program pelatihan team building amat tergantung pada kompetensi trainer team building atau kualitas provider training team building. Nah, bagaimana caranya memilih pelatihan atau trainer team building yang tepat? Apa saja yang harus kita perhatikan ketika hendak mendaftarkan tim kita mengikuti training team building?

Nah, sebelum mulai memilih provider training team building, ada baiknya perusahaan atau divisi yang mengelola sumber daya manusia punya visi atau tujuan yang jelas tentang apa yang ingin diraih perusahaan dari kegiatan team building. Semakin jelas kebutuhan perusahaan, semakin mudah pula kita membidik provider training team building yang tepat.

Setidaknya ada tiga hal yang bisa dijadikan pegangan oleh perusahaan dalam mencari provider training team building ini. Mari kita simak satu per satu:

1. Sumber daya provider training team building

vendor training team building terbaik di indonesia_art

Coba perhatikan atau cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai sumber daya yang dipakai si provider. Bagaimana kemampuan mereka, kompetensi trainer, fasilitator, dan sumber daya lainnya? Mampukah mereka mengakomodasi jumlah peserta dari perusahaan Anda, juga kebutuhan perusahaan Anda? Aktivitas team building apa saja yang mereka tawarkan, cocokkah dengan apa yang Anda butuhkan?

 

2. Ada komunikasi yang baik atau kemistri

vendor training team building dengan traininer terbaik_art

Saat mulai membicarakan kebutuhan training team building karyawan kepada calon provider, perhatikan bagaimana mereka merespons permintaan-permintaan Anda. Apakah kelihatannya mereka responsif dan memahami kebutuhan itu? Efisienkah mereka? Fleksibelkah program-program yang mereka miliki dengan kebutuhan spesifik perusahaan Anda?

 

3. Pelajari rekam jejak mereka

mengetahui rekam jejak vendor training_art

Provider training team building yang bagus pastilah punya rekam jejak yang panjang, dengan klien-klien ternama. Sebelum Anda memutuskan memilih provider, cek dulu pengalaman perusahaan lain, misalnya perusahaan teman-teman Anda, yang pernah menggunakan jasa provider training team building yang dimaksud. Atau dapat juga mempelajari testimonial yang dimuat dalam situs mereka, jika ada.

Provider juga harus mengetahui dengan jelas waktu yang perusahaan Anda sediakan untuk pelaksanaan training team building, juga anggaran yang disiapkan untuk itu. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap desain program training team building yang mereka siapkan, terutama jika yang perusahaan Anda butuhkan adalah training team building untuk tujuan-tujuan spesifik, seperti penilaian risiko, pengambilan keputusan, ataupun manajemen krisis.

Jika perlu, sediakan waktu untuk wawancara khusus dengan calon provider training team building ini. Perusahaan Anda akan melakukan investasi yang besar dengan mengadakan training team building, sehingga segala sesuatunya haruslah direncanakan dengan hati-hati.

Saat ini, sudah cukup banyak berdiri provider training team building di Indonesia. Salah satu yang terbaik adalah Presenta Edu. Masing-masing memiliki program andalan. Anda yang sedang mencari provider training team building di Jakarta, dapat menyimak informasi selengkapnya melalui tautan ini. (*)