Sebuah tim kerja yang produktif adalah tim kerja yang di antara masing-masing personilnya terjalin kekompakan. Jika anggota tim kerja sudah kompak, maka semua akan bahu-membahu untuk memberikan kinerja terbaiknya, demi produktivitas dan kemajuan tim kerja. Jadi, tak heran jika hampir semua perusahaan selalu berusaha melakukan berbagai hal demi menjaga dan meningkatkan kekompakan di antara para karyawannya.

Kekompakan tim juga sangat penting bagi kinerja masing-masing anggota. Jika tim kerja kompak, maka potensi atau talenta yang ada dalam setiap anggota tim dapat muncul dengan maksimal. Sebaliknya, potensi dan bakat ini tidak akan maksimal jika tidak ada kekompakan di dalam tim.

Untuk menjaga dan meningkatkan kekompakan para karyawannya, perusahaan biasanya mengadakan aktivitas team building atau team bonding, misalnya dengan mengadakan outing kantor, baik di Jakarta maupun di kota-kota lainnya.

Aktivitas team building ini sepintas seperti kegiatan untuk bersenang-senang atau sekadar refreshing untuk para karyawan. Padahal, aktivitas team building ini punya banyak manfaat, baik bagi karyawan maupun perusahaan, seperti:

1. Membuat anggota tim jadi lebih saling mengenal

paket team building

Di sebuah perusahaan, apalagi perusahaan besar, tentu memiliki banyak karyawan. Dengan anggota tim yang banyak ini, maka ada kemungkinan masing-masing tidak saling mengenal, atau hanya mengenal sepintas saja.

Padahal, untuk bisa saling bekerja sama dengan baik, maka setiap anggota tim harus mengenal satu sama lain. Jika masing-masing anggota tim saling mengenal, maka akan lebih mudah untuk saling berkomunikasi.

Jika terjalin komunikasi yang baik di antara anggota tim, maka kinerja juga diharapkan akan semakin baik. Dengan komunikasi yang baik, maka dapat dibuat rencana kerja yang win-win solution. Jika ada masalah atau hambatan, maka akan bisa segera dicari jalan keluarnya, agar masalah itu tidak berkembang menjadi konflik yang berkepanjangan.

2. Menumbuhkan rasa percaya

Dengan aktivitas team building, maka setiap karyawan punya kesempatan untuk lebih mengenal rekan kerjanya. Mungkin ada sisi lain dari rekan-rekan kerjanya itu yang selama ini tidak terlihat. Saat aktivitas team building, bisa jadi sisi lain tersebut muncul.

Dengan lebih mengenal rekan kerja, maka hal ini dapat meningkatkan rasa percaya di antara mereka. Jika setiap anggota tim saling memiliki kepercayaan, maka suasana kerja juga dapat menjadi lebih menyenangkan. Hasilnya, kinerja dan produktivitas juga dapat meningkat menjadi lebih baik.

3. Mempererat hubungan

vendor team building Jakarta

Di masa sekarang, banyak karyawan yang bekerja tidak di kantor, tapi di berbagai tempat. Hubungan dengan rekan kerja dilakukan secara jarak jauh, dengan menggunakan internet. Hal ini tentu dapat membuat interaksi di antara karyawan menjadi minim, berbeda dengan jika setiap karyawan bertemu setiap hari di kantor.

Dengan adanya aktivitas team building, maka hal ini dapat lebih mendekatnya hubungan antarkaryawan yang bekerja saling berjauhan ini.

Selain itu, mungkin ada rekan kerja yang selama ini ‘kurang bersuara’ di kantor. Mungkin karena dia adalah pribadi yang pendiam, terlalu sibuk dengan pekerjaannya, atau memang karena dia memiliki kelemahan dalam komunikasi verbal.

EO aktivitas team building di Jakarta biasanya akan menyajikan aktivitas-aktivitas permainan yang mendukung hal ini. Dengan aktivitas team building, maka setiap karyawan akan ‘dipaksa untuk bersuara’. Semua akan ditantang untuk berani berbicara melalui permainan atau games yang dilakukan pada saat aktivitas team building.

Selain diajak untuk berani mengungkapkan pendapat, aktivitas team building juga akan membuat para karyawan semakin dekat satu sama lain. Dengan demikian, setiap karyawan dapat merasa lebih nyaman berada di antara rekan-rekannya. Kenyamanan berada di antara rekan kerja adalah salah satu kunci untuk bisa menampilkan kinerja yang optimal.

4. Meningkatkan motivasi dan semangat bekerja sama

Dalam aktivitas team building hampir selalu diisi dengan permainan-permainan yang sifatnya berkompetisi. Selain menyenangkan, permainan-permainan kompetisi itu ternyata punya tujuan tersendiri bagi para karyawan.

Melalui permainan-permainan yang diadakan di aktivitas team building ini, para karyawan diajak untuk meningkatkan rasa percaya diri dan semangatnya untuk bekerja bersama-sama dengan rekan-rekan yang lain. Saat harus berkompetisi dalam permainan itu, para karyawan juga diajak untuk meningkatkan motivasinya.

Usaha untuk meningkatkan semangat dan motivasi, serta rasa percaya diri ini diharapkan akan terus terbawa sampai kegiatan team building ini selesai dan para karyawan kembali ke tempat kerja.

5. Melatih kepemimpinan

EO team building Jakarta

Dalam permainan yang diadakan dalam aktivitas team building, setiap karyawan punya kesempatan untuk menjadi seorang leader atau pemimpin. Melalui kegiatan-kegiatan dalam aktivitas team building, para karyawan bisa mencoba untuk menjadi pemimpin. Lewat permainan, karyawan dapat belajar untuk mengarahkan atau mengatur teman-temannya.

Pengalaman yang diperoleh lewat permainan-permainan dalam aktivitas team building ini diharapkan dapat terbawa sampai ke tempat kerja. Dengan begitu, setiap karyawan dapat memiliki jiwa kepemimpinan, yang dapat sangat berguna bagi kemajuan tim kerja.

Untuk mencapai tujuan-tujuan itu, perusahaan disarankan untuk memilih vendor team building yang dapat menyelenggarakan aktivitas team building yang baik.

Aktivitas-aktivitas yang sebaiknya dilakukan adalah aktivitas yang:

  • Dapat membuat semua peserta berpartisipasi
  • Disesuaikan dengan kepribadian-kepribadian para karyawan yang menjadi peserta
  • Dapat mendorong semangat berkompetisi yang sehat
  • Memiliki unsur pembelajaran
  • Dapat membuat seluruh peserta menjadi pribadi yang lebih berani dan punya jiwa sosial yang lebih tinggi terhadap seluruh rekan kerjanya

Presenta Edu sebagai provider training yang terpercaya menyediakan paket aktivitas team building yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Sebagai salah satu vendor untuk aktivitas team building di Jakarta, Presenta Edu menyediakan para trainer yang berpengalaman, sehingga para karyawan perusahaan Anda akan mendapatkan aktivitas team building yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja mereka.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG
  •  
    14
    Shares
  • 14
  •  
  •  
  •