Sekarang ini, outbond menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak perusahaan. Salah satu tempat yang sering dijadikan lokasi outbond adalah di wilayah Bandung.

Outbond dianggap sebagai salah satu jenis training atau pelatihan yang bermanfaat bagi seluruh karyawan, mulai dari level atas sampai bawah. Dengan outbond, diharapkan agar persatuan dan kekompakan di antara semua level karyawan dapat terjaga.

Saat berada di kantor, semua karyawan akan sibuk dengan diri dan tanggung jawabnya masing-masing. Hal itu membuat interaksi yang terjadi menjadi minim atau begitu-begitu saja. Karyawan level bawah sungkan untuk berinteraksi dengan karyawan yang levelnya berada di atasnya.

Demikian juga sebaliknya, karyawan yang ada di level manajer mungkin akan kurang mau berinteraksi dengan karyawan. Akibatnya, sering terjadi kesenjangan komunikasi di antara para karyawan. Padahal, komunikasi adalah kunci keberhasilan suatu tim kerja.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat kesenjangan komunikasi di antara karyawan itu adalah dengan mengadakan outbond.

Outbond Sangat Penting Bagi Kekompakan Tim Kerja

Dalam kegiatan outbond, biasanya akan diisi dengan beberapa acara permainan atau games yang melibatkan seluruh peserta. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diisi oleh karyawan dari berbagai level dan divisi.

Inilah saatnya kekompakan dan kebersamaan dilatih. Permainan atau games tersebut akan membuat seluruh peserta mau tidak mau harus menuruti aturan. Tidak ada lagi atasan dan bawahan di sini. Bisa jadi yang biasanya menjadi atasan di kantor, maka dalam permainan ini dia harus menurut pada orang yang selama ini menjadi anak buahnya.

Permainan atau games itu tentu tidak asal diadakan. Hal itu untuk mempererat hubungan antarkaryawan. Tujuannya tentu saja memperkuat tim kerja, yang berujung pada peningkatan kinerja perusahaan.

Sebenarnya ada tiga manfaat dalam outbond yang sangat penting, yaitu:

1. Melatih jiwa kepemimpinan

tempat outbond untuk anak tk di bandung

Menjadi pemimpin dalam sebuah tim kerja berarti harus mampu mengelola dan mengatur anggota timnya, agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Jika selama di kantor ada beberapa orang yang kurang mendapatkan porsi leadership atau kepemimpinan, maka saat outbond mereka akan mendapatkannya. Melalui permainan atau games yang dilakukan, maka jiwa kepemimpinan seseorang akan dilatih. Walaupun di dalam tim kerja dia bukanlah seorang pemimpin, tapi latihan kepemimpinan dalam games selama outbond ini berguna untuk menumbuhkan jiwa pemimpin dalam dirinya. Jiwa pemimpin itu akan membuat seseorang menjadi lebih bertanggung jawab, peduli, setia kawan, dan punya semangat membantu atau mendukung sesama anggota timnya.

2. Memperkuat tim kerja

tempat outbond anak di bandung

Saat melakukan permainan atau games selama outbond, setiap orang diberi kesempatan untuk memilih atau memberikan kemudahan kepada anggota kelompoknya untuk menyelesaikan sebuah tugas. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk semakin memperkuat tim kerja di kantor. Selama outbond, semua karyawan akan dilatih untuk menyatu atau membaur dengan anggota kelompoknya, serta bertanggung jawab bersama-sama untuk menyelesaikan tugas dalam games tersebut. Tujuannya tentu saja, agar setelah kembali bekerja, semua orang akan lebih menyatu dengan tim kerjanya, semakin kompak dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan.

3. Meningkatkan kemampuan mengaktualisasi diri

outbond bandung jawa barat

Tidak jarang ada anggota tim kerja yang kurang percaya diri untuk menunjukkan kemampuan dirinya, alias mengaktualisasikan dirinya di dalam tim. Mungkin saja dia sungkan, karena merasa sebagai anak baru atau ‘hanya’ sebagai anak buah. Lewat permainan-permainan yang dilakukan selama outbond, setiap orang akan diajak untuk tidak lagi khawatir menunjukkan kemampuan dirinya yang maksimal. Lewat permainan-permainan itu, setiap karyawan akan diajak untuk memberikan kontribusinya bagi kelompoknya masing-masing. Diharapkan, apa yang sudah dilakukan selama outbond, dapat terbawa hingga ke suasana kerja. Setiap orang akan merasa bahwa dirinya dapat memberikan kontribusi yang maksimal untuk tim kerjanya, sama seperti kontribusinya untuk kelompok bermainnya selama outbond.

Itu adalah manfaat utama dari dilakukannya outbond bagi seluruh karyawan. Masih ada beberapa manfaat lain dari outbond bersama seluruh karyawan, seperti:

  • Melatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan analisis
  • Melatih untuk mengambil keputusan
  • Menjadi ajang bagi karyawan untuk rileks dan refreshing

Salah satu tempat yang sering dijadikan tempat untuk outbond adalah di Bandung. Bandung memang dikenal memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan suasana alam yang masih segar. Hal ini tentu sangat berguna untuk kembali menyegarkan tubuh dan pikiran para karyawan yang selama ini rutin disibukkan dengan pekerjaan, di dalam kantor.

Presenta Edu juga menawarkan outbond bagi karyawan perusahaan Anda. Salah satu paket yang ditawarkan adalah Ciwidey Light Adventure. Dengan mengikuti paket ini, maka karyawan Anda akan diajak untuk menikmati pemandangan Gunung Patuha, Ranca Upas, Kawah Putih, serta ditantang untuk rafting di Sungai Ciwidey.

Dengan paket 3 hari 2 malam, para karyawan akan diajak untuk menikmati berbagai acara. Selain untuk melatih kekompakan tim kerja, outbond bersama Presenta Edu juga akan membantu untuk melepaskan penat yang mungkin selama ini sudah lama dirasakan oleh para karyawan.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •