0811-1880-84 support@presenta.co.id

training-people-manager-capability-ioh

 

 

Training People Manager Capability – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH)

Meningkatkan Kinerja Perusahaan dengan Menciptakan People Manager yang Andal

Saat ini kita memasuki era yang dikenal dengan VUCA, yaitu era yang penuh gejolak (Volatile), ketidakpastian (Uncertain), rumit (Kompleks), dan  membingungkan (Ambiguity).

Oleh karena itu, sangat penting bagi suatu perusahaan untuk selalu meningkatkan kapabilitas para manajer lini dalam menghadapi tantangan era ini.

Presenta Edu bersama dengan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melaksanakan training “Building People Manager Capability for High Performing Team”.

Pelatihan sumber daya manusia ini diikuti lebih dari 300 line manager IOH yang berperan sebagai People Manager di seluruh Indonesia. Pelatihan berlangsung dari Bulan April hingga Bulan Agustus 2023 sebanyak 4 hari training per bacth-nya.

 

trainer-pelatihan-manajemen-sdm-indonesia

Bagaimana dan apa saja tugas dan peran line manager dalam pengelolaan karyawan?

Dalam training berdurasi 4 hari ini peserta akan belajar beberapa aspek proses People Management mulai dari masuknya seorang karyawan ke perusahaan, proses succession hingga proses keluar seorang karyawan yang melingkupi Talent Selection, Talent Development, Managing Performance, Succession Planning dan Feedback & Conversation.

Training dibuka dengan menekankan pentingnya peran manager lini sebagai people manager bagi tim dan juga perusahaan secara umum saat ini.

 

 aktivitas-training-people-manager-capability-indosat

 

Melalui berbagai aktivitas training yang seru, peserta diajak untuk memahami tugas dan peran Line Manager serta perbedaannya dengan peran dari HR People dan juga Manajemen dalam mengelola karyawan.

Setelah mengetahui peran sebagai People Manager, peserta belajar untuk menilai kinerja anggota tim melalui studi kasus dan diskusi kelompok.

Sehingga peserta dapat menemukan talent yang berpotensi dan berkinerja baik serta talent yang siap untuk dipromosikan.

 

People Manager yang mampu membangun dan mengembangkan anngota timnya

People Manager harus lebih terlibat dengan karyawan serta memberikan kesempatan untuk pengembangan (talent development).

Untuk meningkatkan hal tersebut, peserta sebagai people manager belajar bagaimana berkomunikasi dengan anggota tim, baik dalam memberikan motivasi, evaluasi dan juga feedback.

 

studi-kasus-training-people-capability-training-indosat

 

Peserta belajar memberikan feedback menggunakan struktur yang baik, agar feedback bersifat konstruktif dan dapat diterima dengan baik.

Para peserta juga melakukan praktik dengan metode roleplay pada suatu studi kasus untuk memberikan feedback dan menghadapi difficult conversation dengan anggota tim.

 

Menemukan top talent yang tepat untuk suksesi dan pengembangan

Pada hari terakhir training, peserta belajar menyeleksi talent yang tepat untuk masuk ke perusahaan (Talent Acquisition dan Recruitment).

Melalui studi kasus, peserta mencoba menentukan pengganti karyawan yang baru saja resign.

Peserta perlu untuk memilih kandidat terbaik dari berbagai opsi, seperti dari eksternal perusahaan, dari dalam departemen, ataupun rotasi antar departemen.

 

metode-training-people-capability-indosat

 

People Manager sebagai perwakilan perusahaan (Talent Advocate) turut bertanggung jawab membuat citra perusahaan sebagai tempat yang terbaik agar top talent tertarik kepada perusahaan.

Peserta mendapatkan tugas untuk merumuskan kandidat apa yang dibutuhkan perusahaan serta kapabilitas yang dimilikinya.

Kemudian peserta mempraktikkannya melalui simulasi interview dengan membuat pertanyaan berdasarkan metode STAR Interview.

Metode STAR Interview adalah metode yang saat ini digunakan di berbagai perusahaan.

Metode ini dapat menilai kandidat dari berbagai latar belakang, termasuk fresh graduate yang cenderung minim pengalaman. 

Hal ini karena terdapat empat aspek yang dinilai pada metode STAR Interview, yaitu sebagai berikut.

 

1. Situation (Situasi)

Peserta sebagai pewawancara mencoba menggali informasi terkait kondisi dan masalah yang pernah dialami kandidat.

 2. Task (Tugas)

Kemudian, peserta perlu mengetahui tanggung jawab kandidat dalam situasi yang dialaminya.

3. Action (Tindakan)

Selanjutnya, peserta dapat menilai kemampuan berpikir, adaptasi, dan keahlian kandidat dari tindakan yang dilakukan kandidat saat melaksanakan tanggung jawabnya tersebut.

 4. Result (Hasil)

Pada akhirnya, peserta dapat menilai melalui hasil yang diraih kandidat dari tindakannya tersebut.

Metode STAR Interview mampu menilai potensi kandidat melalui pengalaman masa lampau yang pernah dilalui kandidat dalam menghadapi masalah.

Metode ini meminimalisir terjadinya kebohongan dari kandidat yang diwawancara.

Hal ini mempermudah pewawancara untuk menggali lebih dalam skill dan pengalaman kandidat terlepas dari kemampuan komunikasinya yang seringkali mengalami kegugupan dalam proses wawancara.

Setelah melalui proses interview, peserta perlu memahami pentingnya keterlibatan People Manager dalam menyambut karyawan baru di proses onboarding.

Hal ini dinilai penting karena dapat berdampak pada tingkat turnover karyawan bergantung pada baik atau buruknya proses onboarding.

Dengan demikian, training ini dapat membentuk peserta sebagai People Manager lebih menghargai talent mulai dari proses awal masuknya, saat talent bekerja di perusahaan, maupun saat talent keluar dari perusahaan.

Training selama 4 hari ini membantu Line Manager dari yang sebelumnya hanya fokus pada tugas-tugasnya untuk mengejar target dan mendapatkan kinerja yang baik, kini lebih mengerti akar masalah suatu perusahaan dalam mencapai kinerja yang baik, yaitu dengan menumbuhkan orang-orang di dalam perusahaan.

 

training-manajemen-sumber-daya-manusia-msdm-jakarta

Lewat praktik-praktik People Manager yang baik, diharapkan peserta  dapat lebih peduli pada orang-orang di sekitarnya, dapat mencapai performance terbaik dari level individu, unit, hingga perusahaan.

Hal ini akan memberikan culture perusahaan yang baik sehingga berdampak pada performance dan tujuan perusahaan.

 

Beberapa pokok materi lainnya yang juga dibahas dalam training ini antara lain:

  •  Understanding High Performing Organization
  • Creating Job Requirement for Key Role in Your Team
  • Evaluating Employee Performance
  • Actions in Succession Planning
  • Importance of Communication and Conversation
  •  Handling Difficult Conversation in Performance Management

 

Hubungi Tim Kami untuk Bersama Menciptakan Jajaran People Manager yang Andal!

Jika Anda dan tim ingin meningkatkan performa perusahaan dengan membangun tim yang memiliki kapabilitas baik, dan adaptif menghadapi perubahan zaman. Anda dapat mengikuti training People Manager Capability yang dapat dikustiomisasi sesuai perusahaan Anda.

Tim kami akan dengan senang hati untuk menjelaskannya kepada Anda dan merekomendasikan training presentasi yang paling pas buat Anda dan tim.

Hubungi Presenta Edu