0811-1880-84 support@presenta.co.id

Public Speaking

Untuk Pemula

Pelajari bagaimana menjadi seorang public speaker yang baik dan benar dari ahlinya secara step by step.

Public Speaking Untuk Pemula 1

Artikel

Tips Lengkap Public Speaking: Panduan Lengkap Bagi Pemula

Public speaking telah menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dikuasai. Karena itulah, tips lengkap public speaking juga menjadi penting untuk dipelajari.

Dalam tips lengkap public speaking, kita bisa belajar untuk berbicara dengan baik, karena dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu berhubungan dengan orang lain.

Dengan adanya tips lengkap public speaking, kita diajak untuk mempelajari cara berkomunikasi yang baik dengan banyak orang sekaligus.

Kadang-kadang, kita memang harus berbicara dan berkomunikasi tidak hanya dengan satu orang, tapi dengan beberapa orang sekaligus.

Mengapa kita perlu mempelajari public speaking?

Karena dengan public speaking, kita akan bisa menggerakkan orang lain dengan menyampaikan ide atau gagasan yang bisa diterima dan dimengerti oleh mereka. Orang lain itu bisa saja rekan kerja, atasan, atau klien.

Tidak hanya dimengerti dan dipahami, tapi ide atau gagasan itu juga harus memberikan manfaat untuk publik atau orang banyak itu.

Ketika ide atau gagasan itu disampaikan dengan baik, maka publik akan merasa bahwa ide untuk memberikan manfaat untuk mereka, sehingga mereka akhirnya akan mendengarkan kita dan melakukan apa yang kita inginkan.

Kunci keberhasilan public speaking yang baik

Kunci dari kesuksesan sebuah public speaking adalah rasa percaya diri. Dengan rasa percaya diri yang cukup, seseorang akan dapat menyampaikan ide atau gagasannya dengan baik di hadapan umum atau orang lain, dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami.

 

Tips Lengkap Public Speaking Untuk Para Pemula

Selain rasa percaya diri, ada beberapa hal lain yang perlu diketahui, sebagai tips lengkap public speaking, khususnya untuk para pemula.

  1. Memahami Audiens

Tentu akan lebih menyenangkan kalau kita berkomunikasi dengan orang yang sudah kita kenal, karena kita bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Sama juga halnya dengan public speaking. Kita akan lebih mudah menyampaikan pesan kepada audiens yang sudah kita kenal dan pahami.

Jadi, tips lengkap public speaking yang pertama adalah tentang memahami audiens. Pelajari latar belakang mereka, kenali apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu, kita bisa mempersiapkan materi yang tepat dan mencari cara yang paling sesuai dengan mereka.

  1. Buat Slide Dalam Bentuk Poin-Poin

Dalam kegiatan public speaking, kita membutuhkan alat bantu, di antaranya adalah slide. Dengan slide, maka kita bisa membantu audiens untuk lebih memahami apa yang kita sampaikan.

Slide ini sebaiknya tidak berisi terlalu banyak kata-kata atau kalimat, karena justru akan memusingkan dan membuat audiens tidak konsen.

Buatlah slide yang berisi poin-poin saja. Untuk materi selengkapnya, audiens akan mendengarkan Anda.

Dengan bantuan slide yang baik, hal itu justru akan membuat audiens lebih tertarik untuk mendengarkan pemaparan kita.

  1. Buat Suasana yang Hangat

Suasana yang hangat dalam kegiatan public speaking akan tercipta ketika audiens tidak terlalu tegang saat mendengarkan kita. Salah satu hal yang b isa kita lakukan untuk itu adalah dengan menyelipkan humor.

Selain humor, kita juga bisa menanyakan pertanyaan retoris atau pertanyaan yang tidak perlu jawaban. Kadang-kadang, pertanyaan retoris seperti ini akan membuat audiens senyum-senyum sendiri, sehingga mengurangi ketegangan.

Dengan suasana yang hangat seperti itu, aktivitas public speaking menjadi tidak kaku. Dengan suasana seperti ini, audiens akan lebih mudah untuk menangkap apa yang kita sampaikan.

  1. Lakukan Kontak Mata Dengan Audiens

Ketika seorang pembicara melakukan kontak mata, maka audiens akan merasa bahwa mereka diperhatikan. Akibatnya, audiens juga akan memperhatikan apa yang disampaikan oleh si pembicara.

  1. Bicara Dengan Kecepatan yang Tepat

Ketika menyampaikan pesan, sampaikan dengan kecepatan yang sesuai dengan kecepatan normal kita saat berbicara sehari-hari. Setiap orang memiliki kecepatan berbicara normalnya masing-masing.

Sesekali, kecepatan itu bisa dikurangi atau ditambah, sesuai dengan isi pesan yang disampaikan.

Dengan menggunakan kecepatan yang tepat, maka pembicaraan kita akan lebih enak untuk didengarkan.

  1. Mempersiapkan Diri Dengan Baik

Pembicara kondang sekalipun akan melakukan persiapan sebelum melakukan aktivitas public speaking.

Persiapan itu meliputi pembuatan materi yang baik, mempersiapkan sarana pendukung yang tepat, serta melatih cara kita berbicara.

Dengan berlatih, maka kita bisa mempersiapkan penampilan kita dengan baik. Untuk pemula, maka proses berlatih ini harus dilakukan lebih intens. Kita bisa berlatih berbicara di depan cermin, sehingga seolah-olah kita bicara di hadapan para audiens.

  1. Berpikir Positif

Banyak pembicara pemula yang takut ketika harus tampil di depan umum. Mereka memikirkan kalau audiens tidak akan menyukai mereka, mereka tidak akan tampil dengan baik, atau memikirkan bahwa akan dihujani dengan pertanyaan yang sulit.

Pikiran-pikiran seperti ini hanya akan menjadi beban.

Maka, tips lengkap public speaking berikutnya adalah berpikir positif. Pikirkan saja bahwa audiens sudah menyempatkan diri untuk hadir. Maka, mereka pasti mengharapkan bahwa kita akan tampil dengan baik, bahwa mereka akan mendapatkan manfaat dengan mendengarkan pemaparan Anda.

Dengan berpikir positif, maka beban kita akan sedikit berkurang. Kita juga akan fokus pada hal-hal yang baik, yang akan membuat penampilan kita di panggung public speaking akan lebih maksimal.

  1. Hindari Bergumam

Tips lengkap public speaking khusus untuk pemula yang terakhir adalah hindari bergumam ketika sedang tampil

Bergumam ini sebenarnya adalah menyampaikan filler word atau kata-kata yang sama sekali tidak bermakna, seperti ‘hmmm’ atau ‘apa ya’.

Kalau hanya sekali dua kali dilakukan, itu masih wajar. Tapi kalau terlalu sering, akan membuat audiens berpikir bahwa kita tidak siap atau lebih parah, tidak paham pada apa yang hendak disampaikan.

  1. Rileks Sebelum Tampil

Walaupun pasti akan merasa grogi sebelum tampil, tapi usahakan untuk rileks sebelum tampil di panggung public speaking.

Berdoa dapat mengurangi rasa gugup atau grogi tersebut. Dengan berdoa, kita menyerahkan semua rasa grogi itu pada Tuhan, sehingga beban kita bisa berkurang.

Selain berdoa, kita juga bisa melakukan senam ringan atau menggerak-gerakkan tubuh agar tidak kaku ketika saatnya harus tampil.

Itulah tips lengkap public speaking khusus bagi para pemula.

Disarankan juga untuk rajin-rajin mempelajari materi public speaking yang bisa ditemukan di berbagai media. Bisa dari internet atau membaca buku-buku seputar public speaking.

 

Mempelajari Public Speaking Lewat Video Tips Lengkap Public Speaking dari Presenta Edu

Kemampuan public speaking adalah kemampuan yang dapat mendongkrak karier seseorang. Public speaking bukan hanya soal berani bicara di depan orang banyak, tapi juga kemampuan meyakinkan orang lain melalui pesan yang disampaikan.

Ini Dia Alasan Mengapa

Public Speaking itu Penting!

Membuat Orang Senang Mendengarkan Kita

Membantu Meningkatkan Nilai Diri Kita

Meningkatkan Kemampuan Leadership

Mari Mulai Belajar

Video Belajar Public Speaking dari Nol

Public speaking adalah kemampuan yang dapat dipelajari. Yuk, pelajari kemampuan public speaking ini bersama ahlinya, secara step by step.

#1 Kenapa Sih Belajar Public Speaking Itu Penting?

Kita akan berhadapan dengan banyak orang dalam keseharian kita. Kadang-kadang, kita perlu berbicara dengan banyak orang sekaligus. Ketika kita berbicara di depan orang banyak inilah yang disebut dengan public speaking.

Kita harus belajar public speaking karena setiap hari kita akan berkomunikasi dengan orang banyak. Dengan menguasai public speaking, pesan kita akan lebih tersampaikan dengan baik dan kita akan lebih percaya diri saat harus berbicara di depan orang banyak.

#2 Cara Menghilangkan Gugup dan Grogi Saat Public Speaking

Rasa gugup dan grogi adalah sesuatu yang wajar dirasakan oleh seorang yang akan tampil bicara di depan umum.

Walaupun menimbulkan perasaan tidak nyaman, tapi gugup dan grogi juga bisa diperlukan, karena akan memacu adrenalin kita untuk tampil secara maksimal saat melakukan public speaking.

Video ini akan memberikan tips dan trik untuk menghilangkan rasa gugup dan grogi ketika harus melakukan aktivitas public speaking.

#3 Pengertian Dasar Public Speaking Untuk Pemula

Public Speaking adalah ketika kita berbicara di hadapan orang banyak. Dengan public speaking, kita menyampaikan ide, gagasan agar orang bertindak seperti yang kita harapkan.

Yang termasuk dalam public speaking adalah isi atau konten, kemampuan kita berbicara, bahasa tubuh saat berbicara. Jadi, kemampuan public speaking adalah berbicara di depan banyak orang dengan konten yang baik dan terstruktur dengan cara bicara yang dapat dimengerti dan dipahami dengan baik, serta dibantu dengan bahasa tubuh yang tepat.

Dengan memahami dasar public speaking yang dijelaskan dalam video ini, kita akan lebih mudah untuk mempersiapkan diri ketika harus melakukannya.

#4 Apa Maksud dan Tujuan Public Speaking?

Dalam public speaking, kita menyampaikan sesuatu kepada audiens tertentu. Apa tujuannya?

Video ini menjelaskan mengenai tujuan aktivitas public speaking, yaitu agar audiens paham mengenai apa yang kita bicarakan. Kita juga tidak sekadar berbicara, tapi juga ingin meyakinkan audiens kita.

Kalau orang sudah paham dan yakin dengan apa yang kita bicarakan, maka dia akan bertindak seperti yang kita harapkan.

#5 Cara Menyusun Materi Public Speaking yang Baik

Materi yang kuat dan cara bicara yang mampu meyakinkan orang lain adalah faktor yang menentukan dalam keberhasilan sebuah public speaking.

Struktur bicara yang baik sangat menentukan dalam public speaking. Seperti apa cara menyusun pembicaraan tersebut?

Video ini akan menjelaskan langkah-langkah menyusun materi public speaking, agar kita bisa menyampaikan pesan yang baik.

Selain itu, audiens juga dapat memahami pesan itu dengan baik, dan pada akhirnya akan melakukan hal yang menjadi tujuan aktivitas public speaking tersebut.

#6 4 Struktur Materi Public Speaking yang Baik

Struktur pembicaraan yang baik akan membantu, tidak hanya audiens untuk memahami apa yang disampaikan, tapi juga bagi pembicara bisa terbantu bisa bicara dengan lancar, teratur dan tanpa bergumam.

Ada 4 teknik untuk menusun materi publik speaking untuk membantu meyakinkan audiens dengan materi yang baik dan struktur yang kuat.

Dengan memahami keempat teknik tersebut, kita dapat membuat materi public speaking yang tepat, sehingga audiens dapat menangkap pesan yang disampaikan.

#7 4 Cara Berbicara dalam Public Speaking yang Baik Agar Dipercaya

Banyak orang yang merasa takut jika harus melakukan aktivitas public speaking karena merasa tidak berbakat. Padahal, kemampuan public speaking adalah kemampuan yang bisa dilatih.

Ada beberapa hal yang bisa dilatih untuk bisa menjadi seorang public speaker yang baik. Salah satunya adalah cara berbicara;

Ada 4 cara berbicara dalam publik speaking yang harus dikuasai untuk menjadi public speaker yang andal.

Dalam video ini, kita bisa belajar mengenai 4 cara berbicara dalam public speaking tersebut, agar kita bisa menyampaikan pesan yang meyakinkan ketika harus tampil dalam kegiatan public speaking.

#8 8 Cara Public Speaking yang Baik

Public speaking bukan hanya kemampuan berbicara atau menyusun kata-kata yang memikat. Ada beberapa hal lain yang harus dipahami oleh seorang public speaker.

Seorang public speaker harus dapat meyakinkan audiens dengan apa yang dia sampaikan. Untuk itu, seorang public speaker harus mengerti bahwa audiens mengharapkan sesuatu yang baik dengan mendengarkan apa yang disampaikannya.

Untuk membuat audiens meyakini apa yang disampaikan, bukan hanya dibutuhkan rangkaian kata-kata yang tepat, seperti cara bahasa verbal dan nonverbal.

Dengan menyimak video ini, kita bisa mengetahui 8 hal penting yang sangat dibutuhkan dalam public speaking, agar bisa tampil meyakinkan di hadapan audiens.

#9 8 Teknik Meningkatkan Skill Public Speaking yang Baik dan Benar

Menjadi seorang pembicara memang sesuatu yang menyenangkan, karena kita bisa menyampaikan sesuatu yang bermanfaat bagi para audiens.

Untuk menjadi seorang pembicara yang baik, dibutuhkan kemampuan public speaking yang cukup.

Dengan mempelajari kemampuan public speaking, kita bisa mengetahui dan menguasai berbagai teknik yang baik dan benar untuk bisa menyampaikan pesan yang meyakinkan bagi para audiens.

Dalam video ini kita diajak untuk mempelajari bagai cara meningkatkan teknik dan keterampilan dalam public speaking yang baik dan benar.

#10 Cara Belajar Public Speaking Untuk Pemula yang Baik

Public speaking adalah sebuah proses di mana kita sebagai pembicara tampil di hadapan banyak orang untuk menyampaikan pesan tertentu. Kemampuan kita dalam public speaking akan menentukan kekuatan pesan yang kita sampaikan.

Sebagai seorang pemula dalam dunia public speaking, kita perlu mempelajari rahasia di balik penampilan para public speaker yang andal.

Rahasia-rahasia tersebut akan diungkapkan pleh Muhammad Noer dalam video ini.

#11 Hindari Bahasa Tubuh Ini Agar Menjadi Pembicara yang Hebat

Bahasa tubuh adalah hal-hal yang kita tampilkan lewat gerakan tubuh kita. Kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa gerakan tubuh kita mengandung arti tersendiri.

Sama seperti bahasa verbal, bahasa tubuh juga terdiri dari bahasa tubuh yang positif dan negatif. Bahasa tubuh yang negatif adalah gerakan-gerakan tubuh yang keliru, yang bisa membuat kita terlihat kurang baik.

Jadi, untuk menjadi seorang public speaker yang baik, kita harus menghindari beberapa gerakan-gerakan tubuh tertentu, agar audiens tidak malas mendengarkan kita sampai selesai.

Lewat video ini, kita dapat belajar untuk mengenali bahasa-bahasa tubuh yang negatif tersebut, sehingga kita bisa menghindarinya saat harus tampil dalam aktivitas public speaking.

#12 Bahasa Tubuh yang Baik dalam Public SpeakingComing Soon…

Bahasa tubuh adalah semua hal yang kita tampilkan lewat tubuh kita, misalnya lewat ekspresi wajah, cara kita memandang audiens, sampai lewat cara kita bergerak.

Bahasa tubuh yang baik akan memperkuat pesan kita untuk meyakinkan audiens, sehingga menguasai bahasa tubuh sangat penting.

Tanpa kita sadari, bahasa tubuh juga dapat mempengaruhi audiens ketika menyimak seorang public speaker.

Untuk itu, kita perlu mengetahui bahasa tubuh yang baik dalam kegiatan public speaking, agar kita dapat memberikan pesan yang kuat dan meyakinkan bagi para audiens.

#13 Cara Membuka Public Speaking yang Baik Agar Meyakinkan

Kesan pertama adalah yang menentukan. Pembicaraan akan terasa menarik atau tidak, sudah bisa dirasakan di awal pembicaraan tersebut.

Sama halnya dengan Seorang pembicara harus mampu membuka pembicaraannya dengan baik dan menarik agar menimbulkan kesan awal yang baik bagi audiens.

Dalam public speaking, kesan pertama diperoleh dari cara si pembicara dalam membuka pembicaraannya dengan audiensnya.

Video ini akan mengajak kita mempelajari cara membuka public speaking yang baik agar menjaga mood awal para audiens untuk terus mendengarkan kita.

#14 Ada tiga teknik untuk membuka sebuah public speaking dengan baik.

Pembukaan sebuah aktivitas public speaking dapat menentukan mood audiensnya. Sebuah pembukaan yang baik akan membuat mood audiens terjaga untuk terus mendengarkan si public speaker sampai selesai.

Ada 3 teknik yang bisa digunakan dalam public speaking yang akan menjaga mood audiens tersebut. Ketiga teknik ini adalah yang paling umum dan mudah.

Simak uraiannya dalam video ini, sehingga kita akan bisa membuat pembukaan public speaking yang baik.

#15 Cara Menutup Public Speaking yang Baik dan Kuat

Kalau pembukaan dapat menjaga mood audiens, maka untuk membuat audiens melakukan apa yang kita inginkan adalah menutup aktivitas public speaking dengan baik dan kuat.

Penutup kegiatan public speaking adalah bagian yang sangat penting. Penutup yang baik akan membuat audiens mengingat hal-hal penting yang kita sampaikan. Kekuatan seorang public speaker adalah bagaimana dia bisa menutup pembicaraannya dengan baik dan kuat.

Ingin menutup aktivitas public speaking agar audiens bisa menangkap pesan kita dengan baik, atau melakukan apa yang kita harapkan?

Simak video ini untuk mengetahui caranya!

#16 Cara Lancar Berbicara dalam Public Speaking yang Baik: Komunikasi Verbal

Seorang public speaker yang baik harus bisa berbicara dengan dengan baik agar pembicaraan menjadi impactful dan berkesan pada audiensnya.

Untuk bisa berbicara dengan baik dibutuhkan kemampuan bahasa verbal yang kuat. Bukan hanya soal pemilihan dan merangkai kata-kata yang tepat, tapi juga dari volume suara dan gaya bicara.

Video ini akan menjelaskan mengenai hal-hal itu, agar audiens kita betah untuk menyimak pembicaraan kita dan kita juga bisa meyakinkan mereka dengan materi yang kita sampaikan.

#17 Agar Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

Seorang public speaker yang baik adalah dia yang mampu tampil dengan rasa percaya diri. Rasa percaya diri yang cukup bisa ditampilkan lewat gaya berbicaranya.

Rasa percaya diri juga bisa dilihat dari bahasa nonverbal yang dilakukannya, yaitu lewat bahasa tubuh yang tepat dan positif.

Bagaimana bahasa tubuh yang baik untuk aktivitas public speaking kita? Bisa kita simak jawabannya dalam video ini.

#18 Cara Public Speaking yang Baik (Tanya Jawab Seputar Public Speaking)

Public speaking adalah kemampuan yang dapat membantu aktivitas kita. Public speaking juga dapat membantu meningkatkan karier kita.

Kemampuan public speaking dapat dipelajari. Muhammad Noer adalah trainer yang sering memberikan pelatihan mengenai public speaking. Dalam beberapa kesempatan, banyak yang bertanya seputar masalah dalam kegiatan public speaking ini.

Dalam video berikut ini, Muhammad Noer mengajak kita untuk menyimak berbagai pertanyaan yang sering dilontarkan seputar aktivitas public speaking.

Salah satu dari pertanyaan itu, mungkin adalah pertanyaan kita juga.

#19 Mahir Public Speaking: Bakat atau Latihan?

Bakat akan membuat seseorang tampil gemilang, jika dia mau mengasah terus bakatnya itu. Apakah public speaking membutuhkan bakat?

Bakat memang bisa membuat kita tampil baik dalam aktivitas public speaking. Tapi, mereka yang tidak berbakat juga bisa melakukannya.

Bagaimana bisa?

Dalam video ini, kita menemukan jawabannya.

#20 Cara Mengatasi Ketakutan dalam Public Speaking?

Banyak orang merasa takut ketika melakukan public speaking. Kenapa dan bagaimana cara mengatasinya?

Ketakutan saat public speaking sebenarnya karena kita takut pada ego kita sendiri. Kita takut dianggap tidak akan bisa bicara dengan baik, sehingga mental kita down.

Jadi, kita harus mampu melawan rasa takut dan ego kita, serta mencoba rileks saat tampil.

Caranya? Bisa disimak dalam video ini.

Public Speaking Untuk Pemula 2

Presenta Edu Kreasi

Pelajari Teknik Public Speaking yang Baik dan Benar dari Ahlinya.

Berdiri sebagai badan hukum pada tahun 2015, PT Presenta Edukreasi Nusantara (Presenta) telah bertransformasi menjadi salah satu provider training terdepan di Indonesia.

Saat ini kami telah menjadi salah satu lembaga training terbaik di Indonesia yang mampu memberikan layanan training in house maupun training publik yang prima dan berkualitas.

Apakah Anda atau perusahaan Anda memerlukan Pelatihan Public Speaking atau Pelatihan lainnya? Mari berdiskusi bersama kami.

Butuh Inspirasi Lainnya?

Berikut adalah Artikel Terbaru Kami