Sevice Excellent: Pengertian, Tujuan, Contoh dan Perannya untuk Perusahaan

Sevice Excellent: Pengertian, Tujuan, Contoh dan Perannya untuk Perusahaan 2

Semua orang yang melakukan kegiatan usaha atau bisnis pasti ingin agar bisnisnya berjalan dengan baik, lancar dan berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut, maka sangat dibutuhkan kepuasan pelanggan. Service excellence adalah salah satu yang dapat meningkatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

Dengan menerapkan service excellence dalam menjalankan bisnis, berarti seorang pengusaha sangat memahami pentingnya pelayanan kepada pelanggan. Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dapat menjaga loyalitas mereka, yang pada akhirnya dapat meningkatkan tingkat kepuasan dan kepercayaan terhadap suatu produk.

Mengingat pentingnya masalah pelayanan kepada pelanggan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan service excellence. Dalam service excellence, dapat dilihat adanya keterampilan, perhatian, sikap, penampilan, tindakan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pihak yang melakukan kegiatan usaha kepada para pelanggannya.

Pengertian dan Tujuan Service Excellence

Dalam bahasa Inggris, service excellence bisa diartikan sebagai sebuah layanan yang unggul atau sangat baik. Dalam dunia bisnis, maka service excellence bisa berarti usaha untuk memberikan layanan yang terbaik bagi mereka yang menggunakan produk atau jasa yang diberikan.

Jadi, service excellence atau layanan prima ini adalah standar tinggi dalam memberikan layanan kepada pelanggan yang bertujuan untuk melebihi harapan mereka. Service excellence bukan hanya tentang memberikan layanan yang baik, tetapi juga menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan tak terlupakan. Ini melibatkan keahlian, sikap, dan komitmen dari semua anggota organisasi untuk memastikan kepuasan pelanggan yang optimal.

Dengan memberikan layanan yang terbaik itu, maka diharapkan adanya kepuasan yang optimal dari para pelanggan. Jika seorang pelanggan bisa mendapatkan kepuasan yang optimal dari sebuah layanan yang unggul, maka dia akan menjadi pelanggan yang setia.

Service excellence juga bisa diartikan sebagai layanan yang prima. Semua jenis usaha, baik yang menyediakan produk maupun jasa, dapat menerapkan layanan yang prima, demi terciptanya kepuasan yang optimal bagi para penggunanya.

Tujuan utama service excellence adalah kepuasan pelanggan yang berujung pada loyalitas, yang pada akhirnya akan mengembangkan jumlah pelanggan setia.

Tujuan utama tersebut bisa diraih jika pengusaha bisa mencapai tujuan-tujuan yang lebih singkat terlebih dahulu, seperti:

1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Tujuan utama dari service excellence adalah untuk memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan layanan yang mereka terima, sehingga mereka akan kembali lagi di masa depan.

2. Membangun loyalitas pelanggan

Dengan memberikan layanan yang luar biasa, pelanggan akan merasa dihargai dan cenderung menjadi pelanggan yang loyal.

3. Meningkatkan reputasi perusahaan

Perusahaan yang dikenal dengan layanan yang baik akan memiliki reputasi yang positif di mata publik, yang dapat menarik lebih banyak pelanggan.

4. Meningkatkan keuntungan

Pelanggan yang puas dan loyal cenderung menghabiskan lebih banyak uang dan merekomendasikan bisnis kepada orang lain, yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan perusahaan.

5. Memotivasi karyawan

Karyawan yang bekerja di lingkungan yang berfokus pada service excellence biasanya merasa lebih termotivasi dan puas dengan pekerjaan mereka, yang dapat meningkatkan produktivitas dan retensi karyawan.

Untuk mencapai tujuan utama tersebut, terdapat beberapa tujuan jangka pendek yang harus dicapai dalam dunia bisnis dengan mencerapkan service excellence, seperti:

  • Menyediakan informasi mengenai produk atau jasa yang diberikan secara lengkap, sesuai dengan kebutuhan para pengguna atau pelanggan
  • Memberikan produk dan jasa yang berkualitas
  • Memberikan layanan yang dapat menciptakan rasa percaya dalam diri pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan
  • Menghindari adanya keluhan atau pengaduan dari pelanggan yang menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan tersebut
  • Jika telanjur ada keluhan atau pengaduan, segera melakukan upaya-upaya untuk mengatasi dan melakukan perbaikan agar kejadian serupa tidak terulang
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan, misalnya dengan meningkatkan mutu produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga pada akhirnya akan tercapai loyalitas

Faktor-faktor Dalam Service Excellence

Untuk bisa memberikan service excellence kepada pelanggan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, seperti:

  • Attitude atau sikap ketika melayani dan menghadapi pelanggan
  • Ability, yaitu kemampuan bekerja yang baik, juga kemampuan berkomunikasi yang efektif ketika menghadapi pelanggan
  • Attention, yaitu pentingnya memiliki rasa kepedulian terhadap pelanggan, khususnya mengenai pertanyaan, keluhan dan kebutuhan mereka
  • Appearance, yang menunjukkan betapa pentingnya penampilan ketika menghadapi pelanggan, karena penampilan menunjukkan kualitas dan keandalan dalam memberikan pelayanan
  • Accountability, yang menunjukkan bahwa semua kebutuhan, keluhan, pertanyaan atau hal lain yang berhubungan dengan masalah pelanggan dapat diselesaikan dengan penuh tanggung jawab
  • Action, yaitu tindakan nyata dalam memberikan pelayanan yang unggul dan maksimal kepada pelanggan secara langsung

Contoh Service Excellence

Lalu, bagaimanakah contoh dari sebuah service excellence? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mengenali pelanggan dan kebutuhannya

Setiap pelanggan tentu memiliki karakter dan kebutuhannya masing-masing. Jadi, perusahaan harus mampu untuk memperlakukan mereka sesuai dengan hal-hal itu.

2. Selalu menghormati keputusan pelanggan

Pelanggan bebas menggunakan uangnya, termasuk ketika menggunakannya untuk produk atau jasa yang kita berikan. Oleh karena itu, keputusan pelanggan harus dihormati, apa pun itu. Misalnya, mungkin perusahaan mereferensikan produk atau layanan yang dianggap lebih cocok untuk pelanggan tertentu. Kadang-kadang, ada pelanggan yang memilih produk atau layanan selain yang ditawarkan tersebut. Perusahaan harus menghormati keputusan tersebut, karena bisa saja pelanggan memiliki pertimbangannya sendiri.

3. Adanya respon cepat

Respon cepat ini antara lain adalah memberikan respon yang cepat dan tepat waktu terhadap pertanyaan atau keluhan pelanggan. Misalnya, pusat panggilan yang menjawab telepon dalam waktu kurang dari satu menit dan memberikan solusi yang efektif.

4. Adanya personalisasi layanan

Menyesuaikan layanan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu pelanggan. Misalnya, hotel yang mengingat preferensi tamu reguler mereka, seperti tipe kamar atau makanan favorit.

5. Mengatasi keluhan pelanggan dengan efektif

Menangani keluhan pelanggan dengan cepat dan profesional, serta menawarkan solusi yang memuaskan. Misalnya, restoran yang mengganti makanan yang salah tanpa biaya tambahan dan memberikan diskon untuk kunjungan berikutnya.

6. Terus berinovasi dalam hal memberikan layanan terbaik untuk pelanggan

Selalu mencari cara baru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Misalnya, bank yang menawarkan aplikasi mobile banking dengan fitur-fitur yang memudahkan transaksi.

7. Selalu bersikap ramah dan professional

Karyawan yang selalu menyapa dengan senyuman, bersikap sopan, dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Peran Service Excellence Dalam Dunia Bisnis

Sebuah pelayanan yang baik, tentu akan menimbulkan kesan yang baik pula, apalagi bagi para pelanggan. Bisa saja, suatu bisnis menghasilkan produk yang bagus, namun jika tidak diimbangi dengan pelayanan yang bagus juga, bisnis bisa tidak berkembang.

Service excellence sangat berperan dalam pengembangan sebuah perusahaan atau kegiatan bisnis. Peran tersebut adalah:

1. Dapat membangun dan meningkatkan reputasi perusahaan atau bisnis

Sebuah produk yang bagus, tapi tanpa pelayanan yang prima, akan sulit untuk berkembangan.

Namun, jika sebuah kegiatan bisnis dapat memberikan pelayanan yang prima sekaligus unggul, maka reputasi perusahaan dapat meningkat. Hal ini tentu akan membuat semakin banyak orang yang menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Meningkatkan daya saing

Pelayanan yang baik pada pelanggan adalah daya tarik yang sangat kuat. Tidak jarang, pelayanan yang baik dianggap lebih menarik minat pelanggan dibandingkan harga yang ditawarkan. Misalnya, sebuah toko akan lebih banyak dikunjungi oleh pembeli karena memberikan pelayanan yang sangat memuaskan, walaupun harganya agak lebih mahal dibandingkan pesaingnya.

3. Menjadi alat promosi yang sangat efektif

Jika seorang pelanggan sudah sangat puas dengan produk dan layanan dari sebuah perusahaan, maka dia tidak akan segan-segan untuk mempromosikannya kepada para kenalannya. Informasi yang tersebar dari mulut ke mulut ini bisa menjadi sebuah promosi yang sangat efektif.

4. Menghindari munculnya keluhan dari pelanggan

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mau dan mampu mengatasi keluhan yang datang dari pelanggannya. Namun, perusahaan yang lebih baik adalah yang mampu untuk menghindari munculnya keluhan dari para pelanggannya. Untuk itulah, perusahaan itu akan selalu meningkatkan kualitas dan pelayanannya, agar tidak sampai menimbulkan keluhan dari para pelanggan.

5. Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Layanan prima adalah kunci utama untuk memastikan pelanggan kembali lagi dan merekomendasikan bisnis kepada orang lain.

6. Membedakan dari Kompetitor

Di pasar yang kompetitif, service excellence dapat menjadi faktor pembeda yang signifikan yang membuat pelanggan memilih satu perusahaan di atas yang lain.

7. Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Layanan yang luar biasa dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

8. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Dengan standar layanan yang tinggi, proses operasional cenderung lebih efisien dan efektif, karena karyawan dilatih untuk bekerja dengan cara yang optimal dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

9. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Karyawan yang bekerja dalam budaya yang menghargai layanan pelanggan yang baik cenderung lebih puas dan termotivasi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja mereka dan mengurangi tingkat pergantian karyawan.

Masalah dan Hambatan dalam Memberikan Service Excellence

Service excellence atau layanan prima merupakan tujuan yang diinginkan oleh banyak perusahaan karena dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta reputasi perusahaan. Namun, mencapai standar ini tidak selalu mudah. Ada berbagai masalah dan hambatan yang dapat menghalangi upaya perusahaan dalam memberikan layanan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa masalah dan hambatan yang sering dihadapi:

1. Kurangnya pelatihan dan pengembangan karyawan

Salah satu hambatan utama dalam memberikan service excellence adalah kurangnya pelatihan yang memadai bagi karyawan. Karyawan yang tidak memiliki keterampilan yang cukup atau pemahaman tentang pentingnya layanan pelanggan yang baik akan sulit untuk memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.

Solusi: Perusahaan harus menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk memberikan pelatihan yang berkelanjutan dan relevan bagi karyawan. Ini termasuk pelatihan tentang keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan pengetahuan produk.

2. Komunikasi internal yang kurang baik atau buruk

Perusahaan yang tidak benar-benar memahami kebutuhan dan harapan pelanggan mereka akan kesulitan memberikan layanan yang memenuhi atau melebihi ekspektasi. Ini bisa terjadi jika perusahaan tidak melakukan riset pasar atau tidak mendengarkan umpan balik pelanggan.

Solusi: Melakukan riset pasar secara rutin dan mengumpulkan serta menganalisis umpan balik pelanggan untuk memahami kebutuhan dan harapan mereka. Menggunakan data ini untuk mengembangkan dan menyesuaikan layanan yang lebih baik.

3. Penggunaan dan ketersediaan teknologi yang kurangatau tidak memadai

Teknologi yang usang atau tidak memadai dapat menghambat kemampuan karyawan untuk memberikan layanan yang cepat dan efisien. Misalnya, sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang lambat atau tidak akurat dapat menyebabkan kesalahan dalam menangani permintaan atau keluhan pelanggan.

Solusi: Menginvestasikan dalam teknologi yang up-to-date dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Sistem CRM yang efektif, alat komunikasi modern, dan platform layanan pelanggan dapat membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi layanan.

4. Jumlah staf yang tidak mencukupi

Jumlah staf yang tidak memadai dapat menyebabkan layanan yang lambat dan pelanggan yang tidak puas. Ketika karyawan merasa terbebani dengan beban kerja yang berlebihan, kualitas layanan cenderung menurun.

Solusi: Menyesuaikan jumlah staf dengan kebutuhan layanan dan memastikan bahwa ada cukup karyawan untuk menangani permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien. Fleksibilitas dalam penjadwalan dan penggunaan tenaga kerja paruh waktu atau musiman dapat membantu mengatasi lonjakan permintaan.

5. Budaya perusahaan yang kurang atau tidak mendukung

Budaya perusahaan yang tidak menekankan pentingnya layanan pelanggan dapat menjadi hambatan besar dalam memberikan service excellence. Jika manajemen tidak menunjukkan komitmen terhadap layanan prima, karyawan cenderung mengikuti sikap yang sama.

Solusi: Mengembangkan budaya perusahaan yang menekankan pentingnya layanan pelanggan. Ini bisa dilakukan dengan memberikan contoh dari manajemen atas, memberi penghargaan kepada karyawan yang memberikan layanan luar biasa, dan menjadikan layanan pelanggan sebagai bagian dari nilai inti perusahaan.

6. Adanya masalah dalam hal logistik dan proses kerja

Proses operasional yang rumit atau logistik yang tidak efisien dapat memperlambat layanan dan membuat frustrasi pelanggan. Misalnya, proses pengembalian barang yang rumit atau pengiriman yang lambat dapat merusak pengalaman pelanggan.

Solusi: Meninjau dan menyederhanakan proses operasional untuk meningkatkan efisiensi. Mengadopsi praktik terbaik dalam manajemen rantai pasokan dan logistik untuk memastikan bahwa barang dan layanan dapat disampaikan dengan cepat dan akurat.

Meskipun ada banyak tantangan dalam mencapai service excellence, perusahaan dapat mengatasinya dengan pendekatan yang tepat. Pelatihan yang baik, komunikasi yang efektif, pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pelanggan, teknologi yang memadai, jumlah staf yang cukup, budaya perusahaan yang mendukung, dan proses operasional yang efisien semuanya berkontribusi terhadap kemampuan perusahaan untuk memberikan layanan yang luar biasa. Dengan mengidentifikasi dan mengatasi hambatan-hambatan ini, perusahaan dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan dan membangun loyalitas jangka panjang.

Service excellence adalah elemen krusial dalam mencapai kesuksesan jangka panjang bagi perusahaan. Dengan memberikan layanan yang luar biasa dan melebihi harapan pelanggan, perusahaan tidak hanya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, tetapi juga memperoleh keunggulan kompetitif dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Implementasi service excellence membutuhkan komitmen dari seluruh organisasi, dari manajemen puncak hingga lini depan yang berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Di Indonesia, konsep ini semakin mendapat perhatian karena semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya layanan pelanggan yang luar biasa dalam memenangkan persaingan pasar dan membangun loyalitas pelanggan.

Dalam konteks bisnis yang semakin kompetitif di Indonesia, service excellence menjadi kunci penting untuk diferensiasi. Konsumen saat ini memiliki banyak pilihan, dan pengalaman layanan yang baik seringkali menjadi faktor penentu dalam keputusan mereka untuk tetap setia pada suatu merek atau beralih ke pesaing.

cover training service excellence

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi penting seputar training dan pengembangan diri dari Presenta





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top