Pentingnya Memiliki Kemampuan Problem Solving

Memiliki kemampuan problem solving sering menjadi salah satu poin yang diajukan sebagai syarat untuk melamar sebuah pekerjaan. Seperti apa sebenarnya problem solving itu?

Dari berbagai sumber dapat disimpulkan bahwa kemampuan problem solving adalah sebuah kemampuan untuk menyelesaikan masalah melalui beberapa tahap, yaitu menentukan penyebab masalah, melakukan identifikasi dan mencari solusi untuk masalah tersebut.

Memiliki kemampuan problem solving berarti kita mampu untuk mencari solusi penyelesaian masalah yang efektif.

Kemampuan problem solving membutuhkan beberapa kemampuan lain, seperti kemampuan mendengarkan, kemampuan melakukan analisis, kemampuan melakukan riset, kreatif, kemampuan berkomunikasi, kemampuan untuk membuat keputusan dan kemampuan untuk membangun tim yang solid.

Mengapa kemampuan-kemampuan di atas diperlukan untuk membangun kemampuan problem solving? Karena dari kemampuan-kemampuan itulah kita bisa menemukan akar dari suatu masalah. Kalau kita sudah menemukan akar masalah, maka kita akan lebih mudah untuk menemukan solusinya.

Mengapa Kemampuan Problem Solving Sangat Penting?

cara melakukan problem solving yang benar

Karena masalah akan selalu ada. Jika suatu masalah tidak ditangani atau diatasi dengan baik, maka dia akan terus berkembang, yang akhirnya dapat merusak tatanan yang sudah ada.

Masalah memang harus diatasi. Tapi, tidak jarang bahwa masalah justru akan menjadi sebuah peluang. Jika kita dapat melakukan identifikasi sebuah masalah dengan baik, maka bisa saja kita mendapatkan solusi yang dapat dikembangkan menjadi sebuah peluang bisnis.

Selain itu, kemampuan problem solving dapat meningkatkan karier seseorang. Ketika sebuah perusahaan atau organisasi mengalai masalah, maka tentu mereka akan mencari cara untuk mengatasinya. Jika ada karyawannya yang mempu mencari jalan keluarnya, tentu karyawan itu akan memperoleh nilai tambah. Nilai tambah ini bisa dihargai oleh perusahaan dalam bentuk kenaikan gaji atau promosi.

Selain itu, kemampuan problem solving juga akan membuat kinerja sebuah tim kerja menjadi lebih baik. Tim kerja yang memiliki anggota dengan kemampuan problem solving yang baik, tentu akan menjadi tim yang memiliki produktivitas tinggi.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving?

Ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan problem solving kita, yaitu:

  1. Tingkatkan terus kemampuan yang kita kuasai

Masing-masing dari kita tentu bekerja di berbagai bidang. Nah, kita harus terus meningkatkan kemampuan di bidang yang kita geluti saat ini.

Jangan pernah berhenti untuk mencari informasi dan wawasan, untuk mencari tahu apakah ada sesuatu yang baru dari bidang yang kita tekuni saat ini. Jika ada, luangkan waktu untuk mempelajarinya.

Kemampuan yang terus ter-update di bidang yang kita tekuni ini akan membuat kita semakin ahli. Hal ini tentu akan membantu kita untuk melakukan identifikasi jika tim kerja kita menemui masalah. Dengan identifikasi yang lebih tepat dan akurat, kita akan lebih mudah untuk menemukan solusi yang tepat.

  1. Selalu mencoba hal yang baru

Intinya adalah tidak pernah merasa puas. Kalau ada hal baru yang mesti dieksplorasi, lakukan saja. Setiap hal baru akan memberikan tantangan.

Tantangan ini adalah masalah. Kita harus mencari cara untuk menaklukkan tantangan ini. Dengan kata lain, dengan selalu mencoba hal baru, kita akan semakin diasah untuk menjadi seorang problem solver.

  1. Belajar dari masalah-masalah yang terjadi di masyarakat

Kita bisa meningkatkan kemampuan problem solving dari masalah-masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat. Misalnya, masyarakat sedang mengalami masalah dengan maraknya pencurian kendaraan bermotor di lingkungan. Kita bisa berusaha mencari solusinya dengan melakukan langkah-langkah yang sudah kita pelajari dalam problem solving.

  1. Belajar dari pengalaman orang lain

Kita juga harus memperluas wawasan dan pengetahuan kita mengenai bagaimana orang lain berhasil mengatasi masalahnya. Kita bisa bertukar pikiran dengan rekan kerja dari divisi lain misalnya, mengenai cara-cara yang mereka gunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi di tim kerjanya.

Dengan mempelajari cara-cara orang lain dalam mengatasi suatu masalah, maka kita akan semakin mendapatkan lebih banyak referensi yang diperlukan jika suatu saat kita juga harus mengatasi masalah yang serupa.

Langkah Dasar Problem Solving

Ada lima hal yang merupakan langkah dasar dalam melakukan suatu problem solving, yaitu:

  • Memahami masalah

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memahami masalah itu sendiri. Kita harus mencari tahu apa saja faktor yang menyebabkan masalah itu bisa terjadi. Kita harus berusaha melihat apakah hal yang kita alami itu adalah benar-benar masalahnya, ataukah hanya merupakan satu gejala dari masalah yang sesungguhnya.

  • Mencari akar masalah

Dengan memahami masalah, maka kita bisa mengetahui akar dari masalah yang sesungguhnya. Jika akar masalah sudah diketahui, maka kita akan lebih mudah untuk menemukan solusi yang tepat.

  • Memilih solusi

Setelah kita mengetahui akar masalahnya, kita bisa melakukan brainstorming dengan rekan-rekan kerja kita untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Dari beberapa pendapat atau ide yang masuk, kita bisa memilih, ide yang mana saja yang dianggap paling pas untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Tentu saja, kita tidak bisa asal memilih, tapi kita tetap harus berdiskusi dengan beberapa pihak, untuk menentukan ide mana yang dianggap paling tepat.

  • Menerapkan solusi

Setelah memilih dan menentukan ide yang akan dipakai untuk mengatasi masalah yang terjadi, maka saatnya kita menerapkannya sebagai solusi.

  • Melakukan evaluasi

Setelah itu, kita harus melakukan evaluasi, apakah solusi tersebut memang sudah tepat untuk mengatasi masalah itu atau dianggap masih belum efektif.

Jika ternyata penerapan solusi itu malah menimbulkan masalah baru, maka hal ini bisa menjadi indikator bahwa hal itu tidak atau kurang tepat untuk digunakan. Kalau itu terjadi, maka kita harus kembali memilih dan menentukan ide-ide lain yang lebih efektif untuk diterapkan.

Kemampuan problem solving memang bukan kemampuan yang mudah. Tapi, bukan pula bahwa kemampuan ini tidak bisa dipelajari.

Kita bisa belajar atau meningkatkan kemampuan problem solving ini dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengikuti training atau pelatihan problem solving yang diadakan oleh Presenta Edu.

Dengan mengikuti pelatihan problem solving, maka kita akan dipandu untuk berlatih melakukan problem solving dengan baik.

 

 

 






Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top