Apa Itu Creative Thinking?

Apa Itu Creative Thinking? 2

Creative thinking adalah kemampuan untuk melihat sesuatu secara out of the box, berbeda dari biasanya. Setelah itu, biasanya dilanjutkan dengan berusaha untuk menemukan ide-ide baru, baik untuk memecahkan suatu masalah atau untuk menemukan inovasi yang berguna.

Creative thinking termasuk ke dalam soft skill yang sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan. Kita semua pasti mengalami masalah. Nah, kemampuan creative thinking ini dapat membantu kita untuk mengatasi setiap permasalahan yang kita hadapi.

Orang yang memiliki kemampuan creative thinking ini dapat melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya. Dengan begitu, dia tidak akan larut dalam masalah, melainkan berusaha untuk mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapinya.

Jika suatu masalah sudah memiliki jalan keluar yang baku, maka dia akan berusaha mencari jalan keluar lain, yang mungkin lebih simple atau lebih mudah. Jadi, dia dapat lebih menghemat waktu dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Orang dengan creative thinking juga biasanya akan lebih mudah dalam menjalani hidupnya. Sebuah masalah tidak akan terlalu dianggapnya sebagai kesulitan, tapi justru sebuah tantangan. Dengan begitu, dia akan berusaha untuk mengalahkan atau mengatasi masalah tersebut.

Tidak heran jika orang yang memiliki kemampuan creative thinking ini akan lebih sukses dibandingkan orang-orang lain. Tentu saja, kemampuan creative thinking ini harus digunakan secara positif, alias tidak sampai merugikan orang lain.

Apa Saja Manfaat dari Kemampuan Creative Thinking?

Apa Itu Creative Thinking? 3

Karena creative thinking adalah kemampuan untuk memecahkan atau mengatasi masalah dengan cara yang berbeda. Dengan demikian, maka creative thinking dapat membantu kita untuk tidak terpaku hanya pada satu cara ketika kita berhadapan dengan suatu masalah. Dengan creative thinking, kita dapat menemukan ide-ide baru untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan creative thinking itu pula, mungkin saja suatu masalah dapat berubah menjadi sebuah keberuntungan.

Tentu saja, creative thinking sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat creative thinking yang dapat dirasakan misalnya:

1. Membantu kita untuk memiliki kesadaran diri

Pada umumnya ketika kita memikirkan sesuatu, kita tidak hanya memikirkan hal itu saja. Tapi, kita juga bisa baper, atau mengubung-hubungkan masalah itu dengan apa yang kita yakini selama ini.

Tapi, dengan creative thinking, kita diajak untuk lebih menyadari, apa sih yang sebetulnya penting untuk dipikirkan. Dengan berpikir kreatif, maka kita akan dapat memilah-milah pikiran kita sendiri. Pikiran-pikiran yang cenderung negatif atau tidak bermanfaat, dapat kita singkirkan. Kita hanya memikirkan poin-poin yang penting saja.

Dengan menyadari mana hal penting yang harus dipikirkan dan mana yang harus dikesampingkan itu kita akan lebih mudah menyadari apa yang sebenarnya kita butuhkan atau kita inginkan.

2. Membantu kita untuk jadi lebih percaya diri

Kemampuan creative thinking membuat cara berpikir kita ‘berbeda’ dari orang lain. Dengan begitu, kita jadi memiliki hasil pemikiran yang berbeda pula. Pemikiran yang berbeda itu mungkin saja dapat membantu kita atau orang-orang yang ada di sekitar kita.

Kalau pemikiran kita sama seperti yang lainnya, maka kita cenderung untuk tidak mengungkapkannya, karena merasa tidak ada gunanya. Tapi, saat kita berpikir berbeda dari kebanyakan orang, maka kita akan lebih punya keberanian untuk mengungkapkannya.

3. Membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih tangguh

Pemikiran yang kreatif dapat membuat kita untuk tidak gampang menyerah, ketika menghadapi suatu masalah. Dengan creative thinking, kita akan berusaha untuk lepas dari masalah tersebut dengan menemukan jalan keluar atau solusinya.

Dengan creative thinking itu pula, kita juga akan menjadi pribadi yang tidak cepat puas. Kita akan cenderung memikirkan cara untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi, sehingga kita pun akan semakin menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Bagaimana Agar Kita Dapat Meningkatkan Kemampuan Creative Thinking?

Apa Itu Creative Thinking? 4

Beberapa cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan creative thinking ini, agar kita menjadi orang yang kreatif, seperti:

1. Membiarkan rasa ingin tahu kita bekerja

Kadang-kadang ada yang kesal pada dirinya sendiri karena punya sifat kepo alias punya rasa ingin tahu yang tinggi. Padahal, kepo ini dapat membantu kita untuk jadi lebih kreatif, selama tidak merecoki atau mengganggu orang lain.

Apalagi jika rasa ingin tahu ini berhubungan dengan solusi untuk memecahkan sebuah masalah. Rasa ingin tahu ini dapat membantu kita untuk mencoba beragam cara untuk mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi dan membuat hidup kita jadi lebih mudah atau simple.

2. Sering bertukar pikiran dengan orang lain

Jangan sepelekan kebiasaan hang out atau ngobrol dengan rekan-rekan kerja kita. Dari kebiasaan inilah kita bisa mendapatkan sesuatu yang dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Saat ngobrol-ngobrol santai bersama teman-teman inilah, pikiran kita cenderung lebih rileks, sehingga lebih mudah untuk berpikir. Pikiran kita pun akan lebih sederhana. Dari hal-hal yang sederhana inilah sering muncul ide-ide yang brilian.

3. Banyak membaca

Membaca memang banyak gunanya. Salah satunya adalah membantu meningkatkan kemampuan creative thinking seseorang.

Dengan banyak membaca, maka akan semakin banyak hal yang kita ketahui. Dari apa yang kita baca itu, kita dapat memperoleh sumber-sumber yang bisa kita olah menjadi sebuah ide yang berguna.

4. Berusaha untuk selalu open mind

Walaupun kita memiliki keyakinan terhadap sesuatu, sebaiknya kita tidak menutup mata atau pikiran kita bahwa ada sesuatu yang berbeda di luar sana.

Creative thinking adalah memikirkan sesuatu dengan cara berbeda, dari sudut pandang yang berbeda. Oleh karena itu, kalau ada orang yang memiliki keyakinan atau pendapat yang berbeda dengan kita, kita jangan menutup diri terhadapnya. Justru kita harus menghormati keyakinan atau pendapatnya itu. Siapa tahu saja, pendapatnya yang berbeda itu dapat kita satukan dengan pendapat kita, untuk kemudian diolah menjadi sebuah ide yang berguna bagi lingkungan sekitar kita.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap menjadi pribadi yang memiliki kemampuan creative thinking?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi penting seputar training dan pengembangan diri dari Presenta





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top