Mengelola tim adalah sebuah seni. Menjadi manajer bukan lagi sebuah tanggung jawab, melainkan juga keterampilan, bagaimana mengelola orang dengan berbagai kepribadian, latar belakang, atau ambisi yang berbeda. Semakin hari, semakin banyak orang mengakui, bahwa mengelola orang memang adalah sebuah keterampilan. Tak setiap orang punya talenta ini, tapi bisa diasah.

Sangat wajar, jika Anda yang baru diangkat sebagai manajer merasa canggung dengan posisi baru ini. Kalau biasanya Anda terbiasa menuntaskan tugas sendirian, kini Anda melakukannya bersama tim. Anda juga dituntut untuk lihai berkomunikasi dengan tim, mendelegasikan tugas-tugas kepada orang-orang yang Anda kelola, juga mendorong mereka untuk terus berkembang dan maju.

Bagaimana mempelajari itu semua dalam waktu singkat? E-book “Essential Skills for New Manager seri 1: Mengelola Tim” ini akan sangat menghemat waktu dan energi Anda. Lewat buku ini, penulisnya, Mohammad Noer, mengupas apa saja yang harus Anda lakukan, serta keterampilan apa saja yang perlu Anda miliki sebagai seorang manajer. Penulis akan mengajak Anda berpikir positif dan mempersiapkan diri dengan baik agar mampu menjadi manajer yang efektif, sekaligus produktif.

Isi utama buku “Essentials Skills for New Manager seri 1: Mengelola Tim” terdiri lima bagian besar atau bab. Dalam bab pertama, penulis ingin terlebih dulu mengungkapkan perbedaan antara manajer dan leader. Kenapa? Karena pemahaman atas perbedaan ini akan mempengaruhi gaya kepemimpinan seseorang dalam mengelola tim.

Dalam pelatihan-pelatihan yang penulis gelar, banyak yang berkesimpulan, jika manajer adalah orang yang mengatur anak buahnya untuk melakukan pekerjaan, berada di belakang tim sebagai pemberi komando, sedangkan anak buahnya bekerja keras melakukan tugasnya. Sementara leader dipahami sebagai orang yang mengayomi timnya, berada di depan dan bekerja bersama-sama dengan timnya. Agak mirip dengan ajaran kepemimpinan Ki Hajar Dewantara: ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso.

cara menjadi pemimpin perusahaan yang baik

Tapi sebetulnya tidak hanya itu. Penulis yang juga banyak belajar dari para pemimpin dunia memahami, bahwa leader adalah orang yang menunjukkan sebuah visi kepada timnya, menyampaikan visi tersebut, dan menggerakkan semua orang yang terlibat dalam sebuah tim untuk mewujudkannya. Sementara manajer lebih condong untuk menyebut orang yang bertanggung jawab agar visi tadi dapat berjalan secara efisien dan efektif, menggunakan sumber daya yang tersedia dan dimiliki oleh kelompok.

Untuk itu, menjadi manajer membutuhkan beberapa skill. Skill komunikasi ditempatkan di posisi pertama. Bagi seorang manajer, keterampilan berkomunikasi yang baik menjadi sangat kritikal untuk kesuksesannya. Target apapun yang dia ingin capai tidak akan terjadi, jika tidak mampu berkomunikasi dengan efektif. efektif. Tak hanya komunikasi dengan anggota tim atau bawahannya, melainkan juga dengan rekan kerja (kolega) dan atasannya. Keterampilan berkomunikasi yang baik ini juga menjadi pembeda antara seorang manajer yang leader dan manajer yang bukan leader.

Ada pula bagian tentang motivasi. Tak ada yang lebih kuat mendorong seseorang untuk tetap maju dan berkembang daripada motivasi. Manajer yang efektif mampu memotivasi, tidak hanya tim yang bekerja bersamanya, tetapi juga dirinya sendiri, bagaimana agar mampu bekerja sebaik mungkin, agar tak gampang menyerah saat dihadang kesulitan dan tekanan, juga agar selalu mampu melihat sisi terang dan berpikir positif.

Skill berikutnya yang tak kalah penting adalah kemampuan mendelegasikan tugas. Perbedaan utama antara seorang manajer yang baik dan yang bukan adalah proses delegasi. Sering kita bertemu dengan manajer yang tak mampu memberikan kepercayaan kepada timnya, sehingga banyak pekerjaan tim yang pada akhirnya dia kerjakan sendiri.

Skill utama terakhir yang wajib dimiliki manajer adalah membangun anggota tim. Seorang manajer yang juga leader akan membuka jalan untuk kehadiran leader-leader yang baru. Dalam memimpin, manajer juga bertanggung jawab agar anak buahnya memiliki skill dan kompetensi yang dibutuhkan, tidak hanya untuk saat ini, melainkan juga untuk masa mendatang.

Anda dapat mengunduh e-book Essentials Skills for New Manager seri 1: Mengelola Tim” ini melalui link ini secara gratis.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG
  •  
    17
    Shares
  • 17
  •  
  •  
  •