Ini Dia Bedanya Pengembangan Organisasi dengan Perubahan Organisasi

Ini Dia Bedanya Pengembangan Organisasi dengan Perubahan Organisasi

Pengertian pengembangan organisasi sering tumpang tindih dengan pemahaman mengenai perubahan organisasi. Apakah keduanya memang berbeda? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya organisasi, baik itu perusahaan, instansi pemerintahan, maupun lembaga-lembaga lainnya, banyak perubahan dalam siklus hidup mereka. Perubahan-perubahan ini tidak bisa direspons dengan perlakuan yang sama. Harus juga ada perubahan dari sisi strategi, teknologi, perilaku anggota organisasi, dan sebagainya agar organisasi tetap berdiri.

Perubahan organisasi didorong oleh sejumlah faktor, antara lain semakin canggihnya teknologi, adanya kebutuhan untuk diversifikasi bisnis, juga keinginan untuk melakukan ekspansi. Faktor-faktor ini pada akhirnya berkontribusi pada munculnya pengembangan organisasi dengan mendorong para pemimpin organisasi untuk mengambil tindakan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.

Sampai di sini jelas, ya, apa yang dimaksud dengan perubahan organisasi? Nah, lalu apa yang dimaksud dengan pengembangan organisasi itu sendiri?

Pengertian pengembangan organisasi menurut para ahli mengandung makna sebuah pendekatan atau upaya terencana dan sistematis untuk meningkatkan efektivitas dan kelangsungan hidup organisasi. Pengembangan organisasi mulai berkembang menjadi sebuah cabang ilmu saat sejumlah pakar hubungan manusia dan psikologi semakin menyadari struktur dan proses organisasional ternyata mempengaruhi motivas dan perilaku di tempat kerja.

Dari definisi itu, terlihatlah pentingnya ada pengembangan organisasi untuk keberhasilan atau kesuksesan organisasi itu sendiri.

Adapun faktor-faktor pengembangan organisasi didorong oleh sejumlah hal. Yang pertama tentu saja berhubungan dengan perubahan yang terjadi dalam organisasi tadi atau factor internal, juga perubahan di lingkungannya (eksternal). Perubahan-perubahan seperti ini tak terhindarkan.

Yang kedua adalah kesadaran akan pentingnya komunikasi terbuka dalam organisasi. Faktor ketiga adalah adanya kekhawatiran atau ketakutan dari dari anggota-anggota organisasi menghadapi perubahan yang terjadi.

manfaat pengembangan organisasi_art

Oleh karena pengembangan organisasi berkaitan dengan pencapaian efektivitas, maka sebaiknya pengembangan organisasi dilakukan dengan mengambil fokus pada satu bidang perubahan khusus. Misalnya pengembangan potensi sumber daya manusia, teknologi yang digunakan, perbaikan komunikasi, dan seterusnya. Untuk itu, penting dilakukan pengidentifikasian masalah sebelum melakukan pengembangan organisasi.

Mengenali masalah organisasi merupakan bagian awal dalam langkah-langkah pengembangan organisasi.

Setelah itu, organisasi ataupu konsultan pengembangan organisasi dapat mengumpulkan data sebanyak-banyaknya lewat wawancara dengan anggota organisasi atau teknik lainnya untuk memahami iklim organisasi, juga masalah perilaku anggota organisasi.

Langkah berikutnya adalah melakukan umpan balik dan konfrontasi dari data-data yang telah dikumpulkan itu. Selanjutnya, barulah organisasi merencanakan strategi untuk melakukan perubahan. Untuk konsultan dari luar, perlu untuk masuk atau turut campur dalam sistem organisasi untuk menengahi permasalahan.

Berikutnya adalah menyelenggarakan team building agar organisasi semakin kuat. Terakhir, jangan lupa melakukan evaluasi dari seluruh proses pengembangan organisasi ini.

cara mengembangkan organisasi_art

Ada beberapa model pengembangan organisasi yang dikembangkan sejumlah pakar. Salah satu yang popular adalah yang dikenalkan Burke-Litwin. Pengembangan organisasi dalam model Burke-Litwin berdasarkan pada hasil riset mereka, bahwa kinerja organisasi dan individu akan dipengaruhi oleh dua belas faktor, yakni: lingkungan eksternal, misi dan strategi, kepemimpinan, budaya organisasi, struktur organisasi, praktik-praktik manajemen, sistem-sistem yang digunakan organisasi (termasuk di dalamnya kebijakan-kebijakan dan prosedur), iklim unit kerja, tugas-tugas dan keahlian individu, motivasi, kebutuhan dan nilai-nilai individu, serta kinerja individu dan organisasional.

Seperti halnya model-model pengembangan organisasi lain, ada kelemahan dan kelebihan model The Burke-Litwin ini. Namun hingga kini, model Burke-Litwin masih menjadi salah satu model yang paling banyak digunakan.

Pengembangan organisasi haruslah merupakan sebuah kolaborasi atau melibatkan semua orang yang mengalami dampak perubahan.

Untuk itu, perlu diingat, amat penting untuk dapat mendorong partisipasi orang-orang ini. Pengembangan organisasi juga sangat memperhatikan aspek kemanusiaan atau mengandung nilai-nilai humanistik, sehingga potensi manusia selalu menjadi bagian yang penting.

Tak ada ruginya untuk terus melakukan pengembangan organisasi. Justru pengembangan organisasi akan membawa manfaat bagi organisasi Anda, misalnya akan tercipta hubungan kerja antara pimpinan dengan staf anggota organisasi yang lebih harmonis, meningkatnya kemampuan memecahkan persoalan organisasi, lebuh terbukanya komunikasi, bertambahnya semangat kerja dan pengendalian diri, serta ketahanan individu dan organisasi dalam beradaptasi dengan perubahan. (*)

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG




About The Author

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 1

Pengertian pengembangan organisasi mengandung makna sebuah studi atau pendekatan yang terencana dan sistematis untuk keefektifan kinerja sebuah organisasi, baik itu berbentuk perusahaan, instansi pemerintahan, maupun lembaga-lembaga lainnya. Pengertian pengembangan organisasi menurut para ahli pertama kali muncul sekitar dekade 1930-an saat sejumlah pakar hubungan manusia dan psikologis semakin menyadari struktur dan proses organisasional mempengaruhi motivasi dan perilaku di tempat kerja.

Ada sejumlah kritik dari pengembangan organisasi ini. Sebagian orang tidak mengakui pengembangan organisasi sebagai sebuah studi atau displin ilmiah. Namun ternyata seiring perkembangannya, pengembangan organisasi semakin diperlukan dan harus diseriusi sebagai cabang ilmu.

Semua definisi di atas mengungkapkan pentingnya pengembangan organisasi. Salah satu manfaat pengembangan organisasi adalah untuk pengembangan atau perbaikan berkelanjutan. Pengembangan organisasi akan menciptakan suatu pola peningkatan yang konstan, di mana strategi pengembangan organisasi dikembangkan, dievaluasi, diimplementasikan, dan dinilai kualitasnya.

Ada sejumlah faktor diperlukannya 6pengembangan organisasi, yakni fakta, bahwa perubahan dalam organisasi dan lingkungannya tak terhindarkan. Kemudian pentingnya komunikasi yang terbuka. Faktor lain adalah adanya kekhawatiran dari anggota-anggota organisasi terhadap perubahan yang terjadi.

Karakteristik pengembangan organisasi meliputi nilai-nilai humanistik atau keyakinan positif tentang potensi karyawan, orientasi sistem yang memasukkan semua bagian organisasi (struktur, teknologi, dan orang-orangnya), pembelajaran lewat pengalaman, pemecahan masalah, orientasi kontingensi, agen perubahan, dan level intervensi.

Adapun langkah-langkah pengembangan organisasi adalah sebagai berikut:

  1. Mengenali permasalahan yang dihadapi organisasi
  2. Mengumpulkan data untuk menentukan iklim organisasi dan masalah perilaku anggota-anggotanya
  3. Melakukan umpan balik dari data tersebut dan konfrontasi
  4. Merencanakan strategi untuk melakukan perubahan
  5. Menengahi sistem dalam organisasi
  6. Melakukan team building
  7. Evaluasi

Salah satu model pengembangan organisasi adalah yang dikembangkan Burke-Litwin. Model ini berupaya membawa perubahan dalam kinerja organisasi dalam membangun hubungan antara kinerja dengan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja. Meski ada kelemahan dan kelebihan model The Burke-Litwin ini, model pengembangan organisasi ini merupakan salah satu yang populer atau banyak dijadikan rujukan.

Anda dapat mengambil contoh pengembangan organisasi dari sejumlah model yang ada. Pilihlah yang paling sesuai dengan struktur dan kebutuhan organisasi Anda. (*)

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 2

Silakan klik untuk download proposal training kami

Simak kumpulan artikel lengkap berkualitas kami di sini

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 3

PRESENTA EDU

Presenta Edu (PT Presenta Edukreasi Nusantara) adalah provider training, lembaga pelatihan dan konsultan manajemen yang menyediakan berbagai layanan pelatihan dan pengembangan SDM berkelas dunia dengan pendekatan yang praktis dan aplikatif.

Berkantor di Jakarta, Presenta Edu siap memberikan pelatihan, training, workshop dan seminar berkualitas di berbagai kota besar di Indonesia dan dapat menjadi andalan bagi segenap perusahaan, lembaga dan organisasi di Indonesia untuk bersama membangun bangsa.

PRESENTA EDU

PT Presenta Edukreasi Nusantara
Level 38, Tower A, Kota Kasablanka
Jl. Casablanca Raya Kav 88 Jakarta 12870

HUBUNGI KAMI

Tel: (021) 4016 1717 | HP: 0811 900 2083
Fax: (021) 2963 8088
support@presenta.co.id

Training Kami

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 4

Powerful Business Presentation

Pelatihan presentasi bisnis terbaik Indonesia. Membuat slide bisnis efektif dengan cepat dan mudah serta membawakan presentasi dengan meyakinkan.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 5

Infographic & Advance Powerpoint

Pelatihan infografis berbasis Powerpoint. Mendesain infografis keren dengan cepat dan mudah menggunakan software Powerpoint standar bawaan kantor.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 6

Impactful Communication in The Workplace

Pelatihan komunikasi paling praktis di Indonesia. Berkomunikasi dengan efektif, nyaman dan percaya diri kepada tim, kolega dan atasan Anda di kantor.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 7

Public Speaking for Business Leaders

Pelatihan public speaking terbaik Indonesia. Berbicara di depan umum dengan otentik, natural, percaya diri sekaligus menarik di depan audiens manapun.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 8

Leadership Development Program

Pelatihan leadership terbaik Indonesia. Training leadership praktis & aplikatif untuk manajer dan supervisor. Buat tim Anda solid & berkinerja tinggi.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 9

Training of Trainers (TOT)

Pelatihan TOT terdepan Indonesia. Menjadi trainer yang mampu menstrukturkan materi, memilih metode pengajaran dan membawakan training yang berkesan.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 10

Effective Supervisory Skills

Pelatihan supervisory skills. Kuasai skill utama supervisor dalam mengelola tim dengan efektif. Menjadi pemimpin yang tangguh, kuat dan inspiratif.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 11

Effective Coaching & Mentoring Skills

Pelatihan coaching & mentoring praktis. Menjadi coach & mentor yang efektif dan sukses yang mendorong perubahan dan membangun orang di sekitar Anda.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 12

Influencing & Negotiation Skills

Pelatihan negosiasi yang mudah diikuti dan diterapkan. Kembangkan keterampilan praktis untuk menjadi negosiator ulung  dan memenangkan hati pihak lain.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 13

Problem Solving & Decision Making

Pelatihan problem solving & decision making paling sistematis. Menjadi problem solver handal yang utuh melihat masalah dan cermat membuat keputusan.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 14

Change Management in VUCA World

Pelatihan change management terkini. Nahkodai tim Anda mengarungi ganasnya perubahan dalam era yang volatil, tidak pasti, kompleks dan penuh ambigu.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 15

Creative Thinking & Innovation Strategy

Pelatihan creative thinking & inovasi terbaru. Gunakan model & software simpel untuk menjadikan Anda seorang master kreatif penuh inovasi cemerlang.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 16

Human Resources Management

Pelatihan SDM & HRD Indonesia. Kuasai manajemen SDM dan fungsi HRD untuk manajer lini Non HR dalam iklim perubahan organisasi bisnis yang cepat
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 17

Employee Engagement & Motivation

Pelatihan motivasi terbaik. Bakar motivasi, dongkrak semangat dan lejitkan antusiasme karyawan menjadi winning team & winning company dengan permanen.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 18

HEALTH, SAFETY & ENVIRONMENT (HSE) TRAINING

Pelatihan K3. Pelatihan untuk menjadi tenaga teknis berkeahlian khusus dibimbing praktisi K3 berpengalaman panjang di perusahaan multinasional.
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 19

COMPANY GATHERING & OUTBOUND ACTIVITY

Program outbound dan family gathering di Bandung. Program team building modern dengan fasilitas kelas satu. Fun dan enjoyable, cocok untuk semua.

galeri pelatihan

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 20

General Management Course

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 21

Problem Solving & Decision Making

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 22

Creative Thinking

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 23

Supervisory Skills

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 24

Leadership Development Program

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 25

Engagement & Motivation

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 26

Communication & Public Speaking

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 27

Coaching & Mentoring

Trainer Kami

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 28

MUHAMMAD NOER

Pendiri Presenta Edu sekaligus master trainer untuk training utama di Presenta. Memiliki latar belakang Marketing dan Human Resources dengan sertifikasi internasional dari CIPD, UK. Berpengalaman luas di bidang bisnis dan organisasi lintas negara.

PRAYOGA WIRADISURIA

Pimpinan sebuah perusahaan holding di Jakarta. Memiliki pengalaman sebagai HR di Unilever dan Management Consultant di McKinsey & Company. Ia biasa menangani klien lintas industri dan berbagai fungsi manajemen organisasi.

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 29
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 30

DJOHAN YOGA

International Certified Trainer untuk 9 negara di wilayah Asia.Seorang Insinyur Kimia ITB serta Ph.D dalam bidang Applied Creativity & Innovation. Sejak tahun 2007 menjadi International Trainer dalam bidang: Mind Map, Creativity & Innovation.

DAVID PRANATA

Speaker, trainer & writer di bidang komunikasi dan presentasi. 2nd runner up International Speech Contest Toastmaster 3 negara. Pada Juli 2015 buku pertamanya “Speak with Power” telah diterbitkan oleh Elex Media.

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 31
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 32

LAKSMI TOBING

Memiliki pengalaman 30 tahun di Unilever mulai dari Management Trainee sampai menjadi HR Director. Fasilitator dan Certified Coach. Ia juga mengajar 7 Habits of Highly Effective People buat banyak perusahaan.

KLIEN KAMI

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 33
Testimoni peserta
“Pak Muhammad Noer dengan tim Presenta nya adalah salah satu Learning Partner yang kompeten dan berpengalaman luas, membekali CD Trainer Community kami dengan presentation skills dan facilitating skills yang sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.” Nurul Huda

CD Academy Manager, PT Unilever Indonesia Tbk

“Trainer bagus, penyampaian materi baik sehingga mudah dipahami. Materi training sangat cocok dengan pekerjaan sehari-hari. Modul training juga singkat, padat dan jelas, tidak tebal dan terlalu bertele-tele dan mudah diingat. Training menarik seperti ini harus lebih sering dilaksanakan.” Vania Isabella

MD - E.COMM, HEAD OFFICE, INDOMARET GROUP

“Satu kebanggaan dan kebahagiaan di mana saya dilatih langsung oleh bapak Djohan Yoga, International Certified Trainer dari Tony Buzan dipadu dengan praktisi mind map yang luar biasa yakni bapak Muhammmad Noer.

Hari ini saya dapatkan banyak sekali pengetahuan yang pastinya akan saya pakai di mana tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.” Stevie Lengkong

Master Trainer, Master Core Brain (MCB) Indonesia

Dapatkan Ebook Gratis

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 34

Hubungi kami

Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 35
Perlunya Melakukan Pengembangan Organisasi 36
Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG




About The Author

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tiga Strategi Pengembangan Karir Ini Bisa Bikin Anda Melejit - Training Provider Jakarta Indonesia - PT. Presenta Edukreasi Nusantara - […] Pengembangan karir merupakan serangkaian langkah atau kegiatan yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan statusnya dalam suatu perusahaan, maupun organisasi, pada…

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Buku

Dapatkan buku Keterampilan Penting buat Manajer BaruGRATIS

Masukkan Nama & Email Anda.

Training Publik Presentasi Memukau

Download Jadwal Training Publik 2020

Subscribe to our Newsletter

Subscribe

Artikel Terbaru

Kunjungi Facebook Page dan Youtube Channel Kami

Klik disini untuk Diskusi Training Inhouse

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG
close-link
WhatsApp Klik untuk chat via Whatsapp