Sebagai seorang manajer, apakah Anda pernah memikirkan apa yang sebenarnya diinginkan oleh anak buah Anda dari Anda? Atau, apakah Anda merasa sudah mengetahui dan mengerti apa yang diharapkan oleh anak buah Anda dari Anda sebagai manajer mereka?

Labor Relations Institute yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat, pernah merilis yang disebut dengan ‘Foreman Facts’ pada tahun 1946. Rilis itu diterbitlan berdasarkan hasil survei kepada para manajer dan anak buahnya yang telah mereka lakukan. Survei itu memang sudah sangat lama dilakukan, tapi sepertinya hasilnya masih relevan sampai sekarang.

Berdasarkan rilis tersebut, para manajer berpikir bahwa yang diinginkan oleh anak buah, berdasarkan urutannya adalah

1. gaji yang memadai

2. job security

3. kesempatan untuk dipromosikan

4. suasana kerja yang kondusif

5. pekerjaan yang menarik

6. memperjuangkan kesejahteraan anak buah

7. bijak dalam menerapkan kedisiplinan

8. penghargaan terhadap kinerja anak buah

9. bersimpati jika ada anak buah yang terkena masalah

10. memiliki kepekaan terhadap apa yang tengah dialami oleh anak buah

Kesepuluh hal tersebut memang diinginkan oleh anak buah dari perusahaan, dalam hal ini tentu lewat manajernya. Tapi, berbeda dengan yang dipikirkan oleh para manajer, yang menganggap gaji yang baik adalah yang paling penting, para karyawan atau anak buah justru menganggap bahwa yang paling penting adalah penghargaan terhadap kinerja mereka.

Penghargaan ini ternyata tidak melulu harus dinilai dengan uang atau gaji yang tinggi. Ada anak buah yang mendapatkan gaji cukup besar, tapi masih merasa tidak mendapatkan penghargaan terhadap hasil kerjanya. Sekadar ucapan terima kasih yang tulus dari atasan kepada anak buah yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, ternyata lebih membuat mereka merasa senang dan dihargai.

Setelah lebih dari 70 tahun setelah survei yang dilakukan oleh Labor Relations Institute tersebut, apakah para karyawan masih menginginkan hal yang sama dari atasan atau manajernya? Beberapa penelitian menyatakan bahwa sebagian besar masih sama. Hampir semua karyawan menginginkan manajer atau atasan yang mau menghargai apa yang sudah mereka berikan atau kerjakan untuk perusahaan.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Para Manajer?

menjadi manajer tim kompak

Karena ternyata yang paling diinginkan oleh para karyawan adalah penghargaan terhadap kinerja mereka, maka para manajer harus mulai memprioritaskan untuk mengenal anak buahnya dengan baik. Mengenal di sini tentu bukan hanya mengenal nama mereka, tapi juga mengetahui potensi dan kinerja yang selama ini sudah ditunjukkan oleh mereka.

Untuk bisa mengenal anak buah Anda, maka Anda harus hadir untuk mereka. Maksudnya adalah, Anda harus ada untuk mereka ketika mereka membutuhkan Anda. Jadi, Anda sebaiknya tidak berdiam diri terus di ruangan kerja, tapi juga sering berinteraksi dengan anak buah Anda. Sampaikan secara langsung kepada mereka, bahwa Anda sangat berterima kasih atas kinerja mereka selama ini.

Dengan berinteraksi langsung, Anda juga akan mengetahui masalah atau kendala yang tengah dihadapi oleh anak buah Anda. Jadi, Anda bisa langsung turun tangan untuk memberikan alternatif solusi untuk mengatasinya. Anda juga bisa mencari tahu mengenai ide-ide atau pemikiran dari anak buah Anda yang dapat diimplementasikan demi kemajuan perusahaan.

Atau, Anda juga bisa mengadakan acara internal di lingkungan tim Anda, misalnya dengan mengadakan pemilihan ‘karyawan berprestasi’. Karyawan atau anak buah yang menjadi pemenangnya akan mendapatkan hadiah, misalnya berupa pelatihan atau uang tunai. Walaupun hadiahnya mungkin tidak seberapa, tapi hal semacam ini dapat memacu anak buah Anda untuk mengeluarkan segenap kemampuan terbaiknya.

Selain itu, sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerja mereka, Anda juga bisa mendelegasikan tugas-tugas penting kepada anak buah yang Anda anggap mampu untuk mengerjakannya. Kalau selama ini anak buah melihat ada sebuah tugas berat yang Anda lakukan dan kini tugas itu Anda delegasikan kepada mereka, tentu mereka akan merasa tertantang untuk juga bisa melakukannya.

Penghargaan untuk karyawan sebenarnya tidak melulu harus diberikan lewat hadiah atau penghargaan yang sifatnya formal. Anda mau mendengarkan mereka, juga secara langsung mengatakan ‘terima kasih’ atas kerja sama dan kinerja mereka selama ini, sebenarnya sudah cukup.

Apa Lagi yang Mereka Inginkan?

komunikasi bersama anggota tim

Selain penghargaan dan 9 hal lain yang disebutkan di atas, saat ini yang juga sangat diinginkan oleh para karyawan dari atasannya adalah bisa berkomunikasi dengan baik. Bagi anak buah, manajer yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik itu adalah manajer yang:

– Mau memberikan kesempatan kepada anak buah untuk bisa berimprovisasi

– Selalu mau mendengarkan anak buah

– Menyediakan informasi yang berguna dan penting bagi kemajuan anak buah

– Memberikan penjelasan yang cukup mengenai hal-hal yang berhubungan dengan tugas yang diberikan kepada anak buah

– Memberikan pengertian kepada anak buah mengenai kondisi perusahaan dan apa yang telah dilakukan untuk memperjuangkan kesejahteraan anak buah

– Memberikan penjelasan jika ada kasak-kusuk atau gosip yang beredar

– Memberikan instruksi yang jelas dan tepat kepada anak buah

– Memberi penjelasan kepada anak buah mengenai tujuan yang hendak dicapai oleh tim atau oleh perusahaan, sehingga anak buah juga bisa ikut memberikan masukan

Selain kemampuan berkomunikasi, anak buah juga ingin agar manajer atau atasannya memberikan kepercayaan kepada mereka. Kepercayaan itu artinya, anak buah diberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk bereksplorasi dengan dirinya sendiri mengenai tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada mereka.

Jadi, ketika Anda memberikan tugas kepada mereka, serahkan tanggung jawab penuh kepada mereka untuk mengerjakannya. Anda tidak perlu mengatakan bahwa anak buah harus melakukan ini dan itu. Percayakan saja kepada mereka. Yang penting adalah, anak buah tidak melanggar hukum dan peraturan perusahaan, serta mengerjakan tugas sesuai instruksi dan tenggat waktu yang telah ditetapkan.

Kemampuan berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan anak buah memang sangat penting. Dengan berkomunikasi, Anda akan dapat mengerti apa yang diinginkan oleh anak buah. Anak buah juga bisa mengerti apa yang diinginkan oleh Anda atau perusahaan dari mereka.

Jadi, mulailah untuk mencari dan mempelajari cara berkomunikasi yang baik dengan anak buah Anda, agar tim Anda menjadi semakin kompak.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG