Di tempat kerja, kekuasaan seorang atasan sering ditakuti oleh anak buah. Hal ini karena kekuasaan sering dianggap sebagai alat untuk kepentingan diri sendiri, hingga mengorbankan orang lain. Anggapan ini juga berlaku di tempat kerja. Tidak jarang, atasan menjadi orang yang ditakuti oleh anak buah, karena kekuasaan yang dimilikinya.

Untuk Anda, para manajer atau atasan, tentu ingin memanfaatkan kekuasaan yang dimilikinya dengan baik. Anda ingin menjadi atasan yang disegani oleh anak buah. Tapi, Anda juga ingin menjadi atasan yang dicintai oleh anak buah.

Jika Anda ingin dianggap sebagai atasan yang menyenangkan, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan kekuasaan yang Anda miliki. Justru dengan kekuasaan ini, Anda punya kesempatan untuk menjadi seorang bos yang keren, yang disegani sekaligus dicintai.

Ada beberapa kekuasaan yang bisa dimiliki seseorang di tempat kerja. Biasanya, kekuasaan akan semakin bertambah, jika posisi kariernya semakin meningkat. Kekuasaan-kekuasaan itu antara lain:

· Kekuasaan untuk membuat keputusan

· Kekuasaan untuk memberikan penghargaan

· Kekuasaan untuk memberikan sanksi

· Kekuasaan untuk memilih anggota tim

· Kekuasaan untuk mengatur lingkungan kerja agar selalu kondusif

Bagaimana untuk menggunakan kekuasaan-kekuasaan tersebut, agar Anda menjadi seorang bos yang keren?

1. Kekuasaan untuk membuat keputusan

Membuat keputusan, apalagi sebuah keputusan yang win-win solution memang tidak mudah. Seorang atasan harus bisa membuat keputusan yang bermanfaat bagi keuntungan perusahaan, sekaligus demi kepentingan para karyawan.

Untuk menggunakan kekuasaan ini, Anda dituntut untuk mempertimbangkan semua keputusan yang akan Anda buat. Sebelumnya, Anda harus membuat list mengenai hal positif dan negatif dari keputusan yang akan Anda buat atau ambil.

Usahakan untuk selalu mengambil keputusan yang menguntungkan lebih banyak pihak secara adil.

2. Kekuasaan untuk memberikan penghargaan

Sebagai atasan, maka Anda punya hak atau kekuasaan untuk memberikan penghargaan kepada anak buah. Penghargaan itu bisa berbentuk kenaikan gaji, pemberian bonus, atau memberikan promosi.

Untuk menjadi seorang bos yang keren, maka kekuasaan tersebut juga harus Anda gunakan dengan seadil-adilnya. Anda harus objektif dalam memberikan penghargaan, agar tidak menimbulkan gosip miring atau kecemburuan di antara para karyawan.

Agar bisa objektif, maka Anda harus benar-benar intens dalam memahami hasil kerja semua anak buah Anda. Anda juga harus rajin berinteraksi dengan mereka, agar Anda juga bisa menggali lebih dalam mengenai potensi-potensi yang ada dalam diri anak buah Anda.

3. Kekuasaan untuk memberikan sanksi

Sama seperti kekuasaan untuk memberikan penghargaan, maka kekuasaan untuk memberikan sanksi ini juga harus digunakan secara objektif.

Sebelum memberikan hukuman atau sanksi kepada anak buah atau anggota tim yang tidak bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku, Anda betul-betul harus mempertimbangkannya. Lihat dulu, seberapa besar atau merugikan kesalahan yang dibuatnya.

Selain itu, pertimbangkan juga apakah sanksi yang akan diberikan dapat membuat karyawan yang bersangkutn mau memperbaiki diri atau justru malah akan membuatnya down.

Jika pemberian suatu sanksi ternyata malah merugikan banyak pihak, maka tentu harus dipertimbangkan untuk memberikan sanksi yang lain, yang lebih bermanfaat.

4. Kekuasaan untuk memilih anggota tim

Anda adalah komandan tim, maka Anda juga punya hak atau kuasa untuk menentukan anggota tim Anda.

Jika Anda baru akan membentuk sebuah tim, maka akan lebih mudah. Anda tinggal menyeleksi dan memilih orang-oang yang kriterianya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tapi, jika Anda mendapatkan promosi untuk menjadi seorang manajer, itu artinya Anda sudah memiliki anggota tim. Anda tentu tidak bisa seenak-enaknya mengganti anggota tim yang ada.

Untuk menggunakan kekuasaan ini, berarti Anda harus pandai untuk membaca situasi. Anda bisa melakukan pemetaan mengenai kelebihan dan kekurangan setiap orang yang ada di tim Anda. Kemudian, Anda bisa menggunakannya untuk kemajuan tim yang Anda pimpin.

Berikan tugas yang sesuai untuk masing-masing anggota tim, maka mereka akan bisa bekerja dengan sebaik-baiknya. Kalau anggota tim bekerja dengan baik, maka tim Anda juga akan produktif.

5. Kekuasaan untuk mengatur lingkungan kerja agar selalu kondusif

Mengatur orang banyak memang tidak mudah. Setiap orang akan punya pola pikir dan karakternya masing-masing. Perbedaan ini tidak jarang dapat menimbulkan friksi di dalam tim.

Di saat seperti ini, maka kepiawaian Anda sangat diuji. Anda berhak untuk melakukan apapun yang dianggap perlu untuk menjaga situasi dan lingkungan kerja yang kondusif.

Jika terjadi masalah di antara anggota tim, maka Anda harus melihat apa sebenarnya yang terjadi. Dengan melakukan evaluasi bersama anggota tim yang bermasalah itu, maka Anda dapat menemukan jalan keluar yang menguntungkan semua pihak.

Menjadi seorang bos yang keren memang tidak mudah. Anda memang memiliki kekuasaan. Tapi, Anda harus betul-betul menggunakan kekuasaan tersebut dengan sebaik-baiknya, untuk meminimalisir kerugian yang dapat dialami dan memperbesar keuntungan bagi tim.

Peran komunikasi sangat penting dalam hal ini. Dengan kemampuan komunikasi yang mumpuni, maka Anda dapat menggunakan kekuasaan sebagai sebagai seorang bos dengan tepat.

Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda di tempat kerja, agar bisa menjadi seorang bos yang keren, Anda dapat belajar bersama kami di sini.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG
  •  
    7
    Shares
  • 7
  •  
  •  
  •