Generasi milenial saat ini termasuk generasi yang luar biasa. Mereka mampu menjadi seorang pribadi yang berhasil, di usianya yang masih muda. Walau begitu, tidak sedikit orang-orang muda yang sangat mudah meraih sukses, namun dengan cepat pula kehilangan kesuksesannya tersebut.

Tetapi, generasi muda adalah generasi penerus. Pada saatnya nanti, Andalah yang akan menjadi pemimpin. Saat ini mungkin Anda hebat dan memiliki banyak ide brilian, tapi Anda masih kurang matang untuk menjadi seorang pemimpin.

Sebagai orang muda, tentu harus benar-benar mempersiapkan diri agar kelak bisa menjadi seorang pemimpin atau manajer yang baik bagi timnya.

Potensi Menjadi Seorang Pemimpin

Banyak orang yang mengatakan bahwa cocok tidaknya seorang menjadi seorang pemimpin, tergantung dari bakatnya, apakah dia berpotensi atau tidak.

Potensi menjadi seorang pemimpin tidak dapat hanya dilihat dari kemampuan seseorang dalam bekerja. Ada seorang pekerja yang sangat bisa diandalkan. Dia pandai, terampil dan disiplin. Apakah dia cocok untuk menjadi seorang pemimpin?

Belum tentu. Mungkin dia memang pintar dan terampil. Tetapi selama ini dia selalu bekerja sendiri. Dia tidak pernah membagikan kepandaian dan keterampilannya kepada orang lain. Karena merasa sebagai karyawan yang diandalkan, dia juga tidak mau mengembangkan dirinya dengan mempelajari hal-hal ini.

Karyawan seperti itu terlihat tidak potensial untuk menjadi seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah orang yang mau berbagi dan tidak hanya fokus pada dirinya sendiri. Jadi, seorang yang mungkin biasa-biasa saja, tapi dia terlihat sangat mau berkembang dan tidak segan membantu orang lain, justru seperti itulah yang berpotensi menjadi pemimpin.

Kepemimpian Dalam Teori

Ada teori yang mengatakan bahwa pemimpin itu dilahirkan, bukan dihasilkan. Tapi ada juga yang menyebutkan bahwa menjadi pemimpin adalah sesuatu yang dapat dipelajari. Menurut Anda, mana yang paling tepat?

Yang ideal tentu saja orang yang memang berbakat menjadi pemimpin, berada di tempat yang benar, sehingga dia bisa belajar menjadi pemimpin yang baik. Orang seperti ini tentu dapat menjadi pemimpin yang sangat baik.

Memang, memimpin adalah kemampuan yang dapat dipelajari. Seorang pemimpin adalah orang yang memiliki visi ke depan, lebih baik daripada orang lain. Visi inilah yang dapat membuat seseorang membuat rencana dan rancangan tindakan untuk menghadapinya. Inilah yang sangat dibutuhkan dari seorang pemimpin.

Selain itu, seorang pemimpin adalah orang yang optimis, orang yang dapat melihat masa depan yang lebih baik. Tidak semua orang mampu berpikir seperti ini. Apalagi jika kondisi saat ini memang sangat buruk. Kemampuan untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik ditentukan dari pola pikir, apa yang bisa dilakukan demi masa depan yang lebih baik.

Jadi, jika Anda merasa tidak dilahirkan untuk menjadi pemimpin alias tidak berbakat jadi manajer, Anda tidak perlu berkecil hati. Asah terus kemampuan analisa dan berpikir Anda, untuk menjadikan masa depan menjadi lebih baik. Dengan itulah Anda bisa menjadi seorang pemimpin.

Untuk menjadi pemimpin yang baik, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan:

1. Seorang Pemimpin Adalah Orang yang Mengenal Dirinya Dengan Baik

Seorang pemimpin yang baik adalah dia yang sangat mengenal dirinya sendiri dengan baik pula. Maksudnya, dia tahu kelebihan dan kekurangannya. Dia mengerti bagaimana menggunakan kelebihannya, tapi juga memahami apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kekurangannya.

Dengan mengenal dirinya dengan baik, maka dia akan mampu ‘memanfaatkan’ kondisi anggota timnya dengan baik, demi kemajuan bersama.

2. Seorang Pemimpin Adalah Orang yang Berintegritas

Seorang pemimpin yang baik adalah orang yang memiliki integritas. Artinya, dia adalah orang yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh para anggota timnya.

Dengan integritas tersebut, maka anggota timnya dapat leluasa untuk berkomunikasi dengannya. Mereka tidak akan segan untuk mengatakan kepadanya mengenai semua masalah yang dihadapi. Mereka percaya bahwa pemimpin mereka akan membantu mereka mencari solusinya.

3. Seorang Pemimpin Adalah Orang yang Menghargai Orang Lain

Pemimpin adalah orang yang dianggap lebih baik daripada anggota tim yang lain. Walau begitu, seorang pemimpin yang baik adalah dia yang menghargai semua orang, khususnya anggota timnya.

Telah disebutkan bahwa seorang pemimpin yang baik adalah orang yang mengenal dirinya. Dengan mengenal dirinya, maka dia akan menyadari bahwa dia memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jadi, dia juga akan menyadari bahwa semua anggota timnya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemimpin yang baik adalah orang yang mampu memanfaatkan kelebihan anggota timnya, untuk melengkapi kekurangan anggota tim yang lain. Dengan begitu, kinerja tim akan selalu terjaga.

4. Seorang Pemimpin Adalah Orang yang Mampu Menginspirasi

Seorang pemimpin yang baik adalah orang yang dapat menginspirasi anggota timnya. Ketika ada anggota tim yang kinerjanya menurun, maka dia harus dapat membuatnya kembali menunjukkan kinerjanya yang baik.

Pemimpin yang baik adalah orang yang dapat membuat orang lain menjadi pribadi yang lebih baik.

Memang, ada orang yang memang dilahirkan menjadi pemimpin. Tapi ada juga orang yang dihasilkan untuk menjadi pemimpin. Jenis yang kedua ini adalah orang yang ditempa oleh keadaan, sehingga dia bisa menjadi seorang pemimpin.

Menjadi pemimpin atau manajer di dalam sebuah tim kerja bisa jadi adalah sebuah perjalanan karier yang harus diperjuangkan. Jika Anda benar-benar mempelajari bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, maka Anda bisa menjadi seorang pemimpin.

Untuk bisa menjalani karier dengan baik, maka ada beberapa hal yang bisa Anda pelajari. Anda bisa belajar bersama kami di sini, jika Anda membutuhkan bantuan profesional untuk menapaki karier menjadi seorang pemimpin yang baik.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG