(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Efektif Mengatur Tim Kerja Dari Rumah

Sudah setahun lebih, pandemic Covid 19 masih terus berlangsung. Apalagi kini bermunculan varian baru yang, menurut para ilmuwan, lebih berbahaya karena lebih cepat menular. Kebijakan work from home kembali diambil oleh beberapa kantor, karena cluster perkantoran yang juga meningkat.

Mungkin kantor Anda adalah salah satu kantor yang kembali menerapkan kebijakan work from home ini. Artinya, Anda dan tim kerja Anda kembali harus menyesuaikan diri dengan bekerja dari rumah masing-masing.

Jika selama beberapa bulan terakhir ini kondisi kerja sudah terasa lebih ‘normal’ karena bisa saling bertemu, walau mungkin agak dibatasi, kali ini kembali harus bekerja dengan tatap muka secara virtual. Artinya, kita kembali harus berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan.

Sebagai seorang manajer, tentu akan lebih mudah jika bekerja di kantor dan berhadapan langsung dengan anak buah. Semua koordinasi, instruksi dan delegasi akan lebih mudah disampaikan. Kontrol dan evaluasi terhadap hasil kerja tim juga akan lebih mudah dilakukan.

Dengan kembali bekerja dari rumah, banyak kegiatan yang harus dilakukan secara daring lagi. Salah satunya adalah presentasi. Bagaimana melakukan presentasi online yang baik? Silakan simak video berikut ini:

 

https://www.youtube.com/watch?v=Vaqfi7Hs7jY

 

Selain presentasi dan rapat, beberapa hal juga harus dilakukan dari rumah. Yang dirasakan paing sulit untuk dikerjakan selama WFH mengatur irama kerja tim. Kalau bertemu secara langsung, tentu koordinasi akan lebih mudah dilakukan.

Nah, berikut ini ada tips agar lebih mudah mengatur tim kerja, walau harus dilakukan dari rumah dan tidak bertatap muka secara langsung:

 

  1. Pastikan Seluruh Anggota Tim ‘Siap’ Bekerja Dari Rumah

Artinya, pastikan seluruh anggota tim Anda memiliki sarana yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka dari rumah. Misalnya komputer, jaringan internet yang baik, juga ponsel yang memadai.

Tanpa sarana yang memadai, maka koordinasi pekerjaan akan terhambat.

 

  1. Rencanakan Semua Hal Dengan Terperinci

Buatlah daftar kerja, sama seperti ketika Anda harus bekerja di kantor. Misalnya, apa yang harus dilakukan pada hari ini, apakah ada anggota tim yang harus diberi pengarahan secara khusus, apa saja yang harus disampaikan pada masing-masing anggota tim kerja, atau prioritas pekerjaan yang harus dilakukan segera.

 

  1. Buat Salinan

Salin semua hal penting yang ada di komputer kantor Anda, seperti nomor-nomor kontak dan alamat e-mail yang penting, berkas-berkas pekerjaan dan semua hal yang setiap hari Anda perlukan saat bekerja.

Jangan sampai pekerjaan Anda nanti di rumah terganggu hanya gara-gara ada satu file saja yang lupa untuk Anda salin dan dibawa pulang.

 

  1. Siapkan Ruang Kerja yang Nyaman & Representatif

Agar Anda bisa bekerja dengan nyaman di rumah, siapkan ruangan atau tempat khusus untuk bekerja. Usahakan agar tempat itu cukup tenang, agar Anda tidak mengalami gangguan ketika harus melakukan presentasi atau rapat penting dengan klien atau anggota tim.

Selain nyaman, pastikan juga agar koneksi internet di tempat itu stabil. Kadang-kadang ada beberapa bagian rumah yang koneksi internetnya kurang stabil dibandingkan di ruangan lain.

 

  1. Buat Jam & Peraturan Kerja

Walaupun bekerja dari rumah, bukan berarti kita bisa seenaknya untuk memulai waktu kerja. Sebisa mungkin, buatlah jadwal yang tidak meleset dari waktu bekerja saat di kantor. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan efektif.

Membuat jadwal kerja selama WFH juga akan membuat pekerjaan Anda lebih efisien. Tidak sedikit orang yang baru bisa menyelesaikan pekerjaannya setelah 10, bahkan 12 jam bekerja, saat harus menjalani WFH. Rupanya, mereka tidak membuat jadwal kerja yang tepat, sehingga lebih sering terganggu dan tergoda untuk melakukan hal yang lainnya.

 

  1. Buka Saluran Komunikasi Dengan Seluruh Anggota Tim

Walaupun tidak bertemu secara langsung, bukan berarti sesama anggota tim tidak bisa berkomunikasi dengan cepat. Untuk itu, pastikan saluran komunikasi di antara sesama anggota tim kerja selalu terbuka, selama waktu bekerja.

Anda bisa membuat grup Whatsapp khusus untuk anggota tim kerja Anda. Jadi jika ada sesuatu yang penting, seluruh anggota tim bisa langsung terinformasi dan pekerjaan bisa dilakukan dengan baik dan efektif.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan, agar tim Anda bisa tetap bekerja dengan baik dan produktif selama WFH.

Walau begitu, yang namanya bekerja dari rumah, godaan atau gangguan sangat mungkin untuk terjadi. Untuk itu, Anda harus bisa menjaga mood Anda dengan baik. (*)

 

 

 



Submit a Comment

Your email address will not be published.