Seorang manajer yang baik haruslah bisa menjadi seorang pemimpin yang baik pula. Dia harus bisa menjadi seseorang yang mampu memotivasi, memberikan inspirasi dan menggerakkan anggota timnya untuk menunjukkan performa kerja yang terbaik.
Untuk itulah, seorang manajer harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Ada orang yang memang memiliki bakat tersebut sejak lahir, tapi sebagian besar tidak. Agar bisa berkomunikasi dengan baik, maka seorang manajer perlu untuk mempelajari ilmu komunikasi efektif dan public speaking.
Mengapa public speaking? Bukankah seorang manajer tidak harus berbicara di depan umum?
Karena kemampuan public speaking tidak hanya diperlukan oleh seorang public speaker. Setiap orang memerlukannya, khususnya mereka yang bertugas menjadi pemimpin. Kemampuan public speaking dapat membantu meningkatkan kemampuan leadership seseorang.
Mengapa demikian?
Coba simak video berikut ini:
Dari video tersebut kita bisa melihat bahwa apa yang diperlukan dalam teknik dasar public speaking, juga sangat diperlukan untuk bisa menjadi seorang leader yang baik.
Semua itu tentu harus disampaikan dengan baik, agar anggota tim juga bisa menerima dan memahami pesan atau gagasan tersebut dengan baik pula.
Jika seorang manajer tidak memiliki kemampuan berbicara dengan baik, maka anggota timnya tidak akan bisa mengerti atau memahami pesannya. Hal itu tentu akan berpengaruh pada kinerja mereka, yang akhirnya akan berdampak pada produktivitas perusahaan.
Maka dari itu, tidak sedikit perusahaan yang memberikan pelatihan komunikasi, seperti public speaking, kepada para manajernya. Hal itu menunjukkan bahwa perusahaan sangat mengharapkan agar para manajernya piawai dalam berbicara, walaupun mereka bukanlah seorang public speaker.
Seorang manajer perlu memiliki kemampuan berbicara yang baik karena ia berbicara untuk:
Pemimpin yang Baik Harus Memiliki Keterampilan Berbicara yang Baik
Tujuan kita berbicara dengan orang lain adalah untuk menyampaikan pesan atau gagasan. Demikian juga yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin. Karena seorang manajer adalah seorang pemimpin, maka dia harus mampu untuk menyampaikan gagasan atau pesannya kepada anggota timnya dengan baik. Pesan atau gagasan yang disampaikan oleh seorang manajer kepada anak buah atau anggota timnya ini bisa berupa instruksi tugas, evaluasi pekerjaan, atau informasi penting dari perusahaan.
- Didengarkan
- Dipahami
- Ditindaklanjuti
Trackbacks/Pingbacks