(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Kunci Keberhasilan Seorang Manajer

Seorang manajer yang baik haruslah bisa menjadi seorang pemimpin yang baik pula. Dia harus bisa menjadi seseorang yang mampu memotivasi, memberikan inspirasi dan menggerakkan anggota timnya untuk menunjukkan performa kerja yang terbaik.

Untuk itulah, seorang manajer harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Ada orang yang memang memiliki bakat tersebut sejak lahir, tapi sebagian besar tidak. Agar bisa berkomunikasi dengan baik, maka seorang manajer perlu untuk mempelajari ilmu komunikasi efektif dan public speaking.

Mengapa public speaking? Bukankah seorang manajer tidak harus berbicara di depan umum?

Karena kemampuan public speaking tidak hanya diperlukan oleh seorang public speaker. Setiap orang memerlukannya, khususnya mereka yang bertugas menjadi pemimpin. Kemampuan public speaking dapat membantu meningkatkan kemampuan leadership seseorang.

Mengapa demikian?

Coba simak video berikut ini:

Dari video tersebut kita bisa melihat bahwa apa yang diperlukan dalam teknik dasar public speaking, juga sangat diperlukan untuk bisa menjadi seorang leader yang baik.

Pemimpin yang Baik Harus Memiliki Keterampilan Berbicara yang Baik

Tujuan kita berbicara dengan orang lain adalah untuk menyampaikan pesan atau gagasan. Demikian juga yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin. Karena seorang manajer adalah seorang pemimpin, maka dia harus mampu untuk menyampaikan gagasan atau pesannya kepada anggota timnya dengan baik.

Pesan atau gagasan yang disampaikan oleh seorang manajer kepada anak buah atau anggota timnya ini bisa berupa instruksi tugas, evaluasi pekerjaan, atau informasi penting dari perusahaan.

Kunci Keberhasilan Seorang Manajer 1

 

Semua itu tentu harus disampaikan dengan baik, agar anggota tim juga bisa menerima dan memahami pesan atau gagasan tersebut dengan baik pula.

Jika seorang manajer tidak memiliki kemampuan berbicara dengan baik, maka anggota timnya tidak akan bisa mengerti atau memahami pesannya. Hal itu tentu akan berpengaruh pada kinerja mereka, yang akhirnya akan berdampak pada produktivitas perusahaan.

Maka dari itu, tidak sedikit perusahaan yang memberikan pelatihan komunikasi, seperti public speaking, kepada para manajernya. Hal itu menunjukkan bahwa perusahaan sangat mengharapkan agar para manajernya piawai dalam berbicara, walaupun mereka bukanlah seorang public speaker.

Seorang manajer perlu memiliki kemampuan berbicara yang baik karena ia berbicara untuk:

  • Didengarkan

Seorang manajer tentu harus sering berbicara saat sedang bekerja, seperti kepada anggota timnya, kepada atasannya, atau kepada rekannya sesama manajer.

Dalam urusan pekerjaan, apa yang dibicarakannya itu tentu harus bisa didengarkan oleh mereka. Jika manajer tersebut tidak bisa menyampaikannya dengan baik, maka apa yang dibicarakannya itu tidak akan bisa didengarkan atau ditangkap dengan baik pula.

Khususnya untuk anak buah atau anggota timnya, apa yang disampaikan oleh seorang manajer harus bisa membuat mereka terinspirasi, termotivasi dan akhirnya bersedia untuk bersama-sama mewujudkan tujuan dan harapannya.

Di dalam tim kerja, seorang manajer diperlukan untuk bisa memberikan instruksi, petunjuk, arahan, atau informasi yang dibutuhkan oleh anggota timnya, untuk mencapai performa kerja yang diharapkan oleh perusahaan.

  • Dipahami

Setelah didengarkan, perkataan seorang manajer tentu harus bisa dipahami. Mengutarakan sesuatu yang bisa dipahami oleh orang lain membutuhkan keterampilan tersendiri. Hal itulah yang dipelajari dalam teknik public speaking.

Untuk bisa dipahami, seorang manajer juga harus mau memahami anggota timnya. Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami ini dapat diperoleh jika ia memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

  • Ditindaklanjuti

Setelah seorang manajer memberikan instruksi atau arahan kepada anggota timnya, tentu ia mengharapkan agar mereka kemudian mau melakukan tindakan yang sesuai. Misalnya, seorang manajer memberikan arahan atau instruksi kepada anggota timnya untuk membuat program marketing yang lebih efektif. Setelah itu, tentu diharapkan agar anggota timnya segera membuat apa yang diinstruksikan itu.

Untuk itulah, seorang manajer perlu berbicara dengan jelas, mudah dipahami dan meyakinkan, sehingga anggota timnya langsung termotivasi untuk melakukan sesuatu.

Kemampuan inilah yang ada dalam teknik public speaking. Seorang public speaker biasanya mampu meyakinkan banyak orang. Dengan belajar teknik public speaking, seorang manajer diharapkan mampu meyakinkan anggota timnya.

Ketika seorang manajer memiliki kemampuan berbicara yang baik, maka anggota timnya juga cepat mengerti dan memahami maksudnya. Dengan begitu, mereka akan bisa menunjukkan performa kerja yang diharapkan oleh manajernya.

Jika tim kerja mampu untuk menunjukkan kinerja yang baik, maka produktivitas perusahaan juga akan meningkat. Perusahaan akhirnya melihat bahwa manajernya mampu untuk menggerakkan timnya dengan baik, sehingga layak untuk diberikan promosi untuk memimpin tim yang lebih besar.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan public speaking dapat membantu kesuksesan seorang manajer.

Untuk mendapatkan ilmu public speaking yang lengkap dan mudah dipahami, Anda bisa mengikuti pelatihan public speaking yang diadakan oleh Presenta Edu. Metode pelatihannya sangat aplikatif dan mudah dipahami, sehingga bisa langsung dipraktekkan dalam pekerjaan Anda di kantor.

 

 

 

 




Trackbacks/Pingbacks

  1. Efektif Mengatur Tim Kerja Dari Rumah | Training Provider Jakarta Indonesia - PT Presenta Edukreasi Nusantara - […] seorang manajer, tentu akan lebih mudah jika bekerja di kantor dan berhadapan langsung dengan anak buah. Semua […]
  2. Jadi Pemimpin yang Percaya Diri – Training Provider Jakarta Indonesia – PT Presenta Edukreasi Nusantara - […] presenter. Jika presenter harus meyakinkan atau mendorong audiensnya untuk melakukan sesuatu, maka keberhasilan seorang manajer adalah ketika dia mampu…

Submit a Comment

Your email address will not be published.