Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Definisi dan pengertian public speaking adalah proses komunikasi yang dilakukan di hadapan khalayak ramai atau sekelompok orang. Pada umumnya, public speaking bertujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi, atau menghibur orang banyak.

Berdasarkan definisi tersebut, maka public speaking adalah tata cara untuk bicara di depan umum, sehingga harus dilakukan secara runtut dan terencana.

Oleh karena itu, dalam public speaking tidak hanya membutuhkan kemampuan berbicara, tapi lebih pada kemampuan bicara yang terstruktur dan mudah dipahami orang banyak dalam waktu singkat.

Selain itu, definisi dan pengertian public speaking tersebut juga mensyaratkan untuk memiliki rasa percaya diri yang cukup. Kemampuan bicara sebaik apapun, jika tidak didukung oleh rasa percaya diri yang memadai, maka akan sia-sia.

Banyak yang menduga bahwa kemampuan public speaking adalah kemampuan bicara dalam bahasa formal. Tentu saja tidak seperti itu. Public speaking bukan melulu hanya soal bicara dalam bahasa formal. Public speaking adalah bicara dalam bahasa yang sesuai dengan khalayaknya.

Jadi, bisa saja public speaking sama sekali tidak menggunakan bahasa formal. Apalagi jika kegiatan public speaking tersebut dilakukan di depan sekelompok orang-orang muda. Orang muda biasanya tidak terlalu nyaman jika diajak bicara dalam bahasa formal.

Yang paling penting dalam public speaking adalah bicara sesuai dengan khalayak yang dituju, atau target audience. Maka, yang penting untuk dilakukan ketika akan melakukan kegiatan public speaking adalah mengenali calon khalayak yang akan menjadi audiens yang bersangkutan.

Pentingnya Memahami Definisi dan Pengertian Public Speaking

pengertian public spekaing menurut para ahli_art

Saat ini, public speaking sudah menjadi kemampuan yang harus dimiliki. Hampir semua profesi membutuhkan kemampuan public speaking, karena saat ini setiap hal harus dipresentasikan. Menyampaikan presentasi jelas membutuhkan keterampilan public speaking.

Tapi sayangnya, masih ada orang yang kurang memahami pentingnya menguasai public speaking. Padahal, keterampilan public speaking ini sangat diperlukan, termasuk di lingkup kecil, seperti di kantor atau organisasi.

Saat bekerja di kantor, tak jarang seseorang harus mempresentasikan hasil kerjanya kepada atasan atau rekan-rekan kerjanya. Walaupun mungkin hanya beberapa orang, tapi atasan dan rekan-rekan kerja itu adalah khalayak yang menjadi target audience.

Jadi, selain latar belakang ilmu dan keterampilan yang kita miliki dari bangku sekolah, sangat disarankan untuk juga mengasah kemampuan public speaking, sebelum terjun ke dunia professional.

Ada dua manfaat terpenting dari public speaking. Yang pertama adalah membantu meningkatkan rasa percaya diri. Sedangkan yang kedua adalah meningkatkan keterampilan riset.

Lho, tadi katanya public speaking membutuhkan rasa percaya diri. Kenapa sekarang dikatakan bahwa public speaking dapat meningkatkan rasa percaya diri?

Memang, saat menyampaikan materi saat melakukan public speaking, kita harus memiliki rasa percaya diri yang memadai. Jika tidak, maka kita tidak akan mampu melakukannya dengan baik.

Namun, ketika kita sudah sering melakukan public speaking, apalagi tujuannya berhasil, maka rasa percaya diri kita akan bertambah. Kita akan semakin mampu untuk melakukan public speaking dengan lebih baik lagi.

Lalu bagaimana dengan meningkatkan keterampilan riset?

Coba bayangkan, Anda bekerja sebagai seorang account executive di sebuah perusahaan. Anda tentu harus mempresentasikan produk-produk perusahaan tempat Anda bekerja kepada para calon klien.

Agar dapat menyampaikan presentasi dengan baik, tentu Anda akan melakukan riset. Bagaimana cara penyampaian presentasi yang tepat untuk setiap calon klien, gaya berbicara atau bahasa seperti apa yang pas untuk mereka, serta riset mengenai produk yang hendak dipresentasikan itu sendiri.

Semakin sering Anda melakukan riset, maka Anda akan semakin terampil, bukan?

Salah satu definisi dan pengertian public speaking adalah proses berkomunikasi yang berkelanjutan. Hal ini diungkapkan oleh David Zarefsky.

Ketika sekali Anda berhasil melakukan presentasi dengan baik dan tujuan Anda tercapai, misalnya ada beberapa calon klien yang tertarik dengan produk perusahaan Anda, maka akan semakin sering Anda berkomunikasi dengan mereka. Inilah salah satu contoh dari definisi dan pengertian public speaking yang menyatakan bahwa public speaking adalah proses komunikasi yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, kemampuan public speaking harus terus diasah. Walaupun saat ini ada di antara Anda yang mungkin merasa belum pede untuk melakukannya, tidak perlu khawatir. Keterampilan public speaking bisa dipelajari dan dilatih.

Anda bisa mengikuti pelatihan public speaking yang diadakan oleh beberapa provider penyedia jasa pelatihan yang kompeten dan terpercaya.

Ikuti pelatihan dengan serius dan tekun, lakukan semua tugas yang diberikan, serta sering berlatih untuk melakukan public speaking. Maka, niscaya Anda akan berhasil menjadi seorang pembicara yang andal.