(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Motivasi Kerja Harus Dijaga

Setiap orang pasti punya motivasi kerja yang berbeda-beda. Motivasi yang paling utama memang adalah untuk mendapatkan penghasilan atau uang.

Apa yang menjadi motivasi ini juga menjadi salah satu pertanyaan yang diajukan saat tes wawancara kerja. Dan, jawaban ‘untuk mendapatkan penghasilan’ atau ‘untuk mencari uang’ adalah jawaban yang tidak terlalu diharapkan oleh si pewawancara.

Motivasi bisa dikatakan sebagai bahan bakar untuk bisa bekerja dengan baik. Silakan simak video berikut ini:

Motivasi kerja memang selalu harus dijaga. Tanpa motivasi kerja yang baik, maka seseorang tidak akan bisa bekerja dengan baik pula.

Selain karyawan yang bersangkutan, yang juga ikut bertanggung jawab terhadap motivasi kerja para karyawan adalah manajer atau atasannya. Oleh karena itu, seorang manajer harus mampu untuk memberikan motivasi kerja yang positif kepada seluruh anggota timnya.

Pada umumnya, yang menjadi motivasi kerja seseorang adalah:

1. Untuk Mendapatkan Penghasilan

Semua orang perlu uang, dan uang bisa diperoleh dengan bekerja. Uang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain kebutuhan, uang juga bisa digunakan untuk memenuhi keinginan seseorang.

Untuk mendapatkan uang atau gaji inilah yang membuat seseorang termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaannya, sesuai dengan target yang telah diberikan kepadanya.

2. Untuk Mencapai Tujuan Karier

Setelah kebutuhan hidup terpenuhi, maka selanjutnya seseorang akan mengincar kepuasan diri. Kepuasan diri ini salah satunya dapat diperoleh dari jenjang karier. Inilah motivasi kerja selanjutnya.

Keinginan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi bisa membuat seseorang semakin bersemangat dalam bekerja. Promosi dapat menjadi hadiah yang menggembirakan bagi karyawan yang selama ini sudah menunjukkan kinerja yang luar biasa.

Selain bisa mendatangkan gaji yang lebih besar, kenaikan jabatan atau promosi juga berarti memberikan tanggung jawab dan beban kerja yang lebih berat. Bagi sebagian besar orang, hal ini adalah tantangan yang harus dilakukan.

3. Untuk Menunjukkan Eksistensi

Motivasi berikut yang dapat membuat seseorang bekerja dengan baik adalah kesempatan untuk menunjukkan eksistensi diri. Bagi banyak orang, menjadi kebanggaan tersendiri jika karya atau hasil kerjanya dapat dikenal dan dihargai oleh orang lain.

Selain karya, eksistensi seseorang juga bisa dilihat dari bonafit atau tidaknya tempat kerjanya. Inilah sebabnya, banyak sekali orang yang rela bersaing dengan ribuan orang demi bisa bekerja di suatu perusahaan ternama.

4. Untuk Mencari Pengalaman

Ini adalah motivasi kerja bagi seorang fresh graduate. Setelah sekian tahun hanya berkutat dengan ilmu dan teori (mungkin ditambah dengan magang selama beberapa bulan), maka bisa bekerja di suatu tempat, dapat menjadi motivasi tersendiri.

Kesempatan bekerja itu bisa digunakan untuk tempatnya menujukkan kemampuan dirinya, sekaligus juga menjadi tempat belajar. Banyak lulusan baru yang mau bekerja di perusahaan kecil, bahkan dengan gaji kecil, untuk menimba pengalaman, untuk nantinya bisa pindah ke perusahaan yang lebih besar.

5. Untuk Sarana Ibadah

Ada juga yang motivasinya bekerja adalah ibadah, karena dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarga.

Orang yang motivasi kerjanya adalah untuk ibadah, biasanya tidak terlalu berusaha keras untuk mengejar karier. Mereka lebih nrimo, tidak mau sikut-sikutan untuk mengejar sebuah posisi di tempat kerja.

Orang-orang seperti ini pada umumnya menunjukkan kinerja yang baik, karena mereka percaya bahwa usaha yang baik akan memberikan hasil yang baik pula.

Itulah beberapa motivasi kerja yang dimiliki oleh para karyawan.

Manakah motivasi kerja yang terbaik? Mungkin banyak yang mengatakan yang nomor lima. Tapi sesungguhnya, semua motivasi kerja itu baik adanya, tergantung dari produktivitas dan dampak yang dihasilkan.

Jika seseorang menunjukkan produktivitas yang baik, namun memberikan dampak yang kurang baik bagi rekan-rekan kerjanya, tentu saja hal ini tidak bisa dibanggakan.

Seperti telah disampaikan di atas, salah satu tugas seorang manajer adalah memberikan atau meningkatkan motivasi kerja yang baik untuk para anak buahnya. Hal ini bisa dilakukan jika seorang manajer mengenal masing-masing anggota timnya itu dengan baik.

Untuk bisa mengenal anggota tim, tentu dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik. Itulah sebabnya, kemampuan berkomunikasi menjadi kemampuan yang mutlak dimiliki oleh seluruh manajer.

Kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif di tempat kerja ini sangat bisa dipelajari. Salah satunya di Presentai Edu, yang menyediakan pelatihan komunikasi dan managing team bagi para manajer baru atau calon manajer.






Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *