Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Video di atas adalah tentang delegasi. Apa itu dan delegasi dan kapan delegasi harus dilakukan.

Kita sering mendengar kata delegasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, delegasi adalah orang yang ditunjuk atau diutus oleh suatu perkumpulan (misalnya negara). Delegasi juga bisa berarti penyerahan atau pelimpahan wewenang.

Dalam dunia manajemen, mendelegasikan tugas adalah salah satu tugas dari seorang manajer. Pendelegasian tugas ini dilakukan karena manajer tidak akan bisa mengerjakan semua tugasnya sendirian. Ada beberapa tugas yang memang harus didelegasikan kepada anggota tim atau anak buahnya.

Tujuan dari pendelegasian tugas dalam suatu tim kerja adalah agar semua tugas dapat berjalan lebih efektif, demi mencapai tujuan tertentu. Tujuan yang harus dicapai berbeda-beda, tergantung dari divisinya masing-masing. Namun tujuan utamanya tentu saja adalah kemajuan perusahaan.

Yang Berperan dalam Pendelegasian Sebuah Tugas atau Wewenang

Dalam suatu tim kerja, yang bisa didelegasikan adalah wewenang atau tugas.

Mendelegasikan berarti memberikan sebagian wewenang atau tugas kepada anggota tim yang ditunjuk. Anggota tim yang ditunjuk ini pada umumnya adalah anggota tim yang dapat dipercaya atau memiliki kompetensi tertentu, sesuai dengan wewenang atau tugas yang harus diemban.

Saat mendelegasikan sesuatu, ada beberapa elemen yang sangat penting, yaitu:

1. Wewenang

Featured cara delegasi yang benar menurut para ahli

Dalam organisasi perusahaan, wewenang adalah kekuasaan dan hak seseorang untuk menggunakan sumber daya yang ada secara efisien demi tujuan bersama.

Penggunaan sumber daya itu antara lain dilakukan dalam bentuk mengambil keputusan atau memberikan perintah/instruksi demi mencapai suatu tujuan. Karena itu, wewenang harus diberikan kepada orang-orang yang tepat, agar tidak disalahgunakan.

Wewenang atau otoritas adalah sesuatu yang sifatnya mengalir, dari atas ke bawah. Orang yang diberikan wewenang harus bisa menjelaskan kepada anggota timnya mengenai suatu tugas atau pekerjaan, dan mendelegasikan tugas tersebut kepada orang yang tepat. Wewenang sangat membutuhkan tanggung jawab, baik dari yang memberikan maupun yang menerimanya, agar hasilnya sesuai dengan harapan dan merugikan siapa pun.

2. Tanggung Jawab

Featured tips delegasi untuk manajer

Dalam ilmu manajemen, tanggung jawab adalah kewajiban seseorang untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya. Jika orang tersebut tidak dapat menyelesaikan tugasnya, maka dia harus memberikan penjelasan dan alasannya kepada pihak yang telah menberikannya, yaitu atasannya.

Tanggung jawab biasanya berbanding lurus dengan penghargaan. Artinya, jika seseorang mampu untuk mengembang tanggung jawab yang diberikan kepadanya, maka dia akan mendapatkan penghargaan. Jika tidak, maka dia harus menanggung segala konsekuensinya.

3. Akuntabilitasi

Featured langkah-langkah delegasi yang harus dilakukan

Akuntabilitas dapat diartikan sebagai kewajiban seseorang atau tim untuk mempertanggungjawabkan aktivitasnya. Akuntabilitas adalah perwujudan dari rasa tanggung jawab untuk memuaskan pihak yang telah memberikan suatu wewenang atau tugas.

Akuntabilitas membutuhkan tanggung jawab dari kedua belah pihak. Si pemberi wewenang atau tugas harus bisa mempertanggungjawabkan alasan pemberian tersebut. Sedangkan si penerima harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, yang berhak memberikan wewenang atau tugas adalah seorang manajer atau pemimpin tim kerja.

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang manajer untuk dapat mendelegasikan tugas atau wewenang ini kepada seluruh anggota timnya. Maka, orang yang akan mendapatkan promosi sebagai seorang manajer haruslah diberikan pengetahuan mengenai pendelegasian tugas.

Saat mendelegasikan tugas atau wewenang, seorang manajer harus mampu untuk melihat kompetensi atau kemampuan anggota timnya. Dia harus bisa mendelegasikan sautu tugas atau wewenang kepada orang yang tepat.

Untuk itu, seorang manajer juga harus mampu berkomunikasi efektif dengan anggota timnya. Dengan kemampuan berkomunikasi efektif ini, seorang manajer dapat menjalin relasi yang baik dengan seluruh anggota timnya, agar dia mengetahui kompetensi mereka masing-masing.

Jadi, agar perusahaan bisa mendapatkan manajer yang sungguh-sungguh andal, sebaiknya para calon manajer ini mendapatkan pelatihan manajemen yang tepat. Pelatihan bagi para calon manajer ini antara lain akan memberikan ilmu mengenai cara pendelegasian tugas atau wewenang.

Presenta Edu, sebagai salah satu provider jasa pelatihan, memiliki program pelatihan bagi para calon manajer. Modul pelatihan yang diberikan sangat mudah dipahami dan dapat segera diaplikasikan di tempat kerja, sesudah pelatihan selesai.(*)