Dipromosikan menjadi seorang manajer memang menggembirakan. Hal itu dianggap sebagai langkah awal untuk menapaki jenjang karier yang lebih tinggi lagi. Untuk itulah, setiap karyawan sebaiknya mempersiapkan diri dan dipersiapkan oleh perusahaan agar bisa menjadi seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang baik dapat membuat perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang.

Tentu saja keberadaan para manajer sebagai seorang pemimpin yang baik sangat diperlukan. Manajer yang dapat menjadi pemimpin yang baik dapat mendorong, memotivasi, dan menjadi panutan bagi anggota timnya. Melalui anak buahnya, seorang manajer akan bekerja untuk mencapai misi dan visi perusahaan tempatnya bekerja.

Ada empat keterampilan yang mutlak dikuasai oleh seorang manajer, jika dia ingin menjadi pemimpin yang baik bagi tim kerjanya. Keterampilan tersebut adalah keterampilan untuk berkomunikasi, memotivasi, mendelegasikan tugas, dan membangun anggota tim. Tanpa keseluruhan keterampilan tersebut, maka Anda tidak akan dapat menjadi seorang pemimpin yang bisa diandalkan.

Jika empat keterampilan itu adalah keterampilan pokok yang mutlak untuk dikuasai oleh semua manajer, maka ada beberapa keterampilan lain yang juga sebaiknya Anda kuasai, yaitu:

1. Keterampilan konseptual

menjadi manajer yang baik dengan memiliki konsep

Seorang pemimpin tentu harus mampu untuk membuat konsep ide, atau gagasan yang dapat digunakan demi kemajuan perusahaan. Ide dan gagasan tersebut biasanya dibuat dalam sebuah rencana kerja.

2. Keterampilan teknis

Di masa kemajuan teknologi seperti sekarang ini, seorang manajer diharapkan dapat menguasai teknologi yang berhubungan dengan bidang kerjanya. Dengan begitu, dia dapat menggunakan teknologi tersebut demi efektivitas dan efisiensi kerja di dalam timnya.

3. Keterampilan manajemen waktu

kemampuan yang wajib dimiliki oleh manajer

Mengalokasikan waktu yang baik adalah kunci untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal. Dengan keterampilan mengatur waktu, seorang manajer dapat membuat skala prioritas dalam melakukan tugas dan kewajibannya.

4. Keterampilan membuat keputusan

Membuat keputusan memang bukan sesuatu yang mudah. Dibutuhkan kemampuan untuk mengidentifikasikan masalah serta solusi-solusi yang dibutuhkan untuk mengatasinya, sebelum akhirnya menentukan sebuah keputusan yang paling tepat.

Manajer dan Mind Map

mind map untuk karyawan manajer

Memang, keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang manajer cukup banyak. Itu artinya, cukup banyak pula tugas dan tanggung jawab yang harus dia emban. Seorang manajer yang baik adalah pemimpin, yang bukan hanya harus bertanggung jawab terhadap hasil kerja pribadinya, tapi juga hasil kerja tim secara keseluruhan.

Agar seorang manajer dapat menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawabnya, maka dibutuhkan alat bantu. Alat bantu tersebut adalah mind map. Mind map adalah metode untuk mengelola informasi secara menyeluruh.

Beberapa fungsi mind map yang dapat digunakan oleh para manajer untuk membuat pekerjaannya menjadi lebih efektif dan efisien adalah sebagai berikut:

  • Mind map dapat meningkatkan kapasitas pemahaman, yaitu dengan cara melihat gambaran besar suatu persoalan sekaligus melihat informasi secara detail, mengingat informasi yang kompleks dengan lebih mudah, serta menata banyaknya informasi yang ada. Dengan menggunakan mind map, maka seorang manajer dapat menyusun rencana kerjanya dengan lebih efektif dan efisien.
  • Mind map dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam berimajinasi, mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan, dan menyelesaikan persoalan. Jadi, mind map sangat berguna bagi seorang manajer, ketika dia harus membuat keputusan, menemukan ide atau gagasan, atau ketika harus mendelegasikan tugas kepada anggota timnya.
  • Mind map dapat merangsang sisi kreatif dengan merangsang kemampuan untuk membandingkan informasi, baik yang berupa fakta, ide, atau data statistik. Tentu saja hal ini sangat berguna bagi tugas seorang manajer.
  • Mind map dapat membantu untuk membuat catatan yang menarik dalam waktu singkat, serta menjelaskan tujuan, rencana, ide, maupun pemikiran secara jelas dan terstruktur. Dengan bantuan mind map, seorang manajer dapat berkomunikasi dengan anggota timnya secara lebih efektif dan efisien.
  • Mind map sangat berguna bagi seorang manajer, agar dia dapat menjalankan fungsinya sebagai seorang pemimpin yang dapat diandalkan. Sayangnya, masih sedikit orang yang menyadari pentingnya mind map dalam kehidupan profesional, khususnya bagi para manajer atau pemimpin.

Mengingat pentingnya mind map bagi para manajer, maka Presenta Edu mengadakan pelatihan untuk menggunakan mind map. Pelatihan ini disatukan dengan pelatihan membaca cepat, karena keduanya memang sangat berhubungan. Dengan mengikuti pelatihan membaca cepat dan mind map, maka Anda diharapkan dapat menjadi seorang manajer yang lebih kreatif, efektif, dan efisien dalam bekerja.

  •  
    1
    Share
  • 1
  •  
  •  
  •