(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Mengikuti Pelatihan Presentasi Online yang Baik Adalah Investasi

Di masa pandemi, semakin banyak orang membutuhkan dan mencari tempat-tempat pelatihan presentasi online yang baik. Mengapa pelatihan presentasi online yang baik ini semakin banyak dicari?

Pandemi membuat kita mau tak mau lebih banyak bekerja dari rumah atau dari jarak jauh, bukan lagi hadir secara fisik di kantor. Kenyataan ini semakin mendorong kita untuk meningkatkan skill presentasi online atau melatihnya ulang agar dapat bertahan dan menonjol dalam lingkungan kerja virtual. Mengikuti pelatihan presentasi online di masa pandemi adalah sebuah investasi yang baik.

Di mana ada permintaan, di situ ada suplai. Kini semakin banyak yang menawarkan pelatihan presentasi online yang baik. Ada pelatihan presentasi online gratis, ada juga pelatihan presentasi online berbayar dan bersertifikat. Masing-masing mencoba memenuhi kebutuhan peminatnya.

Dalam pelatihan presentasi online yang baik, kita diajarkan bagaimana membuat pembukaan presentasi online yang baik karena kesan pertama adalah segalanya. Apalagi presentasi ini dilakukan secara online di mana fokus audiens mudah sekali berpindah, jika dibandingkan dengan audiens untuk presentasi tatap muka.

Kita juga diajarkan untuk membuat slide yang menarik untuk presentasi online atau cara presentasi online dengan program PPT (PowerPoint).

Baiklah, semua tempat pelatihan presentasi online yang baik kurang lebih menawarkan hal yang sama. Bingung, ya? Bagaimana, dong, memilih pelatihan presentasi online yang baik dari sekian banyak tawaran itu? 

 

Mengapa kita butuh pelatihan presentasi online yang baik?

Bayangkan kalau dalam satu minggu, lima hari di antaranya kita harus mengikuti presentasi online via beragam aplikasi presentasi online, maupun aplikasi online meeting. Bahkan dalam satu hari, ada yang memiliki lebih dari satu agenda presentasi online atau online meeting. Betapa melelahkannya.

Lalu pernahkah Anda mengikuti presentasi online  yang:

  • presenternya membosankan, gaya penyampaiannya datar-datar saja, tidak menginspirasi kita sebagai audiensnya;
  • materi presentasi online yang disampaikan tidak relevan dengan topik, terlalu mengawang-awang, atau terlalu mendetail;
  • alur presentasi online membingungkan audiens, seolah-olah tidak dipersiapkan dengan baik;
  • isi slide presentasi online membuat Anda mengantuk karena melulu tulisan, membuat Anda lebih tertarik mengecek media sosial Anda di ponsel;
  • tidak ada konklusi atau kesimpulan yang jelas di akhir presentasi online, membuat Anda bertanya-tanya presentasi online apa yang baru saja Anda ikuti sebenarnya.

 

Oleh karena presentasi online atau online meeting ini tidak dapat dihapuskan dari daftar tugas atau kewajiban kita sebagai karyawan, maka akan sangat menyenangkan jika mendapatkan presentasi online yang dibawakan dengan baik, asyik, mengandung humor, dan lebih banyak gambar atau video sebagai kontennya.

Begitu juga ketika kitalah yang harus menyampaikan presentasi online itu. Penting untuk menyampaikan presentasi online dengan baik, asyik, menghibur, sekaligus menarik secara visual. 

Manfaat pelatihan presentasi online yang baik bagi bisnis atau karir Anda

Setelah memperhatikan kembali presentasi online yang pernah Anda ikuti selama masa bekerja dari rumah, Anda kini menyadari betapa ada kebutuhan untuk kita sendiri untuk meningkatkan keterampilan kita dalam menyampaikan presentasi online yang baik. Atau, kalau Anda adalah bosnya, Anda merasa perlu karyawan Anda mendapatkan pelatihan presentasi online yang baik.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari presentasi online yang baik, misalnya rapat-rapat bisnis akan menjadi lebih efisien karena presenter tahu bagaimana caranya memegang kendali sepanjang presentasi online. Dia akan lebih siap dan fokus, sehingga rapat pun dapat selesai tepat waktu, tidak melantur keluar dari pokok bahasan.

Oleh karena presentasi online selesai tepat waktu dan fokus, pengambil keputusan akan lebih cepat dan pasti dalam menentukan langkah yang harus dibuat selanjutnya. Ini kemudian merambat ke manfaat berikutnya, yaitu hasil atau keuntungan bisnis yang meningkat nilainya atau lebih cepat didapat.

Presenter yang lebih menarik dan meyakinkan ketika menyampaikan presentasi online, memukau kliennya dengan slide-slide presentasi yang bermutu, akan lebih banyak memenangkan tender bisnis. 

Manfaat yang lebih jauh lagi, pelatihan presentasi online yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Mereka akan menjadi lebih percaya atas kemampuan mereka sendiri dalam berkomunikasi dan menyajikan presentasi online dengan lebih baik.

Sangat wajar ketika seseorang mampu membawakan diri dengan baik dalam sebuah presentasi online, sanggup menjelaskan ide-idenya kepada audiens atau klien, tepat menaruh wawasannya dalam konteks, dan piawai dalam menyimpulkan atau memberikan rekomendasi dari presentasi onlinenya, dia akan sukses. Bisnis atau karirnya pun berjalan lebih gemilang.

 

Memilih penyedia pelatihan presentasi online yang baik

Hal pertama yang wajib Anda cari tahu dari training provider atau penyedia pelatihan presentasi online yang baik adalah bukan hanya skill, melainkan juga spesialisasi mereka, serta pengalaman atau jam terbang.

Barangkali Anda pernah menemukan training provider yang banyak menawarkan berbagai pelatihan keterampilan bisnis sekaligus. Kelihatannya bagus dan hebat, padahal sebetulnya training provider seperti ini ibarat gudang pelatihan: banyak jenis pelatihannya, tapi tidak banyak manfaat yang bisa diambil darinya. 

Anda akan mendapatkan pelatihan presentasi online yang lebih berkualitas, jika diberikan oleh training provider yang menyediakan spesialis-spesialis presentasi online. Spesiali memiliki pengalaman atau jam terbang bertahun-tahun, sehingga memiliki wawasan mendalam untuk dapat memberikan pelatihan dengan kualitas terbaik.

Anda juga wajib tahu pendekatan yang digunakan oleh penyedia pelatihan presentasi online yang baik. Sedapat mungkin, carilah penyedia pelatihan presentasi online yang praktis, namun mendalam, dengan materi pelatihan presentasi online yang dipersonalisasi, sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda, maupun bisnis Anda.

Memiliki akses seumur hidup ke dukungan pascapelatihan presentasi online adalah keuntungan lebih yang bisa kita dapatkan dari penyedia pelatihan presentasi online yang baik, sehingga kita dapat selalu menemukan informasi yang kita butuhkan untuk kemudian terus menyempurnakannya dan mengembangkan skill presentasi online kita lebih jauh.

Kemudian, pelajari alat-alat dan dukungan pembelajaran apa saja yang disediakan oleh penyedia pelatihan presentasi online. Salah satu contoh, apakah kalau pelatihan presentasi diberikan secara online, materi-materinya dapat kita unduh dan pelajari kembali setiap saat?  

Jika Anda ingin diri Anda atau karyawan Anda memiliki skill presentasi online yang baik, profesional, dan memikat, maka pastikan penyedia pelatihan presentasi online yang Anda pilih memiliki latar belakang bisnis yang kuat. Pelatih yang merupakan seorang eksekutif perusahaan akan dapat langsung berhubungan dengan situasi, tantangan, atau lingkungan bisnis yang Anda hadapi.

Pelatih-pelatih seperti ini akan dapat menyesuaikan materi-materi pelatihan presentasi online agar menjadi sangat relevan, jika diterapkan oleh Anda atau karyawan Anda di tempat kerja. Mereka juga memiliki pengalaman keberhasilan dari teknik-teknik presentasi online yang telah diterapkan.  

Terakhir, lihatlah siapa saja yang telah memanfaatkan jasa penyedia pelatihan presentasi online yang hendak Anda pilih, serta dukungan apa yang dapat mereka berikan kepada kita setelah pelatihan presentasi online selesai.

Testimonial klien penyedia pelatihan presentasi online adalah kesempatan kita untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kapabilitas dari training provider. Sementara dukungan pascapelatihan menjadi penting untuk memastikan agar kita dapat menerapkan dan memanfaatkan materi-materi pelatihan presentasi online secara berkelanjutan.  

Investasi dalam pelatihan presentasi online yang baik

Sebuah pelatihan, lokakaya, atau kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan skill karyawan selalu memberikan keuntungan. Bukan hanya bagi karyawan yang ikut serta dalam pelatihan, tetapi juga bagi masa depan perusahaan. 

Sebuah sensus menunjukkan 6 dari 10 karyawan, manajer, dan pemimpin bisnis mengatakan kurangnya kepercayaan terhadap keterampilan mereka membuat pekerjaan mereka lebih terasa menekan, sementara 4 dari 10 dari mereka mengatakan kesehatan mental mereka menjadi terganggu.

Dalam Laporan Pembelajaran Tenaga Kerja 2019 yang dibuat oleh LinkedIn, sebanyak 94 persen karyawan mengatakan mereka akan tinggal di perusahaan lebih lama, jika diinvestasikan dalam pembelajaran dan pengembangan mereka. (*)



Submit a Comment

Your email address will not be published.