(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

9 Tips Presentasi Online yang Smart

Wabah Covid 19 membuat banyak hal harus dilakukan secara online. Rapat, seminar, sekolah, bekerja, semua online.

Salah satu pekerjaan yang terpaksa juga dilakukan secara online adalah presentasi. Presentasi biasanya dilakukan untuk menarik perhatian audiens yang hadir. Walaupun presentasi online tidak dilakukan langsung di hadapan audiens, namun tetap ada audiens yang menyimak presentasi kita.

Meski tetap ‘dihadiri’ oleh audiens, namun harus diakui, presentasi online akan berbeda dengan presentasi tatap muka. Ada tantangan tersendiri ketika harus menyampaikan materi presentasi kepada audiens secara online.

Saat presentasi tatap muka, menjaga agar audiens tetap fokus menyimak presentasi kita adalah tantangan berat. Ketika materi presentasi kurang atau tidak menarik, maka hal itu bisa membuat audiens kehilangan fokus atau konsentrasi.

Nah, saat ‘menghadiri’ presentasi online, fokus dan konsentrasi audiens akan lebih mudah teralihkan. Karena mereka bisa di mana saja menyimak presentasi kita, maka kita tidak akan mengetahui, apa saja yang ada di sekitar audiens, yang bisa mengalihkan perhatian mereka.

Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan materi presentasi agar lebih menarik bagi audiens, walau harus dilakukan secara daring.

Berikut ini adalah 9 tips presentasi online yang menarik:

  1. Pastikan Peralatan Berfungsi Dengan Baik

Sama seperti presentasi tatap muka, persiapan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain materi, maka persiapan penting yang juga harus dilakukan adalah memastikan bahwa semua peralatan yang akan digunakan dapat berfungsi dengan baik.

Pastikan kamera dan audio pada laptop dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan juga bahwa koneksi internet yang stabil. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya sediakan koneksi dari dua provider. Jadi, jika salah satu provider bermasalah, kita bisa segera menggantinya.

Agar suara kita bisa terdengar lebih jelas, disarankan untuk menggunakan microphone.

  1. Perhatikan Penampilan

Walaupun tidak tampil di hadapan audiens secara langsung, penampilan tetap harus diperhatikan.

Jadi, jangan lupa mandi, walaupun kita melakukan presentasi dari rumah. Dengan mandi, maka penampilan kita akan terlihat lebih segar. Kita juga akan tampil lebih percaya diri. Gunakan juga pakaian yang sopan dan pantas. Disarankan untuk menggunakan warna-warna netral dan monokrom, demi kenyamanan audiens saat menyaksikan penampilan kita.

  1. Gunakan Body Language yang Tepat

Di layar monitor, audiens mungkin hanya akan melihat kita setengah badan. Walau demikian, tetaplah gunakan body language yang baik.

Jika Anda menyampaikan presentasi sambil duduk, duduklah dengan posisi tegak dan rileks. Ingat, penampilan kita dapat mempengaruhi audiens. Jika kita tampil rileks, maka audiens juga akan rileks saat mendengarkan presentasi kita.

  1. Tetap Lakukan Kontak Mata dengan Audiens

Melakukan kontak mata dengan audiens dapat membuat mereka merasa lebih dihargai, sehingga membantu audiens untuk lebih fokus saat menyimak presentasi kita. Oleh karena itu, kontak mata tetap harus dilakukan, walau presentasi dilakukan secara online.

Saat presentasi online, eye contact tidak perlu dilakukan dengan menatap mata setiap audiens. Cukup arahkan pandangan kita ke kamera laptop atau webcam yang kita gunakan. Jika kita sering memandang ke arah kamera, maka audiens akan merasa bahwa kita sedang menatap matanya.

  1. Bicara dengan Cara dan Volume Suara yang Pas

Sebelum presentasi, ada baiknya menguji dulu volume suara yang pas. Hal ini agar para audiens bisa mendengarkan presentasi kita dengan nyaman.

Selain volume suara, cara bicara juga harus diperhatikan. Kita harus bicara dengan kecepatan dan artikulasi yang jelas, sehingga audiens bisa mendengarkan apa yang kita sampaikan.

Sebelum presentasi dimulai, ada baiknya juga kita bertanya kepada audiens, apakah suara kita sudah cukup jelas atau belum. Demikian juga dengan kecepatan bicara, tanyakan kepada mereka, apakah kita bicara terlalu cepat atau tidak.

  1. Gunakan Slide Presentasi yang Menarik

Tanpa slide presentasi yang menarik, audiens pada presentasi online akan lebih cepat bosan. Oleh karena itu, kita harus membuat slide presentasi yang menarik.

Agar slide presentasi online kita menarik, kita bisa menggunakan paduan warna yang nyaman dipandang mata. Selain itu, teks yang minimalis, lebih mengandalkan gambar/visual, tentu akan lebih memancing perhatian para audiens untuk menyimak presentasi kita.

  1. Pastikan Sudut Kamera dan Pencahayaan yang Baik

Sama seperti cara bicara, tampilan kamera juga harus diperhatikan. Kita harus memastikan bahwa kita ‘oke’ di hadapan para audiens.

Oleh karena itu, pastikan letak laptop yang tepat, agar kita bisa memperoleh tampilan kamera yang diinginkan.

Yang juga tidak kalah pentingnya adalah masalah pencahayaan. Hindari sumber cahaya yang berada di atas kepala, karena akan menimbulkan bayangan yang mengganggu.

Pencahayaan yang ideal bisa ditempatkan di belakang kamera laptop, di sebelah kiri dan kanan. Tambahkan juga sumber cahaya di belakang kita.

  1. Pilih Ruangan yang Tepat

Tidak jarang, presentasi online harus dilakukan di rumah. Oleh karena itu, pilihlah ruangan yang tepat, agar presentasi dapat berjalan dengan baik.

Pemilihan ruangan ini harus didadasrkan pada background yang akan dilihat oleh para audiens. Pilihlah ruangan dengan latar belakang yang professional. Jika tidak ada ruangan dengan latar belakang yang professional, cukup gunakan dinding polos atau dipasangi lukisan sebagai background.

Ruangan yang digunakan juga harus steril dari suara-suara yang mengganggu, baik yang mengganggu konsentrasi kita atau yang membuat audiens menjadi tidak nyaman saat sedang mendengarkan kita.

  1. Bersiap dengan Sesuatu yang Tidak Terduga

Saat sedang presentasi, bukan tidak mungkin terjadi gangguan dengan jaringan internet atau bahkan listrik padam. Kita harus siap dengan semua kemungkinan yang akan terjadi.

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut, jangan panik. Atasi permasalahannya dan meminta maaf kepada audiens jika sudah tersambung kembali.

 

Untuk dapat melakukan presentasi online dengan memukau, dibutuhkan kemampuan untuk melakukan smart presentation.

Jika Anda memang harus sering melakukan presentasi online, disarankan agar Anda mengikuti pelatihan smart presentation yang diselenggarakan oleh Presenta Edu.

Dalam pelatihan tersebut, Anda akan diajari cara mempersiapkan presentasi, termasuk untuk presentasi online.

 

 

 



Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengambil Keputusan Jenius Lewat Pelatihan Online Creative Thinking & Problem Solving – Training Provider Jakarta Indonesia – PT Presenta Edukreasi Nusantara - […] hanya itu. Pelatihan online creative thinking & problem solving juga memfasilitasi pesertanya untuk dapat lebih memahami […]

Submit a Comment

Your email address will not be published.