(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Step By Step Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

Munculnya wabah Covid 19 mau tidak mau membuat kita harus lebih melek terhadap teknologi. Alasannya, karena work from home membuat beberapa hal terpaksa dilakukan dengan jarak jauh dengan bantuan teknologi.

Salah satu teknologi yang mulai banyak digunakan karena adanya pandemi ini adalah teknologi rapat jarak jauh dengan menggunakan aplikasi Zoom. Di satu sisi, penggunaan teknologi ini tentu sangat menguntungkan karena bisa dilakukan di rumah saja. Tidak hanya meeting atau rapat, berbagai kegiatan juga bisa dilakukan via Zoom, seperti seminar, ibadah, bahkan pesta pernikahan.

Namun di sisi lain, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk menggunakannya. Beberapa orang memang bisa kebingungan dalam menggunakan teknologi. Tapi, keadaan tentu membuat semua orang akhirnya harus mempelajarinya.

Apakah Anda termasuk yang masih sering bingung saat harus menggunakan aplikasi video conference ini?

Simak dulu video berikut:

Sebenarnya, aplikasi ini tidak terlalu sulit, bahkan cenderung mudah. Kebingungan yang dialami oleh beberapa orang sering disebabkan karena mereka tidak atau belum terbiasa.

Untuk membantu Anda yang masih sering mengalami kebingungan ketika ditugaskan untuk menjadi host meeting, maka kami akan memberikan tutorial mudah mengenai cara menggunakan aplikasi buatan Eric Yuan ini.

Setelah menginstal aplikasi tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Zoom Meeting. Caranya:

  • Buka aplikasi Zoom, lalu klik tombol Sign Up
  • Masukkan alamat email Anda yang aktif dalam kolom yang tersedia, lalu tunggu email yang akan dikirimkan oleh pihak Zoom
  • Setelah membuat email dari Zoom, klik ‘Activate Account’ dan Anda akan diarahkan ke browser untuk membuat password Ini tanda bahwa akun Anda sudah aktif

Lalu, bagaimana jika kita ditugaskan untuk menjadi host sebuah meeting? Mudah saja, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Zoom
  • Pilih menu ‘Schedule’ untuk membuat jadwal meeting
  • Isi data-data yang ada di sana. Untuk akun Zoom gratis, maksimal waktu yang bisa digunakan adalah 40 menit.
  • Sebelum di-save, undang orang-orang yang ingin diajak meeting atau diundang untuk mengikuti acara yang Anda adakan via Zoom Meeting.
  • Jika ingin mengudang orang lain via Whatsapp, kembali ke akun Zoom, klik tanda titik tiga dan undangan meeting tersebut bisa dicopy dan kirim via Whatsapp.
  • Untuk memulai, masuk ke akun Zoom kita dan klik pilihan ‘Start Meeting’.
  • Sebagai host sebuah meeting, biasanya kita juga akan melakukan sharing dokumen yang dibutuhkan. Tinggal dibuka saja di mana dokumen tersebut disimpan di laptop Anda, kemudian klik ‘share screen’.

 

Amankan Menggunakan Aplikasi Zoom?

Beberapa waktu yang lalu mungkin ada beberapa di antara Anda yang membaca kabar bahwa ada kebocoran data beberapa pengguna. Para hacker jahat ini bahkan ada yang menginterupsi saat pengguna sedang melakukan meeting online.

Hal ini sempat membuat cukup banyak yang memilih untuk tidak lagi menggunakan Zoom. Apalagi, aplikasi sejenis, seperti Google Meet, juga dianggap dapat membantu video conference seperti ini. Terlebih, Google Meet tidak dibatasi durasi, walau sama-sama gratis.

Tapi, tidak sedikit pula yang memilih untuk tetap menggunakan Zoom. Alasan kemudahan dan efektivitas menjadi alasan utamanya.

Sebenarnya, ada cara yang dapat dilakukan untuk menghindari ulah hacker jahat pada saat kita sedang menggunakan Zoom.

Berikut ada beberapa tips untuk menggunakan Zoom dengan lebih aman:

  • Perbarui/update aplikasi Zoom, baik yang ada di ponsel maupun di PC
  • Gunakan password yang berbeda dengan password untuk akun-akun lainnya
  • Pasang antivirus yang berkualitas, khususnya yang berbayar, untuk mengamankan PC Anda
  • Website resmi Zoom adalah zoom.us, jadi jangan mengunduh aplikasi ini selain dari website tersebut
  • Tidak menyalakan kamera atau mikrofon jika memang tidak diperlukan
  • Jangan menunjukkan informasi mengenai lokasi Anda pada saat mengikuti rapat online
  • Untuk host, selalu aktifkan password saat meeting dan ‘waiting room’ setelah mengatur jadwal meeting
  • Nonaktifkan fitur ‘Remote Control’ dan ‘Remote Support’ di setting akun
  • Tidak mengaktifkan ‘screen sharing’ jika tidak diperlukan

 

Dengan melakukan tindakan-tindakan pengamanan tersebut, maka kita bisa melakukan video conference dengan lebih aman. []



Trackbacks/Pingbacks

  1. Tips & Trik Memakai Aplikasi Zoom Meeting — Presentasi.net - […] internet, kita bisa menggunakan aplikasi Zoom Meeting, yang memang diperuntukkan untuk melakukan video conference. Dengan berbagai layanan atau fitur…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *