Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Training Online – Di masa pandemi seperti sekarang ini, segala bentuk perkumpulan sebaiknya memang dihindari. Tujuannya, untuk mengurangi, bahkan menghentikan, penyebaran virus corona. Berbagai bentuk interaksi dengan orang lain harus diminimalisir.

Salah satu bentuk interaksi yang saat ini dipilih untuk dihindari adalah mengikuti training atau pelatihan tatap muka. Banyak perusahaan yang menunda, atau membatalkan pelaksanaan training bagi karyawannya.

Pelaksanaan new normal juga tampaknya belum terlalu memungkinkan untuk melaksanakan training tatap muka. Oleh karena itu, training online menjadi pilihan yang paling tepat. Bagaimanapun, kualitas dan kompetensi karyawan tetap harus di-maintain. Apalagi di masa seperti sekarang.

Pada dasarnya, training online tidak berbeda dengan sistem pelatihan tatap muka yang biasa. Hanya saja, pelaksanaan training online dianggap memiliki keterbatatasan. Tentu saja, karena peserta pelatihan tidak bisa bertemu secara langsung dengan trainernya. Otomatis, interaksi di antara mereka menjadi lebih terbatas.

Walau begitu, training online tetap harus diikuti dengan baik. Walau kesempatan untuk berinteraksi secara langsung menjadi terbatas, tapi para trainer pada training online akan memberikan kesempatan untuk itu.

Jadi, pelatihan atau training online tetap harus dimaksimalkan. Ikuti dengan baik dan penuh konsentrasi, agar semua ilmu yang diberikan dapat diserap dengan baik.

Agar bisa mengikuti training online dengan baik, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, yaitu:

1. Pastikan Sambungan Internet dan Fungsi Komputer yang Baik

hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti training online_art

Tentu akan sangat menyebalkan jika sedang asyik-asyiknya menyimak penjelasan dari trainer, tiba-tiba koneksi internet terputus. Jadi, sebelum mengikuti training online, Anda harus benar-benar memastikan bahwa sambungan internet Anda benar-benar baik dan stabil.

Selain sambungan internet, Anda juga harus memastikan bahwa fungsi-fungsi pada komputer atau laptop Anda yang mendukung training online ini, dalam kondisi baik. Misalnya saja webcam dan microphone. Semua harus berada dalam kondisi prima dan bisa digunakan dengan baik.

2. Persiapkan Diri Anda

Walaupun mungkin Anda tetap berada di rumah atau di meja kerja ketika mengikuti training online ini, Anda tetap harus berada dalam kondisi prima. Mandi dan gunakan pakaian yang baik, sebagaimana layaknya jika Anda harus mengikuti pelatihan tatap muka.

Meskipun yang akan Anda ikuti adalah training online, namun Anda juga akan melihat trainer dan trainer juga akan melihat Anda. Kalau penampilan Anda ‘tidak maksimal’, tentu bisa mempengaruhi kondisi Anda ketika mengikuti training online tersebut.

Pastikan juga bahwa Anda sudah siap di depan komputer, beberapa menit sebelum training online dimulai. Dengan bersiap-siap sebaik mungkin, maka diri Anda akan lebih siap untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Jangan lupa untuk menyiapkan catatan, seperti buku dan pulpen. Catatlah materi-materi yang diberikan oleh trainer, khususnya hal-hal yang belum pernah Anda ketahui. Dengan membuat catatan, maka Anda akan lebih mudah mengulangi materi yang diberikan, jika suatu saat Anda memerlukannya.

3. Pelajari Materi yang Diberikan

manfaat training online di masa pandemik_art

Pada pelaksanaan training online, pihak provider tetap akan memberikan materi training, biasanya dalam bentuk soft copy. Jadi sebelum training dimulai, sebaiknya materi-materi tersebut sudah Anda unduh atau bahkan dicetak, sehingga lebih mudah untuk dibaca.

Jika pelaksana training online sudah memberikan materi beberapa hari sebelum pelaksanaan, ada baiknya Anda juga membacanya dulu. Jadi, ketika pelaksanaan training online nantinya, Anda akan lebih mudah menangkap apa yang diberikan. Anda juga bisa mempersiapkan pertanyaan kepada trainer.

4. Gunakan Semua Fasilitas yang Disediakan

Pada beberapa pelaksanaan pelatihan atau training, trainer biasanya memberikan nomor kontak atau alamat emailnya kepada para peserta. Tujuannya, jika ada peserta yang ingin bertanya lebih lanjut, bisa menghubunginya di nomor atau alamat tersebut.

Catat baik-baik nomor kontak atau alamat email tersebut. Suatu saat, mungkin Anda membutuhkannya. Jika di kemudian hari Anda membutuhkan bantuannya, Anda bisa langsung menghubunginya.

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

5. Ikuti Training Online Secara Penuh

tips mengikuti training online yang baik_art

Walaupun ini adalah training online, Anda tetap harus mengikutinya secara penuh. Jangan sampai ada bagian yang terlewat. Dengan demikian, maka tidak ada materi yang Anda lewatkan. Mungkin saja, materi itu sangat penting bagi kemajuan karier Anda.

Beberapa training online, khususnya yang diberikan dengan metode streaming via YouTube, akan merekamnya dan tersimpan di saluran milik penyelenggara training. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan subscribe pada akun tersebut, agar Anda bisa kembali melihat rekaman training online tersebut.

Suatu pelatihan, baik offline maupun online, tetap bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi seseorang. Jadi, jika ada kesempatan untuk mengikuti training online, sebaiknya dimanfaatkan dengan baik.

Jadi, sudah siap untuk mengikuti training online? (*)