(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Manfaat Mengikuti Pelatihan Online Bersertifikat dan Tips Memilih yang Terbaik

Dalam dunia kerja sekarang ini, semakin banyak keahlian yang dimiliki seseorang, semakin besar pula peluangnya untuk menaiki tangga karir lebih cepat atau mendapatkan pekerjaan impian di tempat lain dengan gaji lebih besar.

Keahlian atau keterampilan kerja malah disebut telah menjadi mata uang global ekonomi abad ke-21.

Oleh karena itu, tak heran jika kemudian semakin banyak pula tempat pelatihan untuk mengasah keahlian-keahlian yang dibutuhkan di tempat kerja ini bertumbuh, terutama pelatihan online. 

Disrupsi teknologi turut mempercepat pertumbuhan jumlah dan ragam pelatihan online.

Salah satu hal yang dikejar mereka yang mengikuti pelatihan online ini adalah sertifikatnya. Jangan pernah meremehkan keberadaan sertifikat pelatihan. Mengapa?

Pelatihan online bersertifikat merupakan salah ciri pelatihan online yang bonafid.

Di dunia, di mana persaingan untuk mendapatkan pekerjaan, kenaikan gaji, dan kesuksesan akademis terus meningkat, sertifikasi menawarkan harapan. Sertifikasi merupakan penilaian pihak ketiga yang kredibel atas keterampilan dan pengetahuan seseorang untuk keahlian tertentu.

Terlepas dari keadaan Anda saat ini, apakah sedang mencari pekerjaan, ingin naik jabatan, atau pindah pekerjaan, pelatihan online bersertifikat dapat membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan keunggulan yang Anda butuhkan untuk memasuki karir impian.

Banyak manfaat yang bisa didapat seseorang ketika memiliki sertifikat pelatihan online. Manfaat tersebut antara lain:

1. Mendapatkan peluang naik gaji, naik jabatan, atau memulai karir baru

Memperoleh keahlian tambahan dari pelatihan online bersertifikat tentu dapat membuat seseorang lebih menonjol di antara yang lain. Dia dianggap lebih mumpuni dalam bidang pekerjaan yang digeluti, sehingga dianggap layak untuk mendapatkan gaji lebih besar.

Bukan hanya itu, sertifikat yang dia dapatkan membuktikan juga kalau dia pantas untuk ditempatkan pada posisi yang lebih baik atau lebih tinggi. 

Dengan pelatihan online bersertifikat, Anda juga dapat memulai karir baru tanpa perlu mengikuti pendidikan dan pengalaman bertahun-tahun.

Program pelatihan online bersertifikat selama 3 bulan dapat membantu Anda melewati posisi entry-level dan memasuki bidang karir yang lebih terfokus.

2. Memperbesar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan

Bayangkan Anda duduk di bagian HRD sebuah perusahaan dan sedang menyortir lamaran pekerjaan yang masuk. 

Banyak CV kandidat yang menarik, tapi manakah yang akan Anda pilih untuk dipanggil diwawancara? Kemungkinan besar adalah kandidat yang mencantumkan beberapa keahlian penunjang dalam CV, disertai sertifikat dari pelatihan yang memberikannya keahlian itu.

Anda menyadari mungkin kandidat yang dimaksud belum tentu orang yang tepat dan masih akan ada proses seleksi lagi setelah itu, tapi paling tidak Anda sudah menyaring yang terbaik di antara yang terbaik.

Banyak industri memerlukan sertifikasi, meski tidak diwajibkan, namun persaingan antarpencari kerja dan kebutuhan pasar membuat pemberi kerja masih harus membandingkan kandidat untuk memilih yang terbaik.

Sertifikasi dapat membuat perbedaan dalam proses perekrutan atau membantu diri kita menghasilkan lebih banyak uang.

3. Memperkuat personal branding

Semakin banyak keahlian yang Anda miliki dengan mengikuti pelatihan online bersertifikat, semakin positif orang-orang di sekitar Anda, termasuk rekan kerja dan atasan, melihat Anda.

Anda akan dipandang sebagai seseorang yang haus ilmu dan suka meningkatkan kapasitas diri. Ini adalah sesuatu yang bagus untuk memberikan nilai terhadap diri Anda, baik dalam lingkungan pekerjaan, maupun sosial.  

4. Menambah kebanggaan dan kepercayaan diri

Memandangi kembali sertifikat-sertifikat yang Anda peroleh akan membangkitkan rasa bangga dan percaya diri Anda. Betul, kan?

Anda juga akan lebih terpacu dan termotivasi untuk melakukan pekerjaan Anda lebih baik lagi dan meraih target yang lebih tinggi lagi untuk pekerjaan dan diri Anda sendiri.

Pelatihan online bersertifikat yang Anda ikuti tak hanya memberikan Anda keahlian, melainkan juga pembuktian, bahwa Anda menguasai keahlian tersebut. Anda bisa, Anda mampu melakukannya.

5. Memperluas jaringan atau relasi

Menjadi ahli akan sesuatu dan mendapatkan sertifikat sebagai bukti penguasaan keahlian perlahan akan membawa Anda untuk bertemu relasi baru, berada dalam lingkaran pertemanan baru.

Koneksi tempat pelatihan online bersertifikat yang Anda pilih pun dapat menjadi sumber jaringan, informasi, dan pengembangan karir yang berkelanjutan. Mereka dapat menyediakan akses ke para profesional karir, ahli resume, pembinaan, dan sebagainya.

Ini bagus karena artinya Anda akan mendapatkan peluang-peluang baru juga, baik pekerjaan, proyek, maupun pengalaman-pengalaman lain yang akan membuka wawasan dan jaringan Anda lebih luas lagi.

6. Menyegarkan kembali pengetahuan

Melanjutkan pendidikan, entah itu lewat jalur pendidikan formal, maupun pelatihan online bersertifikat, membuat wawasan Anda tetap terkini, mengikuti zaman.

Pelatihan online bersertifikat dapat meningkatkan pemahaman konseptual Anda ke tingkat yang lebih tinggi dan menegaskan kembali apa yang sudah Anda praktikkan.

Sertifikasi, baik wajib, maupun opsional, akan membantu memastikan Anda berada di puncak standar industri.

Semakin cepat Anda memiliki pengetahuan baru itu, semakin cepat pula Anda dapat menerapkannya di tempat kerja.

Bagaimana menemukan pelatihan online bersertifikat yang tepat?

Seperti yang telah disinggung di atas, ada banyak ragam program pelatihan online bersertifikat yang tersedia. Penting bagi Anda untuk menemukan program pelatihan online bersertifikat yang tepat untuk membantu mencapai tujuan karir.

Anda dapat mempertimbangkan beberapa saran berikut untuk memilih program pelatihan online bersertifikat yang tepat untuk Anda:

  • Menggunakan mesin pencari di internet

Anda dapat memasukkan kata kunci nama sertifikasi, organisasi, industri, atau pekerjaan untuk menghasilkan daftar sertifikasi yang hendak Anda peroleh.

Anda juga akan mendapatkan informasi tentang pelatihan online bersertifikat, cara mendapatkan sertifikasi, dan detail ujian.

  • Menanyakannya kepada kontak kita

Kalau Anda tertarik memulai jalur karir tertentu, Anda dapat menanyakan kepada orang-orang di bidang yang Anda incar mengenai gelar dan sertifikat yang biasanya dimiliki orang-orang di bidang itu.

Dapatkan umpan balik dari mereka tentang pelatihan online bersertifikat atau program yang dimaksud.

  • Bicarakan dengan atasan Anda 

Jika Anda suah bekerja, bicarakan dengan atasan Anda mengenai keinginan Anda untuk meningkatkan karir. Jangan khawatir atasan Anda akan merasa tersaingi atau terancam diambil alih posisinya oleh Anda.

Atasan Anda kemungkinan memiliki beberapa saran untuk pelatihan online bersertifikat atau sertifikasi mana yang dapat meningkatkan resume Anda yang bahkan dapat mengarah pada kenaikan jabatan.

Tanyakan juga kemungkinan perusahaan akan membayar atau mengganti Sebagian biaya mengikuti pelatihan online bersertifikasi ini, jika keterampilan atau keahlian yang didapat terkait dengan pekerjaan Anda saat ini.

  • Mengecek kampus-kampus di sekitar Anda

Sebagian program bersertifikat dikeluarkan oleh kampus, meskipun beberapa di antaranya dikeluarkan oleh pelatihan online bersertifikat, perusahaan, dan organisasi lain.

Setelah Anda mengetahui jenis sertifikat yang Anda inginkan atau perlukan, cek perguruan tinggi atau sekolah tinggi teknik kejuruan setempat untuk melihat program yang mereka tawarkan.

Pastikan juga perguruan tinggi atau sekolah tinggi yang Anda pilih terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

  • Menemukan program pelatihan online bersertifikat yang sesuai dengan jadwal Anda

Anda sebaiknya memastikan besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk setiap program pelatihan online bersertifikat, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, dan apa yang ditawarkan program tersebut.

Lalu periksa juga apakah ada ujiannya? Pastikan Anda memilih program yang paling sesuai dengan jadwal Anda. Misalnya, jika Anda ingin terus bekerja penuh waktu sambil mengikuti program, pastikan jadwalnya fleksibel.

  • Berhati-hati dalam memilih

Jika Anda menemukan program pelatihan online bersertifikat yang tampaknya terlalu mudah, terlalu murah, atau terlalu cepat untuk diselesaikan, kemungkinan besar kualitasnya rendah atau justru penipuan.

Luangkan waktu Anda untuk melakukan riset dan memastikan program pelatihan online bersertifikat yang Anda pilih terakreditasi.

  • Berbicara dengan alumni

Ini adalah cara yang amat baik untuk menghindarkan Anda dari jeratan program pelatihan online bersertifikat abal-abal.

Ngobrol dengan alumni program pelatihan online bersertifikat yang Anda incar membantu Anda mendapatkan informasi yang jujur.

Jika rekan kerja Anda adalah salah satu alumninya, Anda cukup beruntung karena artinya lebih mudah untuk menggali informasi itu.

Tanyakan kepadanya seperti apa programnya dan apakah itu membantu mereka mendapatkan atau melakukan pekerjaan saat ini.

  • Berkonsultasi dengan petugas dari asosiasi atau serikat profesional Anda

Anda dapat menanyakan kepaa mereka tentang sertifikasi di bidang Anda yang akan meningkatkan daya jual Anda dan tentang program yang ditawarkan atau didukung oleh asosiasi Anda.

Orang-orang asosiasi atau serikat profesional memiliki data keahlian apa yang sedang dibutuhkan di bidang pekerjaan Anda, bahkan mereka juga terkadang memiliki riset khusus tentang itu.

Ada beberapa hal yang perlu kita ingat sebelum mendaftar ke pelatihan online bersertifikat. Sertifikat yang diberikan pelatihan online tidak sama dengan lisensi dan sertifikasi profesional.

Lisensi diperlukan untuk pekerjaan tertentu, sedangkan sertifikasi menunjukkan seseorang telah memperoleh keterampilan atau keahlian di bidang tertentu. Sertifikasi ini biasanya mewajibkan pesertanya mengikuti ujian.

Kadang-kadang, Anda dapat mengambil program sertifikat untuk membantu mempersiapkan lisensi atau sertifikasi profesional. (*)



Submit a Comment

Your email address will not be published.