(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Lima Faktor dalam Mempertimbangkan Training Presentasi Online

Dunia kerja saat ini semakin menuntut keahlian presentasi dari karyawaannya. Bahkan, perusahaan-perusahaan memberikan peluang teratas kepada para kandidat karyawan yang memperlihatkan kecakapan ini pada saat wawancara kerja. Presentasi adalah bagian dari keterampilan berkomunikasi. Tidak diragukan lagi, kalau keterampilan berkomunikasi efektif menjadi penggerak karir yang kuat. Training presentasi online adalah salah satu jalan Anda untuk menempa keterampilan ini.  Presentasi sudah menjadi bagian pekerjaan sehari-hari, mulai dari memaparkan rencana proyek baru, melaporkan capaian atau hasil riset pasar, memberikan arahan singkat, memandu tim, sampai menyusun anggaran.  Oleh karena itu, keahlian presentasi semakin penting untuk dikuasai dan training presentasi online membantu Anda membuat presentasi yang kuat dan efektif.  

Karakteristik presentasi yang kuat dan efektif

Tujuan utama mengikuti training presentasi online adalah untuk belajar menguasai cara menyampaikan informasi. Bukan hanya kuat dan efektif, tetapi juga disampaikan secara menarik.  Keterampilan ini mencakup berbagai bidang, seperti struktur presentasi, desain slide, nada suara, hingga bahasa tubuh. Tapi, seperti apakah sebetulnya presentasi yang kuat dan efektif itu? Banyak pakar presentasi yang merumuskan karakteristik presentasi yang kuat, sekaligus efektif. Kami merangkum beberapa di antaranya di bawah ini.
  • Gagasan atau topiknya sesuai dengan audiens

Ketika gagasan atau topik presentasi Anda cocok dengan minat audiens, mereka akan lebih tertarik dan fokus pada presentasi Anda dari awal hingga akhir. Dalam training presentasi online, Anda akan diajarkan bagaimana menentukan gagasan atau topik yang sesuai dengan minat audiens ini. Sebelum mematangkan gagasan atau topik presentasi, Anda harus dapat melakukan analisis audiens secara terperinci, mulai dari kebutuhan, usia, latar belakang pendidikan, bahasa, dan budaya mereka.
  • Formatnya singkat dan fokus pada topik

Presentasi yang kuat dan efektif tidak keluar dari jalur. Maksudnya, apapun yang disampaikan harus sejalan dengan gagasan atau topik.  Presentasi juga sebaiknya tidak berpanjang-panjang dan memberikan informasi yang diperlukan saja kepada audies.  Waktu presentasi yang terlalu lama hanya akan membuyarkan fokus audiens dan sesungguhnya, tak banyak informasi yang bisa menempel di benak audiens dari satu kali presentasi saja. Training presentasi online juga akan mendorong Anda untuk selalu mencari dan menggunakan kata-kata yang lebih pendek dan sederhana agar presentasi Anda ringkas.
  • Penyampaiannya tenang dan rileks

Trainer Anda dalam training presentasi online akan membantu Anda mengurangi rasa takut untuk berbicara di hadapan audiens. Rasa takut ini harus dapat dikelola dengan baik agar Anda sebagai presenter dapat bersikap tenang dan rileks selama memberikan presentasi. Salah satu tip yang diajarkan dalam training presentasi online adalah mengambil sedikit jeda sebelum memulai presentasi dan melakukan kontak mata dengan audiens. Hal ini dapat membantu Anda menguasai ruang dan audiens, juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk menguasai diri sendiri, yang pada akhirnya akan memberikan ketenangan dan rasa rileks sebelum memulai presentasi.
  • Menggunakan alat bantu visual yang menarik

Sekali lagi kita bicara soal fokus audiens. Ingatlah, bahwa tugas presenter bukan hanya menyampaikan informasi, tetapi juga memudahkan audiens memahami informasi itu, serta mempertahankan fokus dan minat mereka terhadap presentasi. Diagram, gambar, bagan, foto, bahkan video adalah beberapa pilihan alat bantu visual yang bagus. Training presentasi online mengajarkan bagaimana mengatur semua alat bantu visual agar presentasi Anda tidak hanya kuat dan efektif, melainkan juga logis dan menarik. Namun jangan berlebihan. Elemen visual yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan tujuan Anda malah dapat mengganggu. Trainer Anda dalam training presentasi online pasti akan mengingatkan, jika Anda memasukkan elemen-elemen visual yang klise. Mereka juga akan mewanti-wanti agar berhati-hati untuk tidak mencampur terlalu banyak jenis gambar yang berbeda. Misalnya, jika menggunakan foto, sebaiknya tetap gunakan foto sampai akhir slide Saat menyajikan data pun, gunakan warna dan font yang konsisten dari satu jenis bagan ke bagan berikutnya.  Intinya, jaga kekonsistenan. Menggunakan macam-macam jenis elemen visual pun dapat berkesan norak.
  • Terencana 

Tidak ada presentasi dengan hasil luar biasa yang tidak direncanakan terlebih dulu. Dalam training presentasi online, Anda melatih merencanakan sebuah presentasi, mulai dari cara-cara memulainya, poin-poin apa saja yang harus dibicarakan, sampai bagaimana mengakhirinya dengan cantik.  Seperti merencanakan sebuah pertunjukan, ya? Betul, bisa dibilang mirip karena memang kita sedang mendesain sesuatu yang menarik fokus dan perhatian sekelompok audiens agar mereka dapat menerima dengan baik pesan atau informasi yang kita sampaikan.
  • Dilatih berkali-kali

Pasti sering mendengar bukan pepatah “latihan membuat sempurna”? Training presentasi online akan membuat Anda berlatih dan berlatih sampai presentasi Anda disampaikan dengan sempurna. Biasanya, trainer Anda dalam training presentasi online akan memberikan kiat-kiat, seperti merekam diri sendiri dengan kamera video pada saat berlatih memberikan presentasi. Hasil rekamannya dapat membuat Anda melihat pada elemen presentasi mana saja Anda perlu perbaikan, mana yang perlu dikurangi atau justru ditambah. Tontonlah Bersama trainer Anda karena mereka akan membantu Anda mengidentifikasi kesalahan-kesalahan Anda, contohnya: Anda terlihat gelisah, terlalu sering menggunakan pengisi jeda seperti “apa”, “apa namanya”, “mmm”, “eehhh”, dan sebagainya, berbicara terlalu cepat atau terlalu lembut.
  • Punya ringkasan di akhir 

Sebuah presentasi yang bagus menampilkan ringkasan atau rangkuman singkat dari keseluruhan informasi yang telah disampaikan.  Training presentasi online akan membantu Anda membuat ringkasan preentasi karena ini penting untuk meninggalkan dampak positif bagi audiens. Mereka yang sempat terlupa beberapa bagian dari presentasi akan sangat berterima kasih kepada Anda. Dari ringkasan itu, mereka dapat memahami keseluruhan isi presentasi dan menjadi bekal bagi mereka untuk mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi.
  • Mengandung kutipan positif, humor, atau fakta yang luar biasa.

Kadang-kadang, dibutuhkan dukungan untuk membuat presentasi Anda menjadi kuat dan efektif. Dukungan itu misalnya kutipan dari orang-orang yang dikenal luas dan terbukti kepakaran atau keahliannya dalam bidang Anda. Demikian pula dengan fakta. Pilihlah yang paling luar biasa yang dapat mendukung isi presentasi Anda. Ini akan membuat audiens terkesan, mudah mengingatnya, dan mengasosiasikannya dengan isi presentasi Anda di kemudian hari.  Hal penting lain yang diajarkan dalam training presentasi online adalah penggunaan humor. Humor berguna untuk mencairkan ketegangan. Ketika audiens merasa rileks, informasi atau pesan apapun akan lebih mudah masuk dan mengendap di benak mereka. Baiklah, setelah mengetahui bagaimana karakter presentasi yang kuat dan efektif, langkah berikutnya adalah training presentasi online seperti apa yang dapat membuat Anda mampu menguasai keahlian presentasi dengan karakteristik di atas? Memilih-milih training presentasi online dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan atau malah membingungkan karena banyak sekali yang harus dipertimbangkan, tapi ternyata tidak sebanyak itu juga pertimbangannya.

Ketika memilih training presentasi online, hanya ada lima faktor yang perlu menjadi pegangan Anda. Kelima faktor tersebut adalah:

1. Apa yang menjadi tujuan profesional Anda?

Training presentasi online adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda meraih tujuan profesional yang Anda impikan, tapi tujuan profesional yang mana? Apakah Anda bermaksud untuk mampu memberikan presentasi yang persuasif karena Anda berada di divisi pemasaran atau promosi? Anda berharap semakin banyaknya klien atau pelanggan baru yang Anda raih, semakin terbuka pula kesempatan bagi Anda untuk menaikkan jenjang karir di perusahaan. Ataukah Anda bermaksud untuk tampak lebih luwes dan percaya diri ketika memberikan presentasi di acara-acara publik, di antara para profesional lain di bidang Anda, sehingga kebonafidan Anda (atau perusahaan) akan tampak menonjol dibanding yang lain? 

2. Apa dampak training yang hendak Anda capai?

Seperti halnya Anda mencoba melihat gambaran besar dari hasil akhir yang ingin Anda capai lewat training presentasi online, Anda juga perlu menentukan dampak apa yang hendak Anda peroleh ketika memiliki keahlian presentasi. Apa tujuan spesifik dalam training presentasi online yang ingin Anda raih yang relevan dan berkontribusi dalam pencapaian tujuan profesional Anda? Apakah Anda mengejar akreditasi atau sertifikat dari training presentasi online yang dapat digunakan untuk meningkatkan posisi Anda di tempat kerja?

3. Keahlian presentasi mana yang hendak Anda kuasai?

Pecahlah lagi kebutuhan Anda dari sebuah training presentasi online menjadi detail yang lebih kecil: apakah Anda hendak mempelajari keahlian presentasi dalam hal teknik dan trik saja ataukah presentasi sebagai soft skill? Satu sama lain mungkin akan mirip, namun perbedaan apapun yang tampak ketika Anda mendetailkan hal ini akan berdampak pada pemilihan outline dan struktur training presentasi online. Kalau ada keahlian khusus dalam presentasi yang hendak Anda sematkan dalam curriculum vitae, namun tidak tercantum dalam outline atau struktur training, bicarakan dengan trainer Anda yang mungkin dapat memodifikasi training presentasi online untuk kebutuhan Anda.

4. Kapan jadwal yang tepat bagi Anda untuk mengikuti training?

Meskipun dilaksanakan secara online yang dengan kata lain relatif lebih fleksibel daripada kegiatan offline, jadwal training presentasi online pun harus benar-benar Anda perhatikan. Apakah provider training presentasi online dapat membuka kelas-kelasnya di akhir pekan saja karena Anda merasa sudah kehabisan energi untuk berlatih di hari kerja? Ataukah mereka justru dapat memberikan training presentasi online di jam kerja karena perusahaanlah yang membayarnya dan menghitungnya sebagai bagian dari pekerjaan Anda? Manapun waktu yang Anda pilih, pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan Anda dan menempatkan Anda pada waktu dan kondisi yang tepat untuk menerima ilmu.

5. Platform apa yang dipakai provider dalam memberikan training presentasi online?

Apakah provider menggunakan platform online meeting seperti Zoom dalam memberikan materi-materi training presentasi online? Apakah platform yang dipakai memberikan Anda keleluasaan untuk berkomunikasi dengan trainer? Provider training presentasi online menggunakan beragam platform digital yang semakin hari semakin canggih, serta memudahkan peserta training dalam mendapatkan pelatihan. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Kalau tempat atau kota Anda tinggal tidak termasuk area dengan koneksi internet yang baik, Anda dapat memilih atau meminta provider training presentasi online untuk mengirimkan materi via clouds. Dengan demikian, Anda dapat mengunduhnya kapan saja ketika koneksi internet bagus, melatihnya, dan berdiskusi dengan trainer via teks obrolan atau telepon. Jangan sampai situasi dan kondisi yang Anda hadapi saat ini menghambat Anda dalam mengasah keahilan presentasi karena bisa jadi ini merupakan jalan masuk Anda ke masa depan yang lebih cemerlang. (*)




Submit a Comment

Your email address will not be published.