(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Lampaui Ekspektasi Kinerja Perusahaan Lewat Training Leadership Online

Leadership adalah seni dan keterampilan memotivasi sekelompok orang untuk bertindak dan mencapai tujuan bersama. Saat ini, semakin banyak provider yang menawarkan training leadership online untuk mengasah keterampilan leadership bagi karyawan.

Tantangan terus berubah seiring kemajuan zaman. Untuk menjadi leader yang efektif, seseorang harus mampu menjawab tantangan ini dengan cerdas, disertai keahlian dan strategi. Training leadership online sanggup membentuk leader dan calon leader yang efektif.

Di era yang serbacepat dan saling berkejaran, keberhasilan bisnis bertumpu pada leadership yang gesit yang dapat memimpin dengan terampil melalui perubahan, tantangan, serta mendorong kinerja.

Leadership yang dicari bukan yang sekadar mampu memberikan arahan, tetapi juga sanggup menggerakkan keterlibatan semua karyawan atau anggota tim, serta menumbuhkan akuntabilitas yang mengutamakan manusia.

Penasaran bagaimana training leadership online dapat mewujudkan hal ini? Mari kita lihat bagaimana training leadership online dapat mengubah perilaku leadership seseorang. 

Seorang leader memberikan arahan bagi pencapaian tujuan dan sasaran bersama. Leader memengaruhi sikap dan perilaku bawahannya lewat komunikasi yang bak, serta bimbingan.

Leader yang baik akan merasa wajib untuk tahu dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan tim dalam pekerjaan mereka agar tujuan dan sasaran dapat tercapai.

Leader yang andal akan menantang setiap anggota tim dan meminta pertanggungjawaban mereka terhadap deskripsi pekerjaan masing-masing, namun mereka juga akan bertanggung jawab, jika tim gagal dalam mencapai suatu tujuan atau sasaran.

Menurut Andrew Carnegie, tidak ada orang yang akan menjadi leader hebat yang ingin melakukan semuanya sendiri atau mendapatkan semua pujian karena melakukannya. Segala sesuatunya adalah kerja tim. Inilah salah satu yang ditekankan dalam training leadership online

Kelebihan training leadership online

Seseorang memilih training leadership online pastilah karena memiliki kelebihan yang tidak diberikan oleh training leadership tatap muka. Training leadership online menawarkan fleksibilitas alur kerja untuk pesertanya yang rata-rata karyawan atau manajer. 

Beban kerja karyawan dan manajer saat ini bisa jadi lebih tinggi daripada beberapa tahun lalu. Ada tanggung jawab ekstra dan batas antara keseimbangan kerja dan kehidupan menjadi semakin kabur. 

Dengan mengikuti training leadership online, seseorang dapat memperbesar potensinya untuk menjadi leader yang efektif, sekaligus mampu untuk:

1. Memprioritaskan dan merencanakan beban kerja di antara jadwal training leadership online mereka;

2. Meniadakan kebutuhan waktu untuk mendatangi tempat training karena training leadership online dapat dilakukan dari rumah atau di kantor pada saat jeda makan siang atau jam kantor selesai.

3. Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dalam training leadership online dalam waktu yang disesuaikan sendiri dengan kesibukan kerja;

4. Training leadership online memiliki mobilitas bawaan.

Training leadership online hanya mewajibkan pesertanya untuk memiliki detail login dan ketersediaan koneksi internet. Sisanya, peserta sendirilah yang mengatur, mau diakses dari mana, kapan, seberapa panjang durasinya, dan sebagainya. 

Kadang-kadang, training leadership online pun tidak membutuhkan gawai besar seperti laptop, cukup ponsel pintar biasa, sehingga peserta dapat menyimak materi training leadership online sembari berkendara atau berjalan kaki ke tempat kerja atau sepulangnya dari kantor.

5. Training leadership online sangat menghemat biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk pengembangan sumber daya manusia mereka. 

Dari perspektif pengelola sumber daya manusia, program pembelajaran seumur hidup memudahkan perusahaan untuk mempertahankan keberadaan manajer terampil yang telah terlibat dalam pengembangan profesional agar tetap gesit dan produktif.

Sementara dari segi anggaran, training leadership online cenderung lebih murah karena biaya produksinya lebih rendah. Salah satunya dikarenakan materi-materi training leadership online dibuat dalam bentuk digital, alih-alih dicetak menjadi buku atau diktat fisik.

6. Menjadi peserta training leadership online berarti mendapatkan akses instan terhadap:

  • sumber daya yang dapat diunduh;
  • dukungan online;
  • interaksi online yang bermakna dan otentik;
  • video materi atau video sesi pelatihan yang dapat diputar ulang;
  • riset tindak lanjut online;
  • penilaian online yang fleksibel;
  • jaringan dan bimbingan online;
  • komunitas peserta online untuk saling berdiskusi dan berjejaring;

Kapan seseorang membutuhkan training leadership online?

Kadang-kadang, kita bertanya kepada diri kita sendiri, apakah training ini atau itu dapat benar-benar memberikan manfaat bagi kita. 

Training leadership online tidak hanya akan memberikan manfaat bagi seseorang sebagai karyawan atau manajer, melainkan juga bagi perusahaan. 

Ketika mempromosikan karyawannya untuk menjadi leader, perusahaan berarti memahami kemampuan, etos kerja, dan dorongan profesional mereka untuk sukses.

Namun, tanpa memiliki keahlian dan training yang diperlukan, memberikan karyawan posisi sebagai leader dapat berisiko dan berpotensi menjatuhkan perusahaan. 

Training leadership online sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang setiap perusahaan. Seorang leader tidaklah dilahirkan, melainkan dibuat, dibentuk, dan dilatih. 

Training leadership online bisa dikatakan sebagai investasi karena perusahaan menanam modal dalam mencetak leader andal, membangun tim berkinerja tinggi, serta mengoptimalkan keahlian anggota tim, yang berujung pada kesuksesan perusahaan.

Baiklah, kini kita kupas mengapa training leadership online dibutuhkan oleh perusahaan. Setidaknya ada sepuluh alasan utama untuk itu, yakni:

1.  Meningkatkan produktivitas

Leader yang baik sanggup memberikan arahan yang tepat kepada staf dan memastikan kinerja mereka tetap tinggi. Leader yang baik juga mampu menilai masalah, mengelola situasi, dan memberikan solusi yang masuk akal.

Perusahaan memerlukan training leadership online untuk melahirkan leader dengan kepemimpinan yang tepat dan konsisten. Pada akhirnya, keberadaan leader-leader seperti ini akan meningkatkan produktivitas tim kerja dan perusahaan.

2.  Meningkatkan keterlibatan karyawan dan menngkatkan retensi karyawan

Perusahaan manapun akan lebih suka mengembangkan karyawan yang ada ketimbang merekrut yang baru. Mengapa? Karena lebih murah dari segi biaya dan lebih efisien dari segi waktu.

Tingkat pergantian karyawan yang tinggi juga menandakan adanya leadership yang buruk.

3. Memupuk leader masa depan

Membentuk leader-leader demi menjaga keberlangsungan perusahaan juga butuh strategi tepat. Seringkali perusahaan memberikan posisi leader kepada kandidat-kandidat dengan kepribadian dominan.

Leadership yang berkualitas adalah kombinasi dari kualitas yang tepat dan training leadership online yang tepat.

Sebelum mengirimkan kandidat-kandidat leader ke training leadership online, perusahaan sebaiknya cermat mengidentifikasi mereka. Mana atau siapa saja yang memiliki potensi yang diperlukan perusahaan dan berikan mereka training leadership online yang ditargetkan.

4.  Meningkatkan keterampilan dan kemampuan manajerial karyawan

Training leadership online akan mengajarkan pesertanya strategi baru yang akan meningkatkan kinerja mereka. Membaiknya kinerja karyawan tentu saja pada gilirannya akan berdampak pada meningkatnya kinerja perusahaan. 

Karyawan yang mempelajari hal-hal baru lebih berkesempatan untuk mengembangkan keterampilan. Ini akan sejalan dengan peran mereka sebagai leader masa depan di perusahaan mereka.

Dengan mengikutsertakan mereka ke dalam training leadership online, karyawan merasa lebih diapresiasi dan menjadi motivasi bagi mereka untuk selalu terlibat dalam kerja tim. 

Karyawan juga merasa memiliki tanggung jawab untuk membagikan dan menerapkan strategi dan keterampilan baru yang didapat dari training leadership online kepada tim kerja mereka. 

Leader yang baik selalu memiliki rencana. Training leadership online mengasah kemampuan pesertanya untuk mampu menganalisa keadaan di sekitar peluang leadership mereka.

Training leadership online juga menumbuhkan dan menyempurnakan kesadaran mengenai pengaruh mereka, terkait pemicu dan rangsangan.

Pada akhirnya, masing-masing leader akan menetapkan tujuan terukur yang menentukan tingkat keberhasilan dan keefektifan mereka.

5. Meningkatkan manajemen risiko

Risiko selalu ada, di manapun. Leader yang baik harus mampu mengelola risiko ini.

Training leadership online dengan materi-materi pembelajarannya, serta pengarahan dari trainer dapat membantu calon leader untuk mendapatkan visi strategis dan keterampilan manajemen risiko.

6.  Mencapai leadership proyek yang lebih baik

Leader yang buruk cenderung untuk menangani semua aspek proyek. Inilah yang sering menyebabkan proyek keluar dari jalur dan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Leader yang buruk adalah wujud ketiadaan keterampilan leadership yang memadai, yang akhirnya mendorong mereka untuk mengambil alih semuanya.

Kerugian lainnya adalah turunnya semangat anggota tim karena merasa salah bimbingan dan akhirnya tertekan. 

Training leadership online mengajarkan pesertanya bagaimana memiliki keterampilan leadership yang efektif. Dengan demikian, ketika menjadi leader di perusahaan, mereka dapat mengelola tim lebih baik dan paham bagaimana mendelegasikan wewenang.

Keuntungannya tentu saja pada proyek yang selesai secara efisien dan sesuai jadwal. Peningkatan efisiensi ini akan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

7. Meningkatkan budaya perusahaan

Sekali lagi, mengikutsertakan karyawan ke dalam training leadership online adalah investasi. 

Perusahaan yang melakukan investasi ini juga menunjukkan kepada seluruh tim kerja kepedulian mereka terhadap pengembangan diri karyawan. Ini juga menjadi dorongan bagi karyawan yang bersangkutan untuk memenuhi atau bahkan melampaui ekspektasi kinerja.

Menceburkan karyawan ke dalam training leadership online adalah bagian dari program pendampingan dan pembinaan. Hal ini dapat meningkatkan moral karyawan dan mengubah perusahaan dari tempat kerja biasa menjadi tempat kerja yang hebat.

Training leadership online juga akan memperkuat visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan dengan memberikan contoh.

8. Mengelola perubahan secara efektif

Perubahan pasti terjadi. Tidak selamanya perusahaan atau bisnis menangguk keuntungan. Ada juga masa-masa sulit. Di sinilah peran leader yang baik, yakni sanggup merespons cepat dan menilai situasi jauh sebelum perubahan itu terjadi.

Training leadership online membentuk pribadi-pribadi leader yang mampu menavigasi tim kerjanya melewati masa-masa sulit ini.

Leadership yang efektif sangat penting selama masa kritis, misalnya adanya perubahan sistem, pengurangan tenaga kerja, restrukturisasi perusahaan, pergolakan politik, atau munculnya pesaing-pesaing baru.

9. Membangun tim kerja yang efektif

Training leadership online melatih pesertanya untuk memiliki kejelasan, arah, dan efektivitas yang lebih besar.  Harapannya, sifat-sifat ini mengalir ke orang-orang yang mereka pimpin kelak. 

Staf yang memiliki arah dan tujuan yang besar akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas mereka dan menghasilkan efektivitas organisasi yang lebih besar.

10. Mencetak leader yang mampu mengambil keputusan lebih baik

Bagaimana training pelatihan online dapat menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih baik?

Training leadership online tidak hanya melatih pesertanya untuk mampu memiliki visi strategis, menilai situasi dan risiko, ataupun mendelegasikan wewenang.

Dalam training leadership online, peserta juga dilatih untuk memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Dengan demikian, peserta memiliki perspektif untuk membuat keputusan yang cerdas dan terinformasi.

Pada akhirnya, training leadership online hanya akan memberikan keuntungan semata. Dengan segala kelebihan dan kefleksibelannya, training leadership online sanggup mengembalikan modal perusahaan berkali-kali lipat. 

Yang perlu dilakukan perusahaan hanyalah menentukan provider training pelatihan online yang baik, serta memilih kandidat-kandidat leader yang tepat untuk diikutsertakan ke dalam training. (*)




1 Comment

  1. Enda Bohene

    Perbedaan antara coaching, consulting dan mentoring adalah bahwa ketigan saling berhubungan dan saling berkaitannya.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published.