Jangan Abaikan Manfaat Visualisasi Data Demi Kemajuan Bisnis Anda!

manfaat visualisasi data untuk bisnis

Visualisasi data atau data visualization adalah suatu teknik menyajikan data agar semakin mudah dipahami. Dengan visualisasi, maka angka-angka dalam sebuah data akan lebih mudah dibaca, termasuk data-data untuk kepentingan bisnis. Oleh karena itu, manfaat visualisasi data sama sekali tidak boleh diabaikan untuk kepentingan bisnis.

Otak manusia memang lebih baik dalam merespon segala sesuatu yang bersifat visual. Dengan visual, maka semua informasi, termasuk data, dapat disampaikan dengan lebih efektif. Dalam dunia bisnis, data-data menjadi sangat penting.

Maka, data untuk kepentingan bisnis harus dibuat agar lebih mudah dipahami. Data visualization menjadi salah satu teknik yang disarankan untuk menyajikan data-data bisnis. Data visualization, jika dibuat dengan proses yang tepat, maka akan memudahkan semua pihak yang berkepentingan untuk membuat kesimpulan saat akan membuat keputusan.

Dengan data visualization, maka proses untuk identifikasinya akan lebih mudah, karena data-data ini jadi lebih mudah dicerna.

Data visualization dapat terdiri dari berbagai jenis. Secara garis besar, data visualization terdiri dari grafik, tabel, atau peta. Namun, bisa dibuat lebih spesifik lagi, seperti histogram, matrix, atau diagram, sesuai dengan jenis data dan tujuannya.

Manfaat Visualisasi Data

Ada beberapa manfaat data visualization yang sering dirasakan oleh para pebisnis, seperti:

  1. Visualisasi data sangat efektif

Dengan data yang disajikan secara visual, bukan sekadar dalam angka-angka, maka semua pihak yang berkepentingan dalam kegiatan bisnis dapat lebih cepat untuk memahami mengenai alur masalah usaha. Maka, penyajian data akan lebih efektif.

  1. Data visualisasi akan membantu dalam pembuatan keputusan

Jika data yang disajikan lebih mudah dipahami, maka pihak-pihak yang berkepentingan dalam bisnis dapat lebih mudah untuk mencari solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi. Para pebisnis juga dapat lebih terbantu untuk menarik kesimpulan dari sebuah pemaparan dan membuat keputusan yang dibutuhkan.

  1. Membantu pebisnis untuk membaca perilaku para konsumen

Dengan visualisasi data, maka data-data yang menyangkut pola perilaku para konsumen akan lebih mudah dipahami. Dengan demikian, para pebisnis dapat lebih mudah untuk mencari cara yang lebih tepat untuk melakukan hal-hal yang menarik perhatian para konsumen, seperti promosi, repackaging product, atau bahkan membuat produk baru.

  1. Data visualization dapat membantu Anda agar lebih fokus

Data-data bisnis tidak jarang begitu banyak, sehingga membuat Anda menjadi kurang fokus terhadap masalah yang sebenarnya. Dengan data visualization, maka Anda bisa terbantu untuk dapat lebih fokus terhadap permasalahan yang ingin dicarikan solusinya.

Data-data yang disajikan secara visual dapat membuat orang yang melihatnya menjadi lebih mudah untuk menemukan data apa saja yang benar-benar harus diperhatikan.

  1. Dengan data visualization, kesalahan akan lebih mudah terdeteksi

Dengan visualisasi data, maka pola-pola dalam penyajian data dapat lebih terlihat. Jadi, kita bisa lebih mudah untuk bisa mendeteksi jika ada kesalahan-kesalahan yang terjadi. Pola-pola itu juga dapat memudahkan para pebisnis untuk melakukan proses analisis, sehingga strategi bisnis yang diperlukan dapat segera ditentukan.

  1. Visualisasi data adalah kunci berhasilnya komunikasi di antara para pemangku kepentingan

Jika terjalin komunikasi yang baik di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam bisnis, maka hal ini bisa digunakan untuk memahami strategi yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Misalnya strategi pemasaran atau melihat minat para konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

  1. Data Visualization dapat membantu mengurangi beban informasi

Informasi yang terlalu banyak tentu dapat membuat para pengambil keputusan tidak bisa fokus dan cepat dalam melakukan proses analisis. Dengan melakukan visualisasi data, maka beban informasi dapat dikurangi, sehingga proses analisis dapat leboh mudah dilakukan, keputusan dapat lebih cepat diambil.

Komunikasi yang baik di kalangan para pebisnis juga dapat membantu untuk mengenali dan memahami tren pasar. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar tidak kehilangan konsumen.

Dari beberapa manfaat data visualization tersebut, maka kita bisa melihat bahwa insight berharga akan lebih mudah luput dari perhatian, jika data-data hanya dipaparkan dalam bentuk angka-angka.

Jika penyajian data-data itu dilakukan saat presentasi bisnis, maka data-data itu akan mudah dilupakan oleh para audiens. Atau, bisa jadi para audiens malah jadi bingung dengan penyajian data pada presentasi tersebut.

Bagaimana agar kita bisa melakukan data visualization dengan baik? Tentu saja dengan berlatih. Jika sebuah tim kerja dapat melakukan visualisasi data dengan baik, maka presentasi bisnis yang dilakukan dapat menyajikan data-data yang diperlukan.

Mengikuti pelatihan data visualization adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu tim kerja, agar dapat mempersiapkan presentasi bisnis dengan baik.

Data-data yang lebih mudah dipakami akan lebih efektif, sehingga membantu memunculkan solusi, rekomendasi, atau keputusan bisnis yang tepat.

Sebuah presentasi bisnis yang yang baik, yang data-datanya akurat dan terstruktur dengan baik, akan mudah dipahami dengan cepat oleh semua pihak yang berkepentingan.

Dengan keputusan bisnis yang tepat, yang berdasarkan data yang valid, tentu dapat meningkatkan penjualan, sehingga perjalanan bisnis akan semakin baik. (*)





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top