Data visualization atau visualisasi data adalah representasi grafis dari informasi dan data. Dengan kata lain, data visualization mengubah kumpulan data besar dan kecil menjadi visual, sehingga lebih mudah dipahami dan diproses oleh otak manusia.

Dalam keseharian kita, data visualization sangat jamak kita temui. Umumnya, mereka muncul dalam bentuk diagram atau grafik. Salah satu yang bentuk data visualization yang paling populer adalah infografik, yakni perpaduan antara beragam bentuk visualisasi dengan potongan-potongan informasi.

Menggunakan elemen-elemen, seperti tabel, grafik, dan peta, data visualization memberikan kemudahan untuk melihat dan memahami berbagai fakta, tren, pencilan, serta pola-pola dalam data.

Untuk memvisualisasikan perubahan seiring waktu, misalnya, kita menggunakan diagram garis. Lalu, untuk menjelaskan hubungan dan perbandingan, kita memakai bagan batang dan kolom. Diagram pie cocok untuk menunjukkan potongan atau bagian dari keseluruhan. Adapun peta, bagus untuk menunjukkan data geografis secara visual.

prinsip data visualization pada laporan bisnis_art

Data visualization adalah rahasia untuk membuat data mudah dicerna. Ada lima alasan mengapa memvisualkan data sangat penting untuk menjadikan data lebih gampang dipahami dan menarik:

1. Data visualization menceritakan kisah dengan lebih baik

Mencoba menguraikan data sama halnya dengan berusaha memahami bahasa asing. Studi menunjukkan, hal-hal yang visual membantu kita belajar dan menyerap informasi dengan lebih baik, termasuk data dan bahasa, lewat penyederhanaan ide-ide yang kompleks.

2. Visualisasi lebih mudah dicerna daripada angka

Jika Anda diberi pilihan antara membaca spreadsheet yang isinya melulu angka dengan visualisasi dari data yang sama persis, mana yang Anda pilih?

Kemungkinan besar Anda akan memilih yang kedua karena lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

Pilihan pertama hanya akan memberikan Anda angka mentah, yang mungkin malah menenggelamkan pengetahuan dan wawasan Anda, yang mestinya justru bisa ditindaklanjuti nantinya.

3. Data visualization memudahkan Anda menemukan dan menciptakan sasaran yang berwawasan luas

Data visualization mengatur data yang relevan menjadi satu cerita yang saling terkait.

Lewat data visualization, kita dapat melihat di mana perusahaan/organisasi mengalami kegagalan, bagaimana membantu meningkatkan operasi dan arus kas, atau mendorong perusahaan/organisasi untuk mengelaborasi bidang-bidang yang tidak akan mereka pertimbangkan sebelumnya.

4. Data visualization dapat menciptakan komunikasi yang lebih baik

Gambaran visual membantu menyatukan semua bagian bisnis, mulai dari keuangan, sumber daya manusia, hingga pemasaran.

Hal-hal yang visual juga membantu mengilustrasikan gambaran yang lebih besar, dengan data yang tidak berlebihan, dan dalam waktu yang lebih efisien.

Data visualization yang baik

Data visualization yang baik dan benar_art

Penggunaan data visualization dalam laporan bisnis amat besar pengaruh dan dampaknya. Anda tentu tidak ingin membuat klien, tim kerja, ataupun atasan bosan tatkala mempresentasikan laporan bisnis.

Jadilah kreatif ketika membagikan data, informasi, atau angka-angka kepada audiens Anda. Siapapun akan cepat tergeser perhatiannya, jika melulu harus melihat dan mendengar presentasi yang ‘kering’.

Anda butuh audiens dengan fokus yang terpusat pada laporan bisnis Anda, sebab Anda hendak menyampaikan data penting yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, strategi, dan segala aspek bisnis lainnya.

Sekarang ini, semakin banyak pemangku kepentingan,manajer, atau pimpinan perusahaan/organisasi yang menyukai laporan bisnis dengan data visualization. Data yang ditampilkan seperti ini memudahkan mereka untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tepat, sebelum akhirnya mengambil keputusan yang lebih baik.

Terlebih di era Big Data saat ini, perusahaan/organisasi yang mampu mengelola big data-lah yang bisa memenangkan persaingan. Alat dan teknologi yang digunakan dalam data visualization menjadi sangat penting untuk menganalisa sejumlah besar informasi dan membuat keputusan berdasarkan data.

Meski demikian, tidak semua hasil olahan data visualization bisa dikatakan baik. Sebuah data visualization akan dinilai baik dalam penyampaiannya ketika komunikasi, sains data, dan desain saling melebur di dalamnya.

Data visualization yang dibuat dengan benar akan memberikan audiens wawasan-wawasan kunci saat mencermati data yang rumit lewat cara-cara yang bermakna dan intuitif.

Singkatnya, seperti yang diungkapkan Profesor dari Yale, Edward Tufte, data visualization yang baik terdiri atas gagasan-gagasan kompleks yang dikomunikasikan dengan kejelasan, ketepatan, dan efisiensi.

Nah, untuk membuat data visualization yang baik, Anda harus mulai dengan data bersih, yang berasal dari sumber dengan baik, akurat, dan lengkap. Setelah data ini siap divisualisasikan, langkah berikutnya adalah memilih grafik yang tepat.

Menemukan grafik yang sesuai pun bisa menjadi rumit, namun jangan khawatir. Banyak sumber daya yang tersedia yang dapat membantu Anda memilih jenis bagan yang tepat untuk memvisualisasikan data Anda.

Setelah menemukan bagan, mulailah merancang dan menyesuaikan visualisasi sesuai dengan keinginan Anda. Ingat, semakin sederhana, semakin baik. Toh, Anda juga tak ingin membuyarkan perhatian audiens dengan elemen yang terlalu banyak atau ramai.

Setelah selesai, Anda dapat menyimpannya dalam file, mencetak, mengunggah, atau membagikannya kepada yang berkepentingan dengan laporan bisnis Anda tadi.

Prinsip-prinsip penting data visualization untuk laporan bisnis

laporan bisnis data visualization_art

Data visualization hanyalah alat. Manusia sudah mampu membangun tempat tinggal, jauh sebelum palu dan gergaji diciptakan. Namun penciptaan alat-alat pertukangan itu memampukan manusia untuk membangun rumah dengan lebih mudah dan lebih baik.

Sama halnya dengan data visualization. Kita harus mengembangkan keahlian kita untuk dapat menggunakan alat-alat data visualization dengan efektif.

Data visualization yang baik, sekali lagi, bertujuan mengangkat atau beban dari otak kita dan memindahkannya ke mata. Ada sejumlah prinsip yang harus dipenuhi ketika membuat data visualization untuk mencapai tujuan ini:

  • Sederhana

Persis seperti seorang seniman yang mampu menggambarkan inti sebuah emosi hanya dengan beberapa baris kalimat puitis saja, data visualization pun harus mampu menangkap esensi dari data secara sederhana.

Kesederhanaan adalah kunci membuat data visualization yang efektif. Semakin terampil seseorang membuatnya sederhana, semakin tinggi tingkat kecerdasannya. Mengapa? Karena itu artinya dia mampu menangkap inti pesan yang hendak divisualisasikan dan tahu cara menyampaikannya kepada audiens tanpa harus berlebihan.

Hilangkan elemen-elemen tak perlu yang hanya akan mengganggu fokus audiens Anda. Sampaikan laporan bisnis Anda dengan jernih dan to the point.

  • Penggunaan elemen visual yang tepat

Sempat disinggung di atas mengenai pemilihan grafik atau bagan yang sesuai untuk memvisualkan data Anda.

Apakah lebih cocok pakai tabel ataukah diagram? Mana yang lebih pas untuk menggambarkan perbandingan? Dan seterusnya.

Saat memilih elemen visual, Anda secara sadar sebetulnya juga sedang menentukan mana cara yang paling tepat untuk mengomunikasikan data Anda kepada audiens. Elemen yang tepat menjadikan slide laporan bisnis Anda efektif menyampaikan pesan.

  • Penekanan atau kontras

Hal ini perlu untuk memudahkan audiens mengetahui bagian mana dari laporan bisnis Anda yang menjadi intinya, dalam waktu yang singkat.

Berilah kontras pada inti pesan ini untuk membedakannya dari informasi lain yang mesti tetap ada untuk memberikan konteks.

Training mengasah keahlian data visualization

pelatihan data visualization terbaik_

Kini Anda memahami betapa penting peran data visualization dalam laporan bisnis. Keberhasilan Anda menyampaikan pesan lewat data yang divisualisasikan, tidak hanya akan berpengaruh pada ketepatan manajemen/pemangku kepentingan mengambil keputusan, yang berujung pada kesuksesan perusahaan/organisasi, melainkan juga akan berdampak pada karir Anda.

Penguasaan keahlian mengolah data secara visual akan menjadi nilai tambah bagi Anda.

Banyak sumber daya yang bisa Anda gali dan manfaatkan untuk menguasai keterampilan data visualization. Selain mempelajarinya sendiri lewat buku-buku dan video, Anda juga dapat mengikuti training yang tepat.

Ambillah kelas-kelas training di mana Anda benar-benar dituntun untuk membuat data visualization untuk laporan bisnis yang baik, mulai dari menata gagasan, menuangkannya ke dalam slide yang visual dan efektif dalam waktu singkat, sampai mempresentasikannya kepada audiens dengan memukau.

Data visualization penting untuk karir apapun, mulai dari guru sekolah yang ingin membuat murid-muridnya paham dengan pelajaran yang diberikan sampai dengan ilmuwan yang hendak menjelaskan pencapaian besar yang bisa diraih lewat kecerdasan buatan.

Tidak ada satupun di dunia ini bidang yang tidak membutuhkan data atau informasi yang mudah dimengerti dan itu hanya bisa diperoleh lewat data visualization.

Data visualization adalah salah satu skill profesional yang paling berguna ketika Anda mendalaminya. Semakin baik Anda menyampaikan poin-poin Anda secara visual, semakin tinggi pula daya ungkit informasi yang Anda sampaikan. (*)

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG