0811-1880-84 support@presenta.co.id

Cara Belajar Online Untuk Mendapatkan Keterampilan Baru yang Menyenangkan

Pandemi Covid 19 memberikan banyak pelajaran berharga. Salah satunya adalah bahwa kita bisa terus belajar walaupun terbatas, yaitu dengan belajar online.

Belajar secara online telah dikenal jauh sebelum terjadinya pandemi. Namun, tidak banyak yang meliriknya sebagai cara untuk menambah keterampilan. Masyarakat lebih memikirkan untuk mengikuti kursus offline dibandingkan secara online. 

Memang, belajar secara tatap muka dianggap lebih efektif. Dengan bertemu guru atau instruktur secara langsung, maka siswa dapat langsung bertanya jika ada ada yang tidak dipahami. Hal inilah yang tidak bisa ditemukan lewat belajar online, apalagi jika belajar online itu menggunakan sistem video based learning.

Tapi di masa pandemi inilah, masyarakat kita seperti disadarkan bahwa kursus atau belajar online tak kalah bermanfaatnya. Dengan video based learning, walaupun tampaknya peserta kursus tidak bisa bertanya secara langsung pada instruktur, tapi metode ini tetaplah efektif. 

Beberapa keterampilan yang banyak diminati orang untuk dipelajari secara daring antara lain adalah bahasa asing, memasak, atau musik. Ada juga keterampilan yang memang berhubungan dengan dunia kerja, seperti presentasi, manajemen, atau leadership.

Melalui belajar online dengan menggunakan sistem video based learning, peserta bisa mengulang-ulang video belajar, khususnya di bagian yang belum dimengerti, sampai dia mengerti. Belum lagi, penyedia materi belajar online seperti ini juga memberikan nomor instrukturnya, sehingga peserta bisa bertanya, walaupun tidak secara langsung.

Masa pandemi juga menumbuhkan kesadaran dalam diri masyarakat untuk menambah keterampilan baru melalui belajar online. Alasannya bermacam-macam, seperti:

  • Meningkatkan karier di tempat kerja

Dengan adanya pandemi, banyak yang harus bekerja dari rumah secara online. Bagi beberapa orang, hal itu ternyata membutuhkan keterampilan khusus. Melalui belajar online, keterampilan-keterampilan tersebut dapat dipelajari. Dengan keterampilan baru itu pula, beberapa orang ternyata dapat meningkatkan kariernya di tempat kerja.

  • Menunjukkan komitmen dan dedikasi

Dengan mau mempelajari keterampilan baru, khususnya yang berhubungan dengan pekerjaan, menunjukkan bahwa seseorang berkomitmen terhadap tugasnya. Hal ini tentu bisa menjadi nilai tambah seseorang di mata atasannya.

  • Membuka peluang baru

Memiliki keterampilan baru tentu membuka peluang baru. Kita bisa saja menemukan passion baru atau kesempatan kerja baru yang lebih menyenangkan.

 

Mempelajari keterampilan baru yang banyak dipilih saat ini adalah dengan menggunakan metode belajar online. Alasannya sederhana, bisa dilakukan di mana saja. Bahkan, dengan metode video based learning, maka belajar online juga bisa dilakukan kapan saja. 

 

Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Belajar Online Untuk Mempelajari Keterampilan Baru

Walaupun sibuk dengan pekerjaan di kantor, tapi hampir semua orang yang ikut belajar online untuk mempelajari keterampilan baru ingin agar keterampilan tersebut dapat cepat dikuasai.

Oleh karena itu, ada beberapa pertanyaan untuk diri kita sendiri agar kita bisa cepat mendapatkan manfaat dari keterampilan baru yang dipelajari tersebut:

1. Apa tujuan kita belajar?

Seseorang akan lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu jika mengetahui tujuannya dengan pasti. Jadi, kita juga harus menetapkan, apa sih tujuan kita mempelajari keterampilan baru tersebut. Mengetahui tujuan belajar dengan pasti, dapat membantu kita menentukan metode atau cara yang paling pas untuk melakukannya.

2. Apa bidang atau minat kita?

Mempelajari sebuah keterampilan baru akan lebih efektif jika keterampilan tersebut sesuai dengan bidangatau minat kita selama ini. 

Memang, tidak ada salahnya mempelajari keterampilan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan bidang yang sekarang sedang digeluti. Tapi, hal itu akan membutuhkan usaha yang keras dan waktu yang lebih lama. 

Namun, jika tekad dan keinginan kita untuk mempelajarinya sudah kuat, lakukan saja.

3. Adakah hal yang bisa menghambat kita?

Misalnya kita ingin mepelajari keterampilan bahasa lewat belajar online. Hal ini tentu membutuhkan sarana yang memadai, seperti speaker, monitor yang cukup luas membaca, atau earphone yang berfungsi dengan baik.

Jika ada hal-hal yang sekiranya bisa menghambat proses belajar online tersebut, maka sebaiknya diatasi agar proses belajar tidak terganggu.

4. Metode belajar apa yang paling pas?

Belajar online bisa dilakukan dengan berbagai metode. Ada yang lewat tutorial secara online atau melalui video based learning. 

Pilihlah metode yang paling sesuai dengan diri kita, agar proses belajar dapat lebih efektif dan menyenangkan.

5. Apakah kita bisa fokus?

Walaupun dilakukan secara daring, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga akan kurang fokus saat melakukannya.

Oleh karena itu, mantapkan diri untuk fokus pada belajar online tersebut. Jika sudah memilih untuk ikut kursus keterampilan secara online, maka sediakan waktu dan persiapkan diri dengan baik.

 

Tips Agar Belajar Keterampilan Secara Online Bisa Efektif

Walaupun dilakukan secara online, namun kita juga harus berusaha untuk menuntaskan pelajaran. Belajar online bukan alasan untuk belajar asal-asalan, semau gue, bahkan tidak segera menyelesaikannya.

Untuk itu, ada beberapa tips agar kita bisa mempelajari keterampilan baru tersebut dengan efektif:

  • Harus sabar

Walaupun bisa dilakukan di rumah, tapi kesibukan sehari-hari sering membuat kita jadi kurang fokus dan konsisten saat melakukan belajar online. Oleh karena itu, kita harus bersabar, khususnya menghadapi diri sendiri yang kadang-kadang jadi malas. 

Maka, tujuan yang jelas saat memutuskan belajar online jadi penting. Jika kita bertekad untuk mencapai tujuan tersebut, maka kita akan termotivasi untuk tekun saat melakukannya. Kesabaran untuk mengatasi semua hambatan yang ada adalah kuncinya.

  • Buat catatan seperlunya

Percaya atau tidak, menulis atau membuat catatan dapat membuat kita lebih mudah untuk menangkap dan memahami materi pelajaran.

Oleh karena itu, jangan malas untuk membuat catatan mengenai hal-hal penting yang diberikan oleh instruktur. Walaupun menggunakan metode video based learning, sebaiknya kita tetap membuat catatan.

  • Memanfaatkan semua fasilitas

Saat mendaftar belajar online, pihak provider biasanya memberikan fasilitas-fasilitas pendukung yang dapat membantu kita untuk lebih memahami materi pelajaran.

Gunakan semua fasilitas itu karena tutorial saja kadang-kadang tidak cukup untuk mendapatkan keterampilan yang mumpuni.

  • Melakukan evaluasi diri

Walaupun mungkin instruktur akan memberikan ujian, tapi sebaiknya kita juga rajin mengevaluasi diri sendiri mengenai materi pelajaran yang diberikan. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kita memang sudah memahami materi-materi belajar online yang diberikan. Jika masih ada yang belum dimengerti, jangan ragu-ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada pemberi materi.

 

Belajar online harus dilakukan dengan serius untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu, kita juga harus mencari provider belajar online yang berkompeten, seperti Presenta Academy.

Di Presenta Academy, kita akan menemukan beragam topik kursus daring yang dapat membantu kita untuk mengembangkan diri.

Pemberi materi di Presenta Academy adalah para instruktur yang berpengalaman, sehingga akan memberikan materi yang dibutuhkan. 

Kemudian, yang paling menyenangkan, kita akan mendapatkan akses seumur hidup jika mendaftarkan kursus di Presenta Academy. Materi belajarnya bisa diakses di laptop atau ponsel.

Jadi, sudah siap belajar online untuk mendapatkan keterampilan baru? 

 





Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *