Pengembangan SDM – Ketika memasuki dunia kerja, banyak orang yang sudah mengantongi sejumlah keahlian, kecakapan, atau keterampilan tertentu. Ada yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang digeluti, ada juga yang tidak.
Namun, meskipun keahlian, kecakapan, atau keterampilan yang dimiliki cocok dengan pekerjaan, cukupkah itu? Jawabannya sudah pasti tidak. Nah, di sinilah diperlukan pengembangan SDM atau sumber daya manusia.
Pengembangan SDM adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk membangun manusia berkualitas dengan keterampilan dan kemampuan bekerja, serta memiliki loyalitas kerja kepada perusahaan atau organisasi. SDM adalah asset penting perusahaan atau organisasi, sehingga pengembangan potensi SDM merupakan kunci produktivitas yang lebih tinggi, hubungan yang lebih baik, dan keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan atau organisasi mana pun.
Pengembangan SDM dilakukan dengan dengan cara memberikan informasi, mempengaruhi sikap, dan menambah kecakapan kepada SDM. Jika merujuk pada konsep dasar pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi atau perusahaan ini, maka kegiatan pengembangan SDM baru dikatakan berakhir ketika ada penyempurnaan dari kondisi sebelumnya, ada perubahan ke arah yang lebih baik, atau terjadi pemantapan.
Pengembangan SDM sendiri berfungsi untuk menutup atau meminimalkan kesenjangan antara kecakapan atau kemampuan SDM dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan. Pengembangan SDM juga akan meningkatkan keefektifan dan efisiensi kerja SDM dalam mencapai sasaran kerja organisasi atau perusahaan.
Pengembangan SDM yang tepat akan memberikan manfaat tanpa batas. Apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa manfaat yang paling penting dari pengembangan SDM:

- Membuat seseorang lebih kompeten. Pengembangan SDM memungkinkan seseorang mengembangkan keterampilannya, menambah pengetahuannya, dan menumbuhkan sikap baru pada dirinya.
- Program pengembangan SDM yang tepat pun akan menjadikan seseorang lebih berkomitmen dalam pekerjaan dan hasil kerja mereka. Dia akan dinilai berdasarkan kinerjanya lewat sistem penilaian kinerja yang dapat diterima.
- Menciptakan lingkungan kerja yang penuh rasa percaya dan rasa hormat.
- Lewat bantuan pengembangan SDM, karyawan atau anggota organisasi akan lebih mampu menerima berbagai perubahan yang terjadi sebagai dinamika perusahaan atau organisasi. Dalam pengembangan SDM, karyawan atau organisasi akan dibekali dengan kemampuan memecahkan masalah dan menemukan solusi.
- Karyawan atau anggota organisasi akan bertumbuh. Pengembangan SDM juga akan memperbesar semangat tim kerja.
- Pengembangan SDM membantu menciptakan budaya efisiensi dalam perusahaan atau organisasi. Pada akhirnya, terjadi keefektifan perusahaan atau organisasi yang lebih besar karena SDM dimanfaatkan dengan lebih baik dan canya lebih baik pula untuk mencapai tujuan bersama.
- Partisipasi karyawan atau anggota organisasi akan meningkat karena mereka akan lebih baik dalam bekerja, berprestasi, sehingga ada kebanggaan dalam diri mereka.
- Perusahaan atau organisasi akan terbantu dalam mengumpulkan data yang bermanfaat dan obyektif mengenai program dan kebijakan karyawan atau anggota organisasi, yang selanjutnya akan memfasilitasi perencanaan SDM yang lebih baik.
Trackbacks/Pingbacks