Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Pengembangan SDM – Ketika memasuki dunia kerja, banyak orang yang sudah mengantongi sejumlah keahlian, kecakapan, atau keterampilan tertentu. Ada yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang digeluti, ada juga yang tidak.

Namun, meskipun keahlian, kecakapan, atau keterampilan yang dimiliki cocok dengan pekerjaan, cukupkah itu? Jawabannya sudah pasti tidak. Nah, di sinilah diperlukan pengembangan SDM atau sumber daya manusia.

Pengembangan SDM adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk membangun manusia berkualitas dengan keterampilan dan kemampuan bekerja, serta memiliki loyalitas kerja kepada perusahaan atau organisasi. SDM adalah asset penting perusahaan atau organisasi, sehingga pengembangan potensi SDM merupakan kunci produktivitas yang lebih tinggi, hubungan yang lebih baik, dan keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan atau organisasi mana pun.

Pengembangan SDM dilakukan dengan dengan cara memberikan informasi, mempengaruhi sikap, dan menambah kecakapan kepada SDM. Jika merujuk pada konsep dasar pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi atau perusahaan ini, maka kegiatan pengembangan SDM baru dikatakan berakhir ketika ada penyempurnaan dari kondisi sebelumnya, ada perubahan ke arah yang lebih baik, atau terjadi pemantapan.

pengembangan sdm dengan training _art

Pengembangan SDM sendiri berfungsi untuk menutup atau meminimalkan kesenjangan antara kecakapan atau kemampuan SDM dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan. Pengembangan SDM juga akan meningkatkan keefektifan dan efisiensi kerja SDM dalam mencapai sasaran kerja organisasi atau perusahaan.

Pengembangan SDM yang tepat akan memberikan manfaat tanpa batas. Apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa manfaat yang paling penting dari pengembangan SDM:

  1. Membuat seseorang lebih kompeten. Pengembangan SDM memungkinkan seseorang mengembangkan keterampilannya, menambah pengetahuannya, dan menumbuhkan sikap baru pada dirinya.
  2. Program pengembangan SDM yang tepat pun akan menjadikan seseorang lebih berkomitmen dalam pekerjaan dan hasil kerja mereka. Dia akan dinilai berdasarkan kinerjanya lewat sistem penilaian kinerja yang dapat diterima.
  3. Menciptakan lingkungan kerja yang penuh rasa percaya dan rasa hormat.
  4. Lewat bantuan pengembangan SDM, karyawan atau anggota organisasi akan lebih mampu menerima berbagai perubahan yang terjadi sebagai dinamika perusahaan atau organisasi. Dalam pengembangan SDM, karyawan atau organisasi akan dibekali dengan kemampuan memecahkan masalah dan menemukan solusi.
  5. Karyawan atau anggota organisasi akan bertumbuh. Pengembangan SDM juga akan memperbesar semangat tim kerja.
  6. Pengembangan SDM membantu menciptakan budaya efisiensi dalam perusahaan atau organisasi. Pada akhirnya, terjadi keefektifan perusahaan atau organisasi yang lebih besar karena SDM dimanfaatkan dengan lebih baik dan canya lebih baik pula untuk mencapai tujuan bersama.
  7. Partisipasi karyawan atau anggota organisasi akan meningkat karena mereka akan lebih baik dalam bekerja, berprestasi, sehingga ada kebanggaan dalam diri mereka.
  8. Perusahaan atau organisasi akan terbantu dalam mengumpulkan data yang bermanfaat dan obyektif mengenai program dan kebijakan karyawan atau anggota organisasi, yang selanjutnya akan memfasilitasi perencanaan SDM yang lebih baik.

Pengembangan SDM melalui pelatihan adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan. Pengembangan SDM lewat pelatihan sebaiknya dimulai sejak seorang karyawan atau anggota organisasi pertama kali dipekerjakan. Setelah itu secara berjenjang, perusahaan atau organisasi memberikannya kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru.

Proses Pengembangan SDM

Proses pengembangan SDM sangat penting bagi karyawan atau organisasi. Tanpa pelatihan yang tepat, karyawan atau anggota organisasi tidak akan mencapai kesuksesan. Tanpa belajar dan mengembangkan keterampilan, baik pribadi maupun profesional, karyawan atau anggota organisasi bisa menjadi basi dan stagnan.

Jadi jelas, ya, mengapa pengembangan SDM ini amat esensial bagi kita secara pribadi, maupun bagi perusahaan atau organisasi tempat kita bernaung? Pengembangan SDM memungkinkan kita mengembangkan kompetensi-kompetensi utama yang menunjang pekerjaan saat ini, maupun di masa depan.

Nah, pertanyaannya, sudahkah perusahaan atau organisasi Anda memiliki program-program pengembangan SDM? Jika sudah, maka Anda termasuk karyawan atau anggota yang beruntung. Tinggal Anda manfaatkan saja program-program seperti ini demi manfaat-manfaat di atas.

Tapi bagaimana jika belum? Jangan khawatir. Banyak juga perusahaan atau organisasi yang belum memiliki program pengembangan SDM. Biasanya mereka ini adalah perusahaan-perusahaan startup. Mengapa? Perusahan baru, yang rata-rata dimulai dari satu ide kecil dan cepat direspons positif oleh pasar, cenderung berfokus pada pengembangan bisnis dari sisi ekonomi. Padahal, kalau tidak memperhatikan pula sisi SDM-nya yang menjadi penggerak utama, perusahaan baru tidak akan dapat bertahan lama.

Kalau perusahaan atau organisasi tempat Anda bekerja belum mampu mengadakan program pengembangan SDM, tak ada salahnya Anda mengambil pelatihan di luar untuk mengembangkan potensi Anda sendiri. Cukup banyak lembaga pelatihan yang dapat membantu Anda mengembangkan sumber daya yang Anda miliki. Salah satunya adalah Presenta Edu.

Semuanya juga akan kembali kepada Anda, kan, mau jadi basi dan mandeg ataukah terus berkembang dan maju? (*)