Bagi banyak orang, berpikir kreatif atau creative thinking adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang bergerak di bidang kreativitas. Menurut anggapan umum, orang-orang yang perlu berpikir kreatif adalah orang-orang yang bekerja sebagai penulis, desainer, atau musisi. Sedangkan yang tidak menggeluti dunia seni seperti itu, tidak terlalu perlu untuk berpikir kreatif.

Padahal, berpikir kreatif dibutuhkan di semua bidang. Semua pekerjaan membutuhkan karyawan yang mau dan mampu untuk berpikir kreatif. Orang-orang yang sekarang berada di level manajer ke atas, pada umumnya adalah orang-orang yang selalu berpikir kreatif.

Berpikir kreatif artinya berpikir untuk menemukan sesuatu yang baru, yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jadi, berpikir kreatif bukan hanya untuk seniman, yang memang membutuhkan kreativitas untuk ketentraman dirinya. Berpikir kreatif adalah untuk semua orang, agar dirinya dan lingkungan sekitarnya semakin berkembang.

Apa itu berpikir kreatif?

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa berpikir kreatif adalah berpikir untuk menemukan sesuatu yang baru, yang belum pernah dilakukan oleh orang lain.

Walaupun dilakukan untuk menemukan sesuatu yang baru, namun berpikir kreatif sangat membutuhkan kemampuan menganalisa mengenai sesuatu yang sudah ada selama ini. Bagi orang yang berpikir kreatif, semua yang sudah ada sebelumnya, dapat diolah lagi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, yang memiliki manfaat baru, atau yang menjadi lebih bermanfaat.

Misalnya, seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan penerbitan memikirkan bagaimana cara yang dilakukan untuk memanfaatkan sisa-sisa kertas yang ada. Melalui proses berpikir kreatif, karyawan itu menemukan cara untuk membuat sisa-sisa kertas itu menjadi kertas tisu.

Hasil dari karyawan yang mau berpikir kreatif itu, perusahaan mendapat keuntungan. Selain tidak ada lagi sisa-sisa kertas yang dibuang percuma, perusahaan juga memiliki satu unit usaha baru yang cukup menguntungkan.

Bagaimana caranya berpikir kreatif?

cara berfikir kreatif di perusahaan tempat bekerja

Dalam sebuah tim kerja, berpikir kreatif perlu dilakukan oleh semua anggota tim. Berpikir kreatif tidak hanya kewajiban manajer atau pemimpin.

Lalu, bagaimana caranya agar sebuah tim kerja dapat menjadi sebuah tim yang berpikir kreatif?

Memang, tidak semua orang terbiasa untuk berpikir kreatif. Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membiasakan agar semua anggota tim memiliki kebiasaan untuk berpikir kreatif.

Yang terpenting untuk membiasakan diri berpikir kreatif adalah dengan sering melakukan brain storming. Dalam sebuah brain storming, biasanya akan terjadi hal-hal ini:

  • semua orang yang hadir dipersilakan untuk berbicara atau mengutarakan pendapatnya
  • semua ide yang muncul akan dihargai
  • tidak boleh ada yang mengritik ide yang muncul

Ketiga hal itulah yang ternyata dapat merangsang seseorang untuk berpikir kreatif.

Saat brain storming, semua orang akan diminta untuk memberikan ide. Ide tersebut boleh ide yang orisinil, maupun ide yang sebelumnya sudah pernah dilakukan. Setiap kali ada yang menyampaikan sebuah ide, maka dia juga akan diminta untuk menyampaikan alasan-alasannya. Jadi, setiap orang yang hadir di sana akan mengerti, kenapa ide itu diungkapkan.

Selain itu, dengan menyampaikan ide dan alasan-alasannya, peserta brain storming yang lain juga dapat terpancing untuk memberikan ide-ide lainnya.

Dari ide-ide yang muncul selama brain storming ini, biasanya akan muncul ide yang benar-benar baru. Ide baru itu diperoleh dari ide-ide yang sudah disampaikan sebelumnya. Jadi, ide baru inilah yang menjadi ide bersama. Setelah ide bersama ini muncul, peserta brain storming juga masih boleh untuk menambahkannya, sampai akhirnya ide itu menjadi sebuah ide yang benar-benar dapat direalisasikan.

Ide baru itulah ide yang dihasilkan dari proses berpikir kreatif. Dalanm berpikir kreatif, bisa jadi sebuah ide muncul dari hal-hal yang sebelumnya sudah pernah ada atau pernah dilakukan. Dengan brain storming, semua yang sudah pernah ada atau pernah dilakukan itu dimodifikasi oleh semua yang hadir, dengan pendapat dan alasannya masing-masing. Dengan modifikasi itu, ide akan menjadi sesuatu yang baru.

Dengan sering melakukan brain storming bersama seluruh anggota tim kerja, maka setiap anggota tim akan mendapat kesempatan untuk belajar berpikir kreatif.

Manfaat berpikir kreatif

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa berpikir kreatif penting untuk menemukan ide-ide baru, yang tentunya dapat berguna demi kemajuan dan keuntungan perusahaan.

Ide baru tidak hanya diperlukan untuk menghasilkan produk baru. Ide baru juga diperlukan untuk problem solving atau memecahkan suatu masalah.

Tidak bisa dipungkiri, setiap hari kita akan menghadapi masalah. Masalah itu bisa jadi masalah yang memang sudah sering terjadi, atau sebuah masalah baru.

Untuk masalah yang sering terjadi, tentu menjadi sebuah pertanyaan, kenapa masalah itu bisa berulang. Karena itulah, semua yang terlibat sebaiknya melakukan proses berpikir kreatif, agar bisa mencari cara untuk menyelesaikan masalah itu dengan lebih optimal, supaya masalah itu tidak terulang lagi.

Sedangkan untuk masalah baru, tentu saja perlu proses berpikir kreatif, agar masalah itu bisa segera diatasi. Dengan berpikir kreatif, semua anggota tim dapat mencari cara agar selain mengatasi masalah, juga mencegah agar masalah yang sama tidak terulang lagi di masa depan.

Selain mencari ide baru, berpikir kreatif juga dapat dilakukan untuk melakukan suatu evaluasi. Evaluasi ini bisa saja dilakukan untuk semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan regulasi yang berlaku di perusahaan.

Prinsip dari berpikir kreatif sama dengan prinsip dalam brain storming. Dalam brain storming, semua ide tidak ada yang salah. Semua ide layak untuk ditindaklanjuti. Yang ada adalah ide yang akam digunakan dan ide yang akan disimpan dulu, untuk kemungkinan bisa digunakan di kemudian hari.

Bagaimana agar kita bisa berpikir kreatif?

berfikir dengan kreatif dengan mudah

Saat bekerja di dalam tim, proses berpikir kreatif dapat dilakukan bersama-sama dengan melakukan brain storming. Lalu, bagaimana agar masing-masing dari kita dapat berlatih untuk dapat selalu berpikir kreatif?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa berpikir kreatif:

1. Fokus

Saat sedang bekerja, usahakan untuk selalu fokus. Mungkin ada beberapa yang terbiasa bekerja dengan disambi melihat-lihat akun media sosial. Walaupun mungkin alasannya adalah karena Anda dapat menemukan postingan yang menarik dan menggelitik untuk menjadi bahan berpikir kreatif. Namun, otak ternyata dapat lebih berpikir dengan baik saat dia sedang fokus pada suatu masalah.

2. Mengganti rutinitas

Mungkin Anda terbiasa pergi dari rumah ke kantor melewati rute yang itu-itu saja setiap harinya. Cobalah sesekali mengubah rute perjalanan Anda. Tentu saja, hal itu harus diimbangi dengan menyesuaikan waktu keberangkatan Anda dari rumah, agar Anda tidak terlambat.

Dengan sesekali mengubah rutinitas, maka otak akan lebih terangsang untuk memikirkan sesuatu yang lebih kreatif.

3. Melakukan hal baru saat berhenti bekerja

Bisa jadi, saat sedang bekerja, Anda harus berhenti sementara karena sesuatu hal. Mungkin karena Anda lelah atau kehabisan ide. Saat Anda berhenti bekerja sejenak itu, sebaiknya Anda tidak diam saja, tapi melakukan sesuatu. Misalnya sambil mewarnai buku gambar, bermain rubiks, atau menulis blog. Hal-hal ini tentu saja dapat merangsang otak untuk terus berpikir kreatif.

4. Tidur siang

Tidur siang sesaat ternyata dapat membuat otak menjadi lebih segar. Otak yang lebih segar, tentu saja akan mampu untuk berpikir kreatif.

5. Gerak badan

Terlalu lama duduk diam ternyata dapat membuat otak juga menjadi malas untuk bekerja. Jadi, luangkan waktu untuk gerak badan sebentar ketika Anda sedang bekerja. Anda bisa melakukan peregangan atau gerakan-gerakan ringan di kantor. Selain membuat tubuh menjadi sehat, hal itu juga dapat membuat otak untuk tetap bersemangat dalam bekerja. Dengan begitu, otak akan selalu siap untuk berpikir kreatif.

Selain melatih diri sendiri dan semua anggota tim untuk membiasakan diri berpikir kreatif, Anda juga bisa belajar berpikir kreatif dari ahlinya. Anda dapat mempelajari mengenai berpikir kreatif ini bersama Presenta Edu Kreasi.

Bersama Presenta Edu Kreasi, Anda dapat mengikuti pelatihan Creative Thinking and Innovation Strategy. Dengan pelatihan itu, Anda dapat belajar mengenai berpikir kreatif, sekaligus mendapakan ilmu agar Anda dan tim kerja Anda dapat menemukan inovasi yang berguna bagi karier dan perusahaan tempat Anda bekerja.

Download Buku "Essential Skills for New Manager"

Buku yang akan membantu Anda menguasai keterampilan penting
dalam mengelola tim buat seorang manajer. GRATIS!



  •  
    5
    Shares
  • 5
  •  
  •  
  •