Apa Itu Presentasi Memukau? Begini Cara Melakukannya

[et_pb_section fb_built=”1″ fullwidth=”on” disabled_on=”off|off|off” admin_label=”Spacer” _builder_version=”4.24.2″ _module_preset=”default” background_color=”#000000″ hover_enabled=”0″ global_module=”131202″ locked=”off” collapsed=”off” global_colors_info=”{}” sticky_enabled=”0″][et_pb_fullwidth_code admin_label=”Divider Top” _builder_version=”4.24.3″ _module_preset=”default” background_color=”#02102b” use_background_color_gradient=”on” background_color_gradient_direction=”90deg” background_color_gradient_stops=”#20245d 0%|#0061c2 100%” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” sticky_enabled=”0″][/et_pb_fullwidth_code][/et_pb_section][et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.21.0″ _module_preset=”default” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” sticky_enabled=”0″][et_pb_row _builder_version=”4.21.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.21.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][et_pb_text _builder_version=”4.25.0″ _module_preset=”default” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” sticky_enabled=”0″]

Presentasi adalah aktivitas berbicara di depan umum, untuk menyampaikan informasi kepada audiens, dengan maksud dan tujuan tertentu.

Karena tujuan presentasi adalah untuk menyampaikan informasi, maka presentasi harus disampaikan dengan menarik. Presentasi yang menarik adalah presentasi yang memukau.

Presentasi memukau adalah presentasi yang terstruktur, dengan desain slide yang menarik, serta dibawakan dengan cara yang meyakinkan.

Kunci dari presentasi memukau adalah presentasi dengan great content, great design dan great delivery.

Oleh karena itu, agar tujuan presentasi dapat tercapai, maka presentasi memukau wajib untuk dilakukan oleh setiap presenter.

Bagaimana cara membuat dan menyajikan presentasi, agar presentasi tersebut dikatakan sebagai presentasi memukau?

Langkah Menyusun Presentasi yang Memukau

Agar Anda bisa menyampaikan presentasi yang memukau, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menyusunnya.

Langkah-langkah untuk menyusun presentasi yang memukau itu adalah sebagai berikut:

  • Menentukan topik presentasi yang menarik

Topik atau tema presentasi yang menarik adalah faktor yang sangat penting, karena presentasi memukau adalah presentasi yang menarik. Inilah great content.

Topik yang dipilih ini akan mempengaruhi apakah presentasi Anda nantinya akan menarik atau tidak.

Pemilihan topik ini harus disesuaikan dengan kebutuhan orang-orang yang akan menjadi audiens Anda.

  • Kenali audiens

Tugas seorang presenter adalah melayani kebutuhan audiens. Itulah yang disampaikan oleh Matt Abrahams dari Universitas Stanford.

Untuk bisa mengetahui kebutuhannya, tentu presenter harus terlebih dahulu mengenal mereka sebelum tampil menyampaikan presentasi.

Karena tidak mungkin untuk mengenal audiensnya satu per satu, maka presenter bisa mengenal mereka secara keseluruhan, seperti rentang usia, tingkat pendidikan, jenis kelamin, pekerjaan, atau hal-hal lainnya.

Dengan mengenal audiens, presenter akan mengetahui materi presentasi yang tepat, cara penyajian yang pas, sehingga dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Di sinilah bisa ditemukan apakah ada great content dan great delivery pada presentasi tersebut.

  • Membuat alat pendukung presentasi yang tepat

Presenter membutuhkan alat pendukung, agar presentasinya lebih dapat dipahami dan menarik. Alat pendukung ini biasanya berupa slide.

Slide presentasi harus dibuat menarik, karena keberadaan slide ini juga akan mempengaruhi apakah presentasi tersebut memukau atau tidak.

Menarik atau tidaknya sebuah slide presentasi tergantung dari desain dan isinya.

Jika bisa membuat slide presentasi yang menarik, yang membuat audiens semakin memahami isi presentasi, maka itu berarti great design.

  • Menyusun isi materi presentasi yang menarik

Selain alat pendukung presentasi, great design juga dapat dilihat dari penyusunan materi presentasi. Materi presentasi harus disusun sedemikian rupa, agar audiens dapat mengerti dan memahami isi presentasi secara keseluruhan.

Yang terpenting dalam penyusunan presentasi untuk dapat mencapai presentasi yang great design adalah pembukaan dan penutupan yang menarik, penyampaian materi presentasi yang runtut dan logis, kontak mata dan bahasa tubuh presenter yang mendukung, serta interaksi yang tepat dengan audiens.

Susunan isi presentasi yang memukau adalah yang tidak membuat audiens merasa bosan untuk menyimaknya, dari mulai sampa selesai.

Tips Untuk Melakukan Presentasi yang Memukau

Agar presentasi yang Anda bawakan masuk dalam kategori presentasi memukau, Anda juga bisa melakukan tips berikut ini:

  • Membuat materi presentasi yang singkat dan jelas

Materi presentasi memukau yang great content adalah materi yang singkat dan jelas. Walau singkat, namun materi tersebut harus menyampaikan hal-hal penting yang memang menjadi topik presentasi tersebut.

Untuk membuat materi presentasi yang jelas, unsur yang paling penting harus disampaikan adalah apa, bagaimana dan mengapa. Gunakan ketiga pertanyaan itu untuk membuat materi presentasi.

  • Menggunakan materi visual yang menarik

Materi visual dalam presentasi biasanya berupa slide. Slide yang menarik bukanlah slide yang dipenuhi kata-kata, namun justru yang menggunakan materi visual.

Materi visual tersebut bisa berupa gambar, video atau animasi, grafik, atau tabel.

 

Tentu saja, materi visual dalam slide presentasi itu harus sesuai dengan data dan fakta yang disampaikan.

  • Sampaikan pembukaan presentasi yang menarik

Pembukaan presentasi yang menarik adalah yang dapat membuat para audiens merasa penasaran. Jika penasaran, maka mereka akan lebih tertarik untuk menyimak isi presentasi secara keseluruhan.

  • Memakai kutipan yang mengena

Kutipan yang digunakan harus yang sesuai dengan tema atau topik presentasi.

Gunakan kutipan yang mampu membuat audiens merasa termotivasi, sehingga mereka akan melakukan apa yang diharapkan oleh Anda sebagai presenter, ketika presentasi sudah selesai.

  • Jadilah story teller

Setiap orang menyukai cerita. Oleh karena itu, pakailah cerita yang menarik, yang dapat menjelaskan materi presentasi yang disampaikan.

  • Berinteraksi dengan audiens

Interaksi dapat membuat audiens merasa lebih dekat dengan presenter, karena mereka merasa terlibat.

Anda bisa berinteraksi dengan audiens dengan cara bertanya atau bercakap-cakap dengan mereka selama sesi presentasi.

  • Gunakan humor

Humor saat presentasi dapat membuat audiens tidak mengantuk. Gunakan humor secukupnya, agar presentasi Anda lebih menarik.

  • Lakukan bahasa tubuh yang positif

Bahasa tubuh saat presentasi sangatlah penting, karena bisa menunjukkan kredibilitas dan rasa percaya Anda sebagai seorang presenter.

Bahasa tubuh ini bisa berupa gerakan tangan dan kontak mata. Arahkan pandangan kepada audiens untuk membuat mereka merasa diperhatikan.

  • Sampaikan penutup presentasi yang berkesan

Penutup presentasi sama pentingnya dengan pembukaan.

Pembukaan adalah sesuatu yang dapat membuat audiens tertarik untuk mendengarkan pemaparan presentasi Anda sampai selesai.

Sedangkan penutupan adalah pernyataan yang bisa membuat audiens semakin yakin dengan presentasi Anda dan tergugah untuk melakukan sesuatu  yang Anda harapkan.

  • Berdoa

Berdoa dapat memberikan pengaruh besar bagi seorang presenter. Dengan berdoa, maka Anda dapat lebih berserah, sehingga akhirnya Anda bisa tampil lebih rileks ketika presentasi.

Selain itu, berdoa dapat menambah rasa percaya diri Anda, karena dengan berdoa, maka Anda akan merasa bahwa ada kekuatan lain yang membantu Anda dalam menyampaikan presentasi.

Itulah yang bisa Anda lakukan untuk menyampaikan presentasi memukau.

Jika Anda ingin dapat lebih menjadi presenter yang lebih memukau, Anda dapat melengkapi diri Anda dengan ilmu presentasi memukau. Anda bisa mengikuti pelatihan presentasi memukau yang diselenggarakan oleh Presenta Edu.

Dengan menguasai ilmu presentasi memukau, maka penampilan Anda tentu akan semakin baik dan menarik.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top