(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Manajer Asyik, Anak Buah Sip

Dapat promosi menjadi manajer bisa memberikan perasaan yang campur aduk. Di satu sisi pasti menyenangkan karena diberi kepercayaan dari atasan untuk memimpin sebuah tim kerja. Itu artinya, kinerja Anda selama ini dianggap lebih baik dibandingkan rekan kerja yang lain.

Diangkat jadi manajer, sama seperti naik pangkat. Artinya, gaji juga naik. Siapa yang tidak senang dengan itu?

Tapi, naik pangkat juga berarti tanggung jawabnya juga naik, alias bertambah. Beban yang ditaruh di pundak Anda juga bertambah. Walaupun Anda kini bisa mendelegasikan berbagai tugas kepada anggota tim kerja Anda, tapi Andalah yang harus bertanggung jawab terhadap kinerja mereka.

Walau begitu, jangan jadi cemas juga. Perusahaan telah memberikan kepercayaan kepada Anda. Itu berarti atasan Anda melihat bahwa Anda mampu melakukannya. Anda harus membayar kepercayaan itu dengan menunjukkan kinerja yang baik dalam memimpin anak buah.

Selain menyenangkan atasan, Anda juga harus bisa menyenangkan anggota tim kerja Anda. Bagaimana pun, kinerja mereka nantinya akan ditentukan oleh cara Anda memimpin mereka. Kalau mereka senang dengan kepemimpinan Anda, mereka juga pasti akan melakukan yang terbaik demi tim kerja, demi Anda juga.

Bagaimana ya, agar bisa menjadi manajer yang asyik, baik bagi anak buah maupun bagi atasan?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, simak dulu video berikut ini:

 

Dari video tersebut, Anda bisa melihat bahwa ada beberapa hal yang harus bisa dilakukan dengan baik oleh para manajer. Keahlian yang disebutkan itu adalah keahlian dasar bagi para manajer.

Memang, sebelum mengangkat seseorang untuk menjadi manajer, perusahaan sebaiknya melakukan atau memberikan pelatihan kepada para calon manajer itu. Pelatihan yang sangat bagus untuk diberikan adalah pelatihan mengenai managing team performance, yang antara lain diselenggarakan oleh Presenta Edu.

Jika Anda menguasai keahlian tersebut, maka Anda akan bisa mengembangkannya untuk berusaha menjadi pemimpin tim kerja yang baik.

Bagaimana Caranya Agar Bisa Jadi Manajer yang Asyik?

Setelah Anda resmi menjadi manajer, ada baiknya Anda berusaha dulu untuk mengaplikasikan hal-hal yang disebutkan di dalam video tadi. Pelan-pelan, Anda bisa mempelajari, bagaimana caranya untuk menjadi asyik di mata anggota tim Anda.

Selain masalah gaji dan pekerjaan, memiliki atasan yang menyenangkan adalah salah satu alasan bagi seseorang untuk memiliki motivasi kerja yang baik.

Dari beberapa pengalaman, atasan atau manajer yang dianggap menyenangkan adalah manajer yang :

· Selalu memberikan contoh atau teladan yang baik

Menjadi manajer memang memberikan kewenangan untuk memberikan perintah atau menegur anggota tim Anda. Tapi, itu bukan berarti Anda bisa seenaknya.

Jika Anda ingin anggota tim Anda bekerja dengan baik dan professional, maka Anda juga harus melakukannya. Anda harus menunjukkan cara bekerja yang baik, yang sesuai dengan aturan perusahaan.

Misalnya, kalau Anda tidak mau ada anak buah yang terlambat datang atau telat menyerahkan hasil kerja, maka Anda juga harus selalu datang dan bekerja tepat waktu.

· Memberikan motivasi kepada tim

Inilah gunanya keahlian seni berkomunikasi dengan anggota tim. Sebisa mungkin Anda harus selalu menjalin komunikasi dengan seluruh anak buah. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jika ada yang sedang mengalami masalah.

Mungkin suatu saat ada yang anggota tim Anda yang tengah jenuh atau stuck dengan pekerjaannya. Di saat seperti ini, Anda harus memberikan motivasi kepadanya, agar dia bisa kembali bekerja dengan baik.

· Memberikan pujian atau teguran di saat yang tepat

Ketika ada anggota tim yang menunjukkan prestasi kerja yang baik, berikan pujian atas hasil kerja kerasnya tersebut. Hal itu akan membuatnya merasa dihargai. Seseorang yang merasa dihargai biasanya akan lebih bersemangat.

Sebaliknya, saat ada anggota tim yang melakukan kesalahan dalam pekerjaannya, Anda harus bisa tegas. Anda harus berani menegur dan memarahinya. Tentu saja dengan cara-cara yang elegan, agar tidak membuatnya menjadi down, namun justru termotivasi untuk memperbaiki kesalahannya.

· Bergaul bersama anak buah

Walaupun Anda adalah pimpinan, bukan berarti Anda harus menarik diri dari pergaulan dengan anggota tim Anda. Sesekali, luangkan waktu untuk bersenang-senang bersama mereka. Jadilah teman mereka, khususnya saat berada di luar kantor. Hal seperti ini bisa membuat hubungan Anda dengan anggota tim Anda menjadi lebih harmonis.

· Mau menerima kritik dan kesalahan

Setiap manusia tidak akan luput dari kesalahan. Begitu juga dengan seorang manajer. Sebagai manajer yang baik, Anda harus bersikap terbuka untuk menerima kritik dari anak buah Anda. Dengarkan kritik mereka dengan bijak.

Kalau Anda melakukan kesalahan, terimalah kesalahan tersebut dengan mengakuinya di depan anggota tim Anda. Dengan mau menerima kritik dan mengakui kesalahan, Anda justru akan semakin dihargai oleh mereka.

Itulah beberapa contoh yang bisa menjadikan Anda sebagai manajer yang baik, manajer yang menyenangkan bagi anggota tim kerja Anda.

Untuk bisa menjadi manajer yang seperti itu, kuasailah dulu keahlian utama untuk mengelola sebuah tim kerja. Setelah hal itu Anda kuasai, maka Anda tinggal mengembangkannya, sesuai dengan kondisi lingkungan kerja Anda.






Trackbacks/Pingbacks

  1. Jadi Pemimpin yang Percaya Diri | Training Provider Jakarta Indonesia - PT. Presenta Edukreasi Nusantara - […] itu, seorang pemimpin atau manajer yang baik haruslah memiliki rasa percaya diri yang […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *